Monday, June 1, 2020

Cara Mendapatkan Ide Kreatif dari Rumah Saja


Mana nih yang ngaku suka nulis? Yang katanya blogger? Tapi masih pernah merasa nggak punya ide menulis? Apalagi sekarang lebih banyak di rumah saja kan? Eit, padahal bulan lalu aku sudah kasih 101 ide menulis buat IRT, lho. Yo wes lah, karena aku kan orangnya baik banget pas ada maunya eh, jadinya kukasih lagi ide menulis meski di rumah saja.

Baca juga:

Satu, ceritakan kegiatanmu saja.
Meski di rumah aja, nggak mungkin kan kegiatanmu itu makan, tidur, makan, tidur terus? Eh, jangan-jangan ada yang kayak gitu? Hihihi. Nah, tulis aja kegiatanmu seperti memasak, beres-beres kamar, ngiler, eh. Ya mirip nulis diary gitu lah, yang penting kan kamu sudah terbiasa menulis biar makin terasah gitu, tsaaahhh.

Dua, sharing ilmu yang kamu punya saja.
“Ah, aku nggak punya ilmu apa-apa.”
Eit, jangan gitu dong. Ilmu yang kamu kira receh itu siapa tahu bermanfaat. Misal, tips membersihkan kompor dengan cepat biar bisa goler-goler santai. Ada lho IRT yang suka tips itu *nunjuk diri sendiri, hahaha.

Tiga, membuat cerita dari chatting.
Kamu pasti masuk di banyak grup WA, kan? Coba deh sesekali jangan langsung scroll atau clear chat dulu, hahaha. Coba luangkan waktu sejenak untuk membaca. Siapa tahu dari chat itu muncul ide nulis. Misalnya, ada yang chat tentang kebiasaan uniknya, aha, jadi tokoh novel yang punya keunikan tersebut deh #LaluSiTemanMintaRoyaltiIde hahaha.

Empat, kasih pendapat tentang hal yang viral.
Sesuatu yang lagi viral itu pasti bikin menarik. Misalnya, kemarin ada yang viral tentang tips make up pakai balon, nah kebetulan kamu suka sama dunia make up, terus kasih pendapat deh menurut kamu. Kalau kurang suka ya sampaikan dengan santun, nggak perlu pakai bawa golok lah, eh.

Lima, ceritakan rasa rindumu.
Rindu itu nggak cuma punya Dylan lho. Semua orang pasti pernah rindu. Misalnya pas momen #DiRumahAja ini rindu mudik, rindu datang ke diskonan sampai rebutan barang sama pengunjung lain, rindu gosip sama teman se-genk, huehehehe. Jadi, nggak cuma harus nulis rindu sama gebetan kok, eaaa.

Enam, kaitkan dengan momen.
Misalnya, momen lebaran ya bisa nulis tentang kebiasaan lebaran, makanan yang wajib ada ketika momen lebaran, angpau yang biasa didapatkan, eh. Contoh lain lagi, momen #DiRumahAja juga bisa kok, nulis tips di rumah tetap dapat penghasilan, tips di rumah anti stress, tips di rumah nggak tergoda nyemil terus, ups.

Tujuh, review.
Namanya lagi #DiRumahAja bisa juga buat review. Misalnya, review drakor, buku, film, dll. Bahkan review produk atau jasa juga bisa kok. Asal review-nya jujur, nggak berlebihan, dan nggak pakai kata-kata !@#$%^&. Apaan itu coba?!

Nah, sudah lebih ada 101 ide nulis plus aku kasih 7 ide nulis lagi. Jadi buruan nulis biar blognya nggak dipakai spiderman nongkrong, hihihi.

Si Bayi yang copas kegiatan Ibunya hahaha

16 comments:

  1. Hahaha ini kok berasa aku banget yah? Nulis kegiatan. Alias curhat2 dikit gitu ya mbak 🤣

    ReplyDelete
  2. Penasaran dengan make ala balon itu, aku malah nggak tahu loh.
    Itu si bayi copi paste kegiatan ibu yang ngetik lucu juga ya, hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu loh mba pake alas bedak pake balon yang diisi air. Video Kekeyi yang berbuah puji dan caci maki. ;)

      Delete
  3. ide yang berada disekitar dn kehidupan kita sebenarnya banyak banget ya mba, kadang penyakit m suka datang melanda huu

    ReplyDelete
  4. Wah aku jg suka kehabisan ide..pdhl ide sebenarnya byk ya dan dekat2 kita juga..iya nih kangen ngerumpi ma teman2 ..teman blogger n temen sekul

    ReplyDelete
  5. Nash..iya.. setuju banget nih seringkali ada banyak.ide nulis di sekitar kita. Tinggal kejelian kita utk.menangkao dan.mengolahnya ya..hehe..

    ReplyDelete
  6. Hihihi...ujung-ujungnya sharing resep atau curhat kalau aku lumayan juga bisa buat pemanasan nulis topik yang lebih berbobot

    ReplyDelete
  7. Sekarang kalo bingung mo nulis apa aku ke blog mbak wuri aja intip ide2mu lumayan buat inspirasi. :)

    ReplyDelete
  8. Hihi aku tahu tuh siapa yang make up balon dan sekarang viral di dunia hiburan...iya aku sampai nulis ceramah dari TV lho biar bisa isi blogku hahaha..terima kasih idenya ya Mak Arkaan

    ReplyDelete
  9. Wkwkwkwk. Aku banget ini, setelah lebaran berasa kehabisan ide mau nulis apa. Mager bae bawaannya.

    Makasih, Mbak.. semoga hari ini bisa nulis lagi

    ReplyDelete
  10. Banyak yang bisa ditulis sebenarnya yaa cuma kitanya yang kadang kurang peka utk menangkap ide. Eh kita? Aku aja kali yaa hahaa

    ReplyDelete
  11. Banyaak yaa ide2 seharisehari2 yg bisa dikembangkan untuk jadi bahan tulisan arau materi artikel, apalagi kalo seorang ibu dgn anak kecil, banyaak yg bisa diceritain dan kita juga dituntut untuk kreatif bikin kegiatan

    ReplyDelete
  12. kwkwkw... saya baru tau mbak ternyata blog yang jarang diisi untuk nulis itu bisa ditongkrongin spiderman... majas ironinya mantap sekali mbak... yukk ah.. nulis lagi

    ReplyDelete
  13. Mantaap mbak. Benernya kalau mau buka mata buka telinga buka Hati.. ide mAh berkeliaran di mana2 ya. Emang akunya yang mager Kali wkwk..

    ReplyDelete
  14. Sering kali dapet ide itu malah dari guyonan receh anak-anak. Serasa brainstorming aja kalau udah gitu

    ReplyDelete
  15. Aku ngeblog masih suka moodian, mbak. Ide sih banyak. Tapi eksekusinya kurang, nih. Procastunation. Hiks

    ReplyDelete