Permainan Anak di Rumah agar Benar Memegang Pensil

Aku baru tahu kalau ada 5 tahap anak memegang pensil. Ini menurut informasi dari guru TK Anak Lanang dulu, dan saya coba browsing lebih detailnya. Ternyata, cara memegang pensil Anak Lanang masih tahap 4. Bisa nulis sih, tapi biasanya lebih capek dari pada yang sudah di tahap. Mau tahu tahap 5 apa aja dan gimana mengatasinya?

















5 TAHAP ANAK MEMEGANG PENSIL

Tahap 1: anak menggenggam pensil dengan posisi ibu jari paling atas.

Tahap 2: anak menggenggam pensil dengan posisi ibu jari paling bawah

Tahap 3: anak memegang pensil pakai ibu jari dan jari tengah

Tahap 4: anak menggenggam pensil dengan melingkarkan 4 jari di ujung pensil

Tahap 5: ibu jari dan telunjuk memegang pensil, sementara jari tengah menyanggah di belakang, seperti pada umumnya orang dewasa memegang pensil.

PERMAINAN ANAK DI RUMAH UNTUK OTOT JARI

1. Playdough


Anak menggunakan jarinya untuk mencubit playdough, meremas, menggulung, dan semuanya mengasah oto jari anak agar semakin kuat. Termasuk nantinya kuat menulis dan memegang pensil dengan tepat.

2. Pasir


Anak melajar meremas pasir, bisa melatih kekuatan ototnya. Mainan pasir apa saja. Di rumah ada pasir kinetik yang beli, dulu ya pernah membuat mainan pasir sendiri dari tepung, minyak, dan pewarna makanan.

3. Merobek kertas


Ini terlihat sederhana tapi sangat banyak manfaatnya kepada anak agar otot jarinya semakin kuat. Dulu memang Anak Lanang jarang merobek kertas karena aku bilang buku tidak dirobek.

4. Konsisten mengajak anak mengancingkan baju sendiri


Kadang suka nggak sabaran ya, hahaha, tapi yang semakin sering anak melepas dan memasang kancingnya sendiri, semakin motoriknya berkembang. Nggak sampai lumutan kok dulu nungguin anak latihan mengancingkan sendiri.

5. Jepitan


Karena menjepit menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Tapi biasanya untuk anak yang belum otot jarinya ya pakai beberapa jari. Tidak apa-apa, nanti lama-lama semakin kuat dan seperti orang dewasa yang pakai ibu jari dan jari telunjuk saja.


NAH, semoga bermanfaat ya.

Comments

  1. Dalam dunia parenting, mengajarkan anak hal-hal seperti ini tidak boleh dilewatkan memang. Walau sering terlupa karena dinilai sepele, memegang pensil juga bukan hal yang mudah. Bisa diterapkan ini caranya, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Iklan Online dan Softselling

10 Pertanyaan Soal Teknik Copywriting

20 Cara Mengatasi GTM Anak 2 Tahun