Friday, March 27, 2020

Jangan Lupa Janji sama Anak Balita


Alhamdulillah, Anak Lanang sudah berusia 4,5 tahun dan rasanya kok cepet besar siiih?!!! Apalagi sudah makin ceriwis tapi tantangannya adalah ... IBU HARUS TEPAT JANJI, hahaha. Benar-benar, lho, janji yang aku anggap receh itu pasti ditagih. Sayangnya, aku masih suka lupa dan Anak Lanang bete deh kok ibu lupa janji. Huhuhu, maapkan, Nak, mungkin ibu butuh kopi Janji J*wa #hallah!


Satu, janji Ibu akan beres-beres rumah.
Entah kenapa Anak Lanang tiba-tiba minta aku nungguin di sekolah, katanya kayak temannya Si A (Si A itu anak baru jadi wajar lah ditungguin dulu).

Anak Lanang: Ibu di sini aja (di sekolah aja).
Ibu: (mikir sambil cari alasan cepat) Ibu mau beres-beres rumah dulu.

Oke, aku dibolehkan pulang dan sampai rumah malah sibuk ngetik, ups. Jadinya rumah dibiarin berantakan aja gitu.
Siang harinya, aku jemput Anak Lanang dan pulang ke rumah.

Anak Lanang: Lho?!! Ibu kok nggak beres-beres?!
Ibu: *kencangkan ikat kepala *langsung ambil sapu sebelum Anak Lanang melanjutkan protesnya, hihihi.

Dua, janji ke playground.
Malam hari:
Ibu: Tidur. Sudah jam 9. Masuk kamar. Katanya besok pagi mau main (ke playground maksudnya)
Anak Lanang: Oke! (langsung tidur tanpa adegan akrobat atau ceriwis dulu seperti biasanya)

Besok paginya,
Anak Lanang: (bangun tidur) Ayo, Ibu, pergi.
Ibu: Ya mainannya kan buka jam 10, ini masih jam 5 pagiiiii!!!!!

Tiga, janji beli mainan.
Anak Lanang lagi sakit, susah makannya, nggak mau minum obat juga. Jadilah harus mengeluarkan rayuan maut. Percayalah, lebih susah merayu Anak Lanang dibandingkan Bapaknya, eh.

Ibu: Kalau mau sembuh nanti mau apa?
Anak Lanang: Eee ... mobil-mobilan.
Ibu: Iya, boleh, makanya makan banyak, minum obat, biar cepat sembuh.

Giliran badannya enak dikiiit aja, meski belum sembuh banget. Eh, sudah nagih.
Anak Lanang: Ibu, aku sudah sembuh ya?
Ibu: (Hhhmmm, sudah menerka kalau bakal nagih mainan nih) Belum sembuh, Nak (ngomong pakai wajah datar).

Empat, janji sama Ibu.
Waktu itu aku nawarin:
Ibu: Ibu mau ketemu teman-teman Ibu di mall. Anak Lanang mau ikut?
Anak Lanang: Mau.
Ibu: Kalau ikut, nanti tidur siang di taksi, ya?
Anak Lanang: Iya.

Dan, gantian dong aku nagih janji.
Tidur, lho, Anak Lanang selama di perjalanan meski 15 menit aja, hehehe.
Makasih, Nak *muach.


Lima, janji naik kereta api.
Ibu: Anak Lanang mau ke rumah Nenek naik kereta api?
Anak Lanang: mau! Mau!
Ibu: Oke, minggu depan, ya. Ibu mau pesan tiket dulu.

Dan, hampir setiap saat nagih:
Anak Lanang: Ibu, ayo naik kereta api.

5 menit berikutnya,
Anak Lanang: Ibu, ayo naik kereta api.

5 menit berikutnya lagi,
Anak Lanang: Ibu, ayo naik kereta api.

5 menit berikutnya lagi dan lagi,
Anak Lanang: Ibu, ayo naik kereta api.

Ibu lelah jawabnya, Nak, wkwkwkwk.

Gimana dengan anak atau ponakan kamu?

11 comments:

  1. Serunya punya anak ya Mba Wuri wkwkwk
    gemes sama anak lanang duh, jadi pengn punya juga hahaah

    ReplyDelete
  2. ini selalu sy terapkan ke anak sekaligus ngasitau suami agar suami juga menerapkannya untuk jangan pernah berbohong dengna janji pda anak, karena efek psikoligis yg ditimbulkan nggk bagus untuk perkembangan anak. sama kyk cerita kakak anak sy kalau sudh dijanjiin pasti selalu nagih ibunya haha polosnya dunia anak

    ReplyDelete
  3. Janji pada orang dewasa saja kita gak boleh ingkar apalagi janji pada anak-anak ya mb :)

    ReplyDelete
  4. Hahaha, lucu banget ya mbak. Begitulah, anak-anak memang polos dan apa adanya, dan ingatannya masih tajam jadi nggak mungkin lupa jika dijanjikan sesuatu, apalagi hal yang menyenangkan.

    Selamat sibuk memenuhi janji pada anak lanang satu per satu ya mbak :)

    ReplyDelete
  5. wkwkwk selalu geli dan ngakak kalo baca tulisanmu mba. Podo wae aito juga sukae nagih. anak-anak itu karena ga ada yang dipikirkan jadi selalu ingat janji ortunya, ohohho

    ReplyDelete
  6. Haha..iyaa mesti hati2 kasih janji sama anak2 ya. Janji mo ajak nonton atau beli sesuatu, nah..ditagih terus deh klo belum terlaksana hehe..

    ReplyDelete
  7. Jangankan bocil macam Arkan, lha Anya sama Lilo tuh selalu nagih melulu kalau emak kadung janji. Emang kudu ati-ati mulut emak ni 😆

    ReplyDelete
  8. Terus nggak jadi naik kereta api karena ada social distancing dan karantina wilayah, huhuhu....

    ReplyDelete
  9. Sama aja, anak-anak tuh kalau udah dijanjiin sesuatu, nagihnya bisa bikin darting. Ben menit diingatkan, ben jam ditagih, pengin ambles bumi rasanya. :))

    ReplyDelete
  10. Uwahhhhhh aku paling takut janji sama anakku, apalagi sama yang paling kecil. kalau belum ditepati bisa sakit kuping ibu ditagih..ihihih

    ReplyDelete
  11. jan... anak anak itu kok ya ingatannya kuat ya. aku dulu juga pernah lupa trus ditagih janji sama utit. padahal ya mung janji tumbas salak. hehe

    ReplyDelete