Tuesday, May 22, 2018

Kegiatan di Rumah Bersama Balita ketika Ibu Puasa

Alhamdulilah, ya, masuk ke bulan puasa lagi. Bulan puasa ini jadi makin menantang bagiku karena Anak Lanang sudah masuk batita alias bayi (di bawah) tiga tahun. Tentunya, tingkahnya makin wow, dari bikin ibu pengen lempar kristal-krital di rumah #halu, sampai pengen elus-elus dada brad pitt *plak #IngetPuasa. Soalnya, ritual Anak Lanang kalau tidak di bulan puasa itu, hobi jalan-jalan keliling komplek, bahkan bisa sampai 3 x dalam sehari, hosh! hosh! Yang pertama jalan-jalan kaki di pagi hari, terus keliling komplek sambil bawa sepeda, sorenya jalan-jalan sambil dorong bis besarnya pakai tali rapiah. Alamak!

Baca: 3 Mainan Bayi yang Murah 

Terus, kalau puasa gimana dong? Ibu lelah mengikuti langkahmu, Nak. Makanya, harus banyakin aktivitas di dalam rumah. Biasanya sih, mainan yang cukup bisa melupakan Anak Lanang buat fashion-show-keliling-komplek itu:


Satu, buku bantal.
Padahal buku ini kubeli buat mengenalkan buku pertama kepada Anak Lanang. Belinya pas anak masih bayi banget, ternyata bermanfaat sampai sekarang. Dia bisa sibuk sendiri mainan sendiri sambil berimajinasi kendaraannya maju mundur. Kadang mengeluarkan suara seperti: ngeng-ngeng, dll. Lumayan, ibu bisa tidur lebih lama, eh.

Dua, menggambar.
Cukup pakai modal selembar kertas atau buku dan bolpoin. Ibu bisa duduk sambil membuat aneka gambar dengan bolpoin, walau hasilnya ala-ala, maklum, ibu nggak pandai menggambar. Yang penting, anak tahu lah ibunya gambar apa. Paling yang digambar itu mobil, pesawat, bebek diawal dari angka 2, ups.

Baca: 20 Cara Mengatasi GTM Anak 2 Tahun

Tiga, busy book.
Ini sangat ampuh biar anak mau sibuk sendiri terus ibunya bisa goler-goler di kasur, hohoho. Kalo punyaku, dulu pas Anak Lanang masih bayi, pesan di crafter flanel hits di Kendal, Jawa Tengah, namanya mbak Cicik Sri Winarti. Masih bagus dan bersih sampai sekarang, lho. Isinya ada puzzle bentuk, boneka jari, laundry “ala-ala” dan ini yang paling lucuk. Kukasih fotonya ya:


Empat, boneka tangan.
Ini juga penyelamat di saat ibu tepar sementara anak masih stereo. Cukup bawa boneka tangan ke kamar, sambil bermain dengan anak. Paling, bibir aja yang jontor gegara ngomong “meong-meong” atau “kwek kwek” karena boneka tangan di rumah itu kucing dan bebek. Nggak papa jontor, beda tipis sama bibir seksi Angelina Jolie kok #ngarep.

Baca: 7 Cara Menyapih Anak dari Pengalaman Sendiri

Lima, playdoh.
Anak bisa membuat bentuk sesuai cetakan yang ada. Kadang, Anak Lanang suka motong-motong playdoh pakai pisau mainan yang ada di paketnya. Ibu dan anak cukup duduk dan main di atas meja kecil Anak Lanang. nggak bakal keringetan, hohoho.

Nah, itu dia 5 mainan batita yang bisa buat menyalurkan “tenaga-anak-yang-hobi-keliling-komplek”. Tapi kadang ya main HP sih, hihihi. Ada yang mau menambahkan?

10 comments:

  1. Seru! Mamak Wuri kreatif pisan bebikinan busy book

    ReplyDelete
  2. wuih lucu bukunya.. memang mak kreatif

    ReplyDelete
  3. Pas banget itu semua pointnya, terutama buat balita.
    Manalagi kalo buku bantal buatan sendiri, makin seru dong yaa ^^

    ReplyDelete
  4. Duuuh, kenapa pake adaBang Pit sih, di mari? Heheheh

    ReplyDelete
  5. wah saya di rumah jg punya busy book dari Elhana khusus tema Ramadan untuk persiapan kgiatan ramadan bareng anak

    ReplyDelete
  6. Wkwk mba wuri lucu bingit. Arkaan samaan ma aito kalo siang bolong malah ngajak naik sepedaan. Alamak yo pengsan

    ReplyDelete
  7. Hihi jadwal fashion shownya tiga kali sehari yaa Arkan, cape mamaak hihi..

    ReplyDelete
  8. wah demen banget keliling komplek hahaha untung anakku uda mandiri dan main sepeda dalam rumah jd klo aku tidur dy main sepeda anteng

    ReplyDelete
  9. Dek Arkhan aktif banget bisa keliling komplek berkali-kali. Selama bulan puasa aktif dan kreatif di rumah aja ya dek.

    ReplyDelete
  10. wah iya nih, selama ramadan agak bingung ngapain sama anak pas hari libur. apalagi di rumah yang sekarang juga sepi banget penghuninya. jadi pengen juga bisa bikin busy book kayak itu

    ReplyDelete