Sunday, April 12, 2020

101 Ide Menulis untuk Ibu Rumah Tangga (Bagian 1)


Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan dari yang pengen jadi penulis, yaitu, “Nggak punya ide.” Oke, untuk memudahkan kamu, khususnya yang sudah jadi ibu-ibu, biar nggak pakai alasan nggak ada ide tapi adanya segelas kopi buat cari wangsit, eh, hehehe. Kamu boleh banget contek 101 ide menulis buat ibu rumah tangga (IRT) ini. Tapi, di artikel ini nomer 1-50 dulu, ya.



1.      Ceritakan proses bertemu suami
Ceritakan saja kenal kapan, kenal di mana, terus gimana bisa dekat sampai akhirnya dilamar, deh, uhuk.

2.      Proses “Yes I Do”
Kamu juga bisa cerita proses hingga membuat kamu mantap mau menerima lamaran suami. Jangan sampai karena, “Pumpung ada yang khilaf melamar, eh,” hehehe.

3.      Proses Menuju Pernikahan
Ini juga menarik, karena setiap pasangan pasti punya cerita berbeda-beda. Ceritakan apa saja yang kamu siapkan untuk hari H pernikahan, seperti kirim undangan beserta nominam tahu harus kasih angpau berapa, hohoho.

4.      Hari Pernikahan
Ini bisa kamu ceritakan. Misalnya, pakai adat Jawa, dari mulai pengajian, siraman, akad nikah, asal nggak perlu cerita malam pertama *disensor.

5.      Awal-awal Menikah
Ini penting banget karena yang baca pasti kepo, biar pada tahu kalau awal menikah nggak selalu 100% manis, kadang langsung ada asem karena lupa mandi, eh.

6.      Kisah 1 Tahun Pertama Menikah
Kamu bisa cerita hal receh, misalnya memang para suami suka menaruh handuk, dan barang lainnya mungkin, itu sem-ba-ra-ngan! #CurhatNih

7.      Hamil
Ah, ini juga pengalaman yang berbeda, meski kamu mungkin hamil berkali-kali, huehehehe, tapi setiap anak punya cerita yang berbeda.

8.      Melahirkan
Ini sama halnya dengan hamil, ya, karena setiap anak pasti punay cerita, tapi usahakan cerita melahirkan yang hepi aja, biar nggak horor buat calon ibu hehehe.

9.      Mengurus Bayi
Kalau ada kamus seputar mengurus bayi itu kayaknya bisa setebal ... apartemen 1.000 lantai, jadi ceritakan versi kamu yang pasti unik itu.

10.  Mengatur Waktu dengan Bayi Pertama
Ini sangat bermanfaat buat para ibu baru, jadi tahu gimana mengatur waktu antara menyusui, memasak, makan mie instan, eh, hehehe.

11.  Perkembangan Bayi Setiap Bulannya
Kamu bisa sekalian menyimpan sejarah anak. Misalnya, ah, bayimu pertama koprol itu usia berapa? #ngawur hehehe

12.  Kegiatan Bayi untuk Stimulus
Ibu jaman now itu suka kepo seputar bayi kok, salah satunya kegiatan apa yang bisa menambah stimulus bair perkembangan bayinya maksimal, gitu.

13.  Kesehatan Bayi
Ide ini bisa dipecah banya, misalnya, berjemur setiap pagi itu harus kapan saja, mitor kesehatan bayi, dll, banyak kan? #HarusJawabIya!

14.  Perkembangan Batita 1-3 Tahun
Kamu bisa sekalian menyimpan sejarah batita. Misalnya, kapan bisa jalan, kapan bisa minta jajan, eh, hehehe.

15.  Kosa Kata Anak
Mengobrol sama anak itu bisa bikin ketawa sampai perut kram, atau bikin stress karena nggak paham artinya, hahaha, coba deh tulisan hal ini.

