Monday, April 15, 2019

7 Ide Me Time di Rumah

Setiap orang itu butuh “me time” alias sendirian. Tapi, buat ibu rumah tangga (IRT) yang agak susah keluar rumah kayak aku gini, ya “me time” di rumah aja. Soalnya setiap mau keluar harus sepaket sama Anak Lanang dengan segala kerempongannya, sementara Anak Lanang masih balita jadi nggak mungkin ditinggal di rumah sendiri. Nanti kalau Anak lanang main lempar-lempar TV, kompor, kulkas, gimana? Modyar! #EiItuAnakLanangAtauSamsonYa? Nah, sekalian mau share ide me time di rumah nih:

Baca juga: 7 Ide Mainan Lego Bersama Balita

Monday, April 1, 2019

Pengalaman Mata Anak Sering Berkedip Karena Gadget

Sekitar usia 3 tahun (atau 6 bulan yang lalu), mata Anak Lanang sempat sering berkedip-kedip. Aku juga bingung dan tanya ke teman-teman sesama ibu. Jawabannya ada 3, yaitu:
- Karena gadget => padahal Anak Lanang tergolong nggak terlalu intens sama gadget
- Mungkin meniru seseorang => bisa juga karena mataku tergolong sering berkedip-kedip
- Tidak tahu => baeklah, meski jawabannya tidak membantuku, hahaha
Terus aku mikir, mungkin niru aku, tapi aku biasanya berkedip-kedip karena mata kering, pas terlalu sering mantengin HP atau netbook. Jadi, baiklah, aku anggap karena gadget dulu, deh #Hallah #MbuletAe.

Ini yang aku lakukan ketika mata Anak Lanang berkedip-kedip:

Friday, March 22, 2019

Cara Membuat Mainan dari Kardus Bekas: Puzzle

Sesekali bikin postingan, yang namanya lagi hits itu DIY (Do It Yourself), atau kalau menurutku sih artinya seperti membuat prakarya. Waktu itu, Bapaknya Anak Lanang lagi sering belanja online dan banyak kardus bekas pembungkusnya. Aha! Mendadak ada ide untuk membuat mainan puzzle dari kardus bekas aja, dengan catatan pas lagi nggak males, hihihi. Habis gimana, dari pada capek bikin prakarya, mending nonton oppa-oppa Korea *plak!

Baca juga: 7 Ide Mainan Lego Bersama Balita


Friday, March 8, 2019

Ultah Gandjel Rel ke-4 di Pringsewu, Restoran Tempo Dulu di Semarang

Momen ulang tahun itu penting banget dan harus dipersiapkan sematang mungkin karena akan jadi kenangan bersejarah. Pas banget, aku mau cerita gimana persiapan dan hari H ultah komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel. Siapa tahu kamu juga mau ngadain acara ultah biar berkesan gitu. Menurutku, ketika akan mengadakan acara penting harus menyiapkan beberapa hal berikut ini.

Thursday, February 28, 2019

Cara Dapat Kiriman Buku Gratis dari Penulis

Dengar teman yang jadi penulis buku dan baru saja menerbitkan buku, terus kamu komentar, “Mau dong bukunya. Gratis, ya.”
Mau tahu gimana rasanya jadi penulis yang dapat komentar kayak gitu? Rasanya adalah ..... pengen nonjok orang yang ngomong gitu, bruk! Meski yang ngomong adalah teman dekat. Eee... itu sih perasaanku, nggak tahu ya kalau perasaan Mas Anang, eh, maksudnya perasaan penulis lain.

Thursday, February 21, 2019

Cara Mendapatkan Uang dari Menulis di Rumah

Judulnya terkesan mengajak “mata-ijo” nggak sih? Hehehe. Nulis ini karena ada beberapa orang yang tanya ke aku soal, “Aku juga ingin nulis di rumah terus dapat uang.” Tapi, banyak juga yang baru mulai dan belum dapat uang sama sekali lalu menyesal dan akhirnya berhenti. Sebenarnya, aku juga nggak mengira kalau nulis dari rumah saja itu ternyata bisa menghasilkan. Tapi tentu nggak langsung nulis 1 artikel untuk pertama kalinya terus pasti dapat duitnya #KecualiYangPakaiDukun,YaUps. Nah, buat kamu yang tertarik mencari penghasilan menulis dari rumah, sebaiknya kenali proses berikut ini:

Baca juga: Tips Menulis yang lainnya, ya.

Monday, February 11, 2019

21 Celoteh Balita Lucu ala Anak Lanang

Nggak terasa Anak Lanang sudah berusia 3 tahun, dan lagi hobi ngomong meski masih sering juga keluar kata-kata “qwert yuiop asdfg hjkl zxcv bnm”. Ngerti ora, son? Hehehe. Tapi, sering juga celotehannya bikin ketawa sampai aku kejengkang, ups. Sekalian deh aku mau menyimpan celotehan Anak Lanang di blog. Siapa tahu dapat pahala karena sudah bikin ketawa yang baca #KokPedeAdaYangMauBaca? Hiks.

Baca juga polah Anak Lanang yang bikin aku pengen pingsan di dada Brad Pitt: Masa Balita adalah Bereksplorasi Seperti Ini.

Wednesday, January 30, 2019

Sosialisasi Syarat Produk Halal dari LPPOM MUI di Outlet Hokben 24 Jam

Sketsa Pertama: 
Segerombolan orang tampak bingung saat mendatangi 2 restoran halal. 
Soalnya, Restoran Pertama itu punya 2 sertifikat halal dari MUI. Sedangkan, Restoran Kedua itu kok ada 1 macam saja, ya? 
Sebenarnya, sertifikat mana yang benar? 

Oke, skestsa di atas itu pernah aku alami. Dan, akhirnya mendapatkan jawabannya, bahkan dari pihak yang berwenang langsung. Soalnya, pas hari Kamis lalu (24 Januari 2019) ada acara sosialisasi halal bersama LPPOM MUI Jateng (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika, Majelis Ulama Indonesia, Jawa Tengah), di outlet Hokben Semarang yang baru dan buka 24 jam, hore!

Sunday, January 20, 2019

Masa Balita adalah Bereksplorasi Seperti Ini

“Kalau balita yang biasanya lincah atau cerewet, mendadak diam atau tanpa suara (bukan lagi sakit juga), justru ibu harus waspada.”
Setuju, kan, sama kalimat di atas?
 Itu artinya, Ibu siap-siap spot jantung, hahaha. Biasanya, pas aku sibuk nulis terus baru nyadar kok Anak Lanang diam, buru-buru cek dan pernah ketahuan 7 polah ini:

Eit, sebelumnya bisa baca juga 7 Ide Mainan Lego Bersama Balita, ya.

Thursday, January 10, 2019

Belajar Menjadi Reporter #6: Sukanya Jadi Reporter

Kalau di Seri Belajar Menjadi Reporter sebelumnya, aku selalu curhat, eh, cerita dukanya. Nanti bikin calon reporter batal kirim surat lamaran ke media, deh *didemo pemilik media, huhuhu. Jadi, biar imbang, ya aku cerita sukanya jadi reporter. Tentu selain mendapatkan gaji dari kantor, ya, huehehehe.

Baca: Seri Belajar Menjadi Reporter 1-5