16.  Tingkah Laku Lucu Anak
Ini aku kasih contohnya ya: 7 Tingkah LakuBalita Lucu dan Bikin Meleleh #ModusNambahViewer hehehe.

17.  Kegiatan Batita
Ini salah satu tulisan yang banyak dicari pembaca, lho. Kamu bisa cerita berdasarkan pengalaman pribadi. Asal jangan nulis kegiatan ngupil bareng balita, huh!

18.  Kesehatan Batita
Apa bedanya dengan kesehatan bayi? Tentu ada bedanya lah. Misalnya, sudah mulai dikasih obat cacing (kayaknya lho ya).

19.  Perkebangan Balita Usia 3-5 Tahun
Ini bisa catatan Anda seputar anak sendiri. Misalnya, anak pertama minta sekolah usia 5 tahun, eh, anak kedua pas 3 tahun sudah merengek kuliah, hehehe.

20.  Kata Lucu Balita
Ini bikin pembaca tersenyum geli, bahkan ada yang ngakak-kejengkang, lumayan bisa menghibur orang lain kan?

21.  Polah Lucu Balita
Kamu bisa ceritakan pengalaman pribadi, lalu bikin pembaca merasa, “Ah, anakku juga seperti itu, jadi nggak merasa sendirian nih.”

22.  Kegiatan Sama Balita
Tentu ada perbedaan, antara kegiatan dengan batita dan balita. Soalnya, motorik balita telbih baik dari pada batita, kan? paham motorik ya, cyn? Hehehe.

23.  Hamil Anak Kedua
Karena pasti berbeda dengan hamil anak pertama. Pasti bermanfaat bagi pembaca. Misal, hamil kedua ngidam ketemu Lee Min Ho, hehehe.

24.  Mengajarkan Kakak sebagai Anak Pertama
Ini terkesan receh ya? tapi menarik dan banyak orang yang butuh kok. Coba ceritakan versi kamu aja, asal tipsnya nggak pakai ancaman hehehe.

25.  Melahirkan Anak Kedua, Terus Anak Pertama Gimana?
Tulisan kayak gini bermanfaat bagi ibu yang mau melahirkan anak kedua. Terus gimana dengan anak pertama? Dititipkan ke siapa sementara? Jangan di tempat penitipan barang lho ya!

26.  Membagi Waktu dengan 2 Anak
Punya pengalaman membagi waktu setelah punya 2 anak? Tuliskan saja. Pasti banyak yang cari kok, kayak duit juga banyak dicari kan? hehehe

27.  Kegiatan dengan Bayi dan Anak-anak (ketika beda usia anak-anak itu jauh)
Misalnya, anak pertama kamu usia 10 tahun, lalu yang kedua 3 tahun, pasti agak berbeda mainnya kan? nah, coba kasih tips jadi ibu 2 anak anti-gempor hehehe.

28.  Kegiatan di Rumah Bersama Anak-anak
Tulisan gini masih banyak dicari kok. Coba kamu tulis biar blognya makin populer hehehe.

29.  Kegiatan di Luar Rumah Bersama Anak-anak
Nggak cuma bisa sharing kegiatan anak-anak di rumah, tapi di luar rumah bisa, kayak bersepeda bersama, jajan di warung bersama, eh.

30.  Menu MPASI
Tahu nggak, aku nyimpen menu MPASi Anak Lanang pas usia 6 bulan dan sekarang masih banyak yang baca #SombongAmat!

31.  Menu Balita
Hampir setiap hari, aku cari tulisan ini. Jadi, tulisan resep juga menjadi tulisan sepanjang masa. Royalti makin panjang pula, aamiin.

32.  Menu Anak-anak
Resep adalah tulisan yang sering dicari. Soalnya, ibu jaman now itu sangat mengandalkan resep dari pada asal cemplung nanti rasanya gimana dong?

33.  Camilan Anak Praktis
Ibu jaman now itu suka banget yang praktis. Misalnya, bikin donat cukup sekali uleg (ngayal hehehe), jadi punya resep praktis? Tulis aja!

34.  Mengajarkan Anak Masak
Punya tips membuat anak mau belajar memasak? Tulis dong dari pada jadi jerawat, eh nggak nyambung yak?

35.  Mengenalkan Anak kepda Bahan Makanan
Gimana biar anak hafal nama buah, sayur, ikan, jajanan, dll? Ya coba kasih tips proses mengenalkannya.

36.  Mengajak Anak ke Pasar
Ada tips mengajak anak ke pasar biar nggak mampir beli jajan? Hehehe, tulis dong!

37.  Menjelaskan Uang
Anak juga perlu belajar tentang uang, biar nggak asal nyomot barang kalau ke pasar, hehehe, tulis tipsnya aja lah.

38.  Menu yang Mudah Dimasak Anak
Help! Anakmu minta masak sendiri. Menunya apa dong? Nah, kamu buat tulisan resep mudah buat anak-anak bisa menarik tuh.

39.  Tips Menu Puasa
Biasanya nih, ibu-ibu puyeng dan butuh contekan menu buka dan sahur dari hari 1 sampai dengan 30. Kamu punya? Tulislah!

40.  Mengenalkan Cuci Piring
Kasih tips biar anak mau cuci piring, tanpa perlu ibunya melotot dulu, oalah ketahuan galak nih hehehe.

41.  Mainan Bayi yang Mudah Dibuat
Pokoknya hal yang “mudah” itu paling disukai sama pembaca. Nah, kamu bisa menulis membuat mainan bayi yang mudah kayak botol bisa bikin bayi hepi, hehehe.

42.  Mainan Balita dari Rumah
Pernah punya pengalaman males beliin anak mainan, karena malah suka main alat dapur jadi drum, dll, deh, coba sekalian nulis tips mainan buat balita tanpa beli hehehe.

43.  Menjelaskan Membeli Mainan ke Anak
Banyak orang tua bingung ketika anak minta main tapi kok mahal yak? #SayangDuitBukanSayangAnak hehehe. Punya tipsnya, tulis aja yak!

44.  Mainan Outdoor
Bosan di dalam rumah? Coba nulis kegiatan di luar rumah, kayak bersepeda, angkat jemuran di teras, eh.

45.  Mainan Ketika Harus di Rumah
Ini sangat bermanfaat ketika harus #DiRumahSaja soalnya bingung harus ngapain lagi? Masak nyemil kursi? Eh.

Foto: panci yang multifungsi bisa buat mainan #Doh Anak Lanang!

46.  Tips Ketika Anak Sakit
Nah, kamu bisa kasih tips biar jadi emak-emak yang cepet galau meski anak sakit, tapi tetap waspada. Ngerti kan?

47.  Menu Anak Sakit
Ketika anak sakit pasti susah makannya. Coba kamu tulis menu yang cocok buat anak pas sakit. Biar sehat terus rumah berantakan lagi, hehehe.

48.  Mainan Anak Sakit
Selain menu makanan, coba kenali mainan apa yang cocok ketika anak sakit akhirnya agak semangat berantakin rumah lagi lah.

49.  Belajar Sakit Itu Apa
Punya pengalaman mengajarkan anak tentang sakit itu apa? Aha! Itu bisa jadi ide tulisan lho. Biar mau pakai gaya hidup sehat tanpa angkat barbel.

50.  Menunggu anak
Bada beberapa pasangan yang butuh waktu hingga akhirnya hamil anak pertama. Misalnya, aku tuh nunggu 4 tahun pernikahan baru alhamdulillah hamil Anak Lanang. Nah, kamu bisa menulis itu sekaligus buat pasangan-yang-masih-menunggu terus semangat berusaha, hohoho.

Oke, itu dulu ya. Insya Allah minggu depan yang nomer 51-101 ya. Kira-kira kamu mau nulis yang nomer berapa dulu? #Awas ideku ini nggak dipakai ya! #Maksa.

18 comments:

  1. Mbk....ku tunggu lanjutan 50keatasnya..sampek gak sabar sebenrnya nunggunya

    ReplyDelete
  2. Ternyata banyak yang bisa ditulis ya Mbak Wuri. Dan begitu banyaknya ide lho. Kadang, malah nulis itu tanpa ide juga bisa lho. Saat jenuh banget...

    ReplyDelete
  3. Saya banget tuh Mbak, kalau mau nulis selalu kepentok ide. Mau nulis apa nih? Nggak ada ide! Hahaha, ternyata kalau dijabarkan banyak banget yaa. Sampai bingung mau nulis yang mana dulu. Saking bingungnya sampai nggak nulis-nulis, nah loh.

    Makasih idenya loh Mbak, jadi banyak ide nulis sekaligus mengenang masa lalu :)

    ReplyDelete
  4. Mbak Wuriiii, idenya keren-keren abis. Ditunggu yang 51 ide berikutnya ya, Mbak. Banyak hal yang bisa kita jadikan ide dan inspirasi dari keseharian kita ya, Mbak. Mantaaap

    ReplyDelete
  5. MasyaAllah banyak banget ternyata, aku pernah kepikiran untuk menuliskannya jadi buku mba, tapi belum tahap hamil nih ceritanya pasti cetek banget

    ReplyDelete
  6. Asyiik..mau nungguin yg bagian 2 ah, siapa tahu bisa lebih banyak ide dicontek buat nulis..hehe.. Thx Wuri

    ReplyDelete
  7. Wow...ciamik idenya nih mb wur..bisa lgsung dieksekusi nih..aku pingin yg tingkah lucu anak deh

    ReplyDelete
  8. Wuuih banyak banget ide menulisnya. Memang sebenernya ide nulis tu ada aja ya kita aja yg harus jeli. Kegiatan sehari2pun bisa jadi tema menulia yg asyik

    ReplyDelete
  9. Baca daftar ini sambil manggut-manggut. Iya ya.. semuanya bisa jadi ide tulisan yang menarik. Tengkiyu Mbak Wuri..

    ReplyDelete
  10. Wuihhh ada 50 ide nulis ya buat buk-ibuk ketika harus di rumah aja. Tuh, yang bilang nggak punya ide, baca deh ide dari Mamak Arkaan ini

    ReplyDelete
  11. Waaa....banyak banget ide nulisnya mb Wuri, bisa nih aku contoo ya mbaa

    ReplyDelete
  12. Iyes, ide itu banyaaaak banget. Aku yang susah waktu eksekusinya, Mbak. Hahahaha. Apalagi pas kerja dari rumah, malam-malam sudah tepar tinggal 5 watt.

    ReplyDelete
  13. Daripada cerita sederhana dan pengalaman sendiri ternyata bisa jadi tulisan ya. Mantap nih artikelnya, nunggu kelanjutannya ya..

    ReplyDelete
  14. Lucuk, kayaknya beberapa pernah tak tulis di blog deh. Sekarang anak-anak udah gede mulai ngatur apa yang boleh ditulis dan tidak kalau berkaitan dengan keluarga

    ReplyDelete
  15. Waaa keren sekali idenya. Suka deh alu dipaksa nulis kalau dikasi ide begini. Dermawan sekali mbak, njenengan. Btw sukses terus ya, bisnis literasinya. Semoga saya juga bisa seproduktif mbak. Aamiin

    ReplyDelete
  16. Banyak juga ya ide yang bisa kita olah. Sebenarnya hal-hal sehari-hari selalu bisa kita gunakan sebagai bahan nulis. Ga ada alasan mati gaya ya harusnya. :))

    ReplyDelete
  17. Ide nulis bejibun banget wah keren emang kalo penulis buku itu ya

    ReplyDelete
  18. ide banyak tapi mulai nulisnya itu mba binggung awalannya apa? itu solusinya gmn moms?

    ReplyDelete