Thursday, January 6, 2022

10 Ide Bermain Mudah di Rumah untuk Anak TK

Selamat datang tahun 2022, yeaaayyy!!!

Liburan anak sekolahan kali ini ada yang berbeda ya. Ada yang liburan pas Desember kemarin seperti sekolahnya Anak Lanang, ada juga yang baru liburan Januari ini. Tahu sendiri kalau liburan berarti tantangan buat ibu nih, apalagi kayak aku yang tipe mageran, hihihi. Soalnya kalau liburan bakal 24 jam di rumah. Aku langsung bingung gimana mau ngisi liburan sekolah? Kalau liburan diisi dengan jalan-jalan terus sih bisa bahaya buat kantong, hahaha.

Sekalian deh mau share 10 ide bermain yang mudah di rumah:


1 Bermain bola

Cukup pakai bola plastik yang murah saja. Ibu dan anak bisa bermain sepak bola, Ibu melemparkan bola dan ditangkap oleh anak, anak melemparkan bola ke wadah, dll.

2 Menggambar

Modalnya hanya kertas dan alat gambar. Bisa pakai krayon, pensil warna, cat air. Kalau bingung mau menggambar apa, bisa gambar benda di sekitar, seperti taman komplek, rumah anak dan tetangga, mainan, dll.

3 Membuat playdough

Ini cuma pakai tepung, air, garam, dan pewarna makanan.

BACA JUGA: 3 Mainan Sensorik Anak yang Murah dari Tepung

4 Peran kecil dari kertas

Buat orang-orangan dari kertas dan digambar pakai bolpoin aja. Bisa buat orang bapak, ibu, anak, dan teman-temannya. Seperti ini:


5 Berhitung mainan

Belajar menghitung dengan cara yang menyenangkan, seperti menghitung mainan, atau batu di sekitar, atau barang apa saja.

6 Menulis huruf

Caranya, Ibu menggambar benda, lalu mengajak anak menemukan huruf-hurufnya. Misalnya, Ibu menggambar rumah, lalu tanyakan," Rumah, ru - mah, ru itu huruf apa saja?" Biasanya anak akan menjawab lalu menuliskannya.

7 Mencari huruf

Siapkan kertas yang ada tulisan nama benda, lalu siapkan benda (bisa diganti gambar). Lalu ajak anak menemukan benda dan tulisannya. Seperti ini:



8 Lego atau balok

Bebaskan anak membuat bentuk apa saja, lalu biarkan anak presentasi untuk menjelaskannya.

9 Hotel-hotelan

Ubah rumah menjadi hotel. Di pintu kamar bisa ditempeli nomer kamar, buat kunci kamar dari kartu, dll.

10 Bermain kardus bekas

Kalau ada kardus bekas paket jangan dibuang, dijemur dulu (karena masih pandemi kan), baru buat apa aja. Misalnya, Anak Lanang punya ide membuat kapal dari kerdus. Ini 100% karyanya:



Mudan kan? Semua alat dan bahan bermainnya juga murah atau mudah didapatkan. Selamat bermain bersama anak di rumah. Ingat! Mainan anak di rumah sendiri, jangan di rumah orang lain, apalagi di rumah orang yang nggak dikenal *minta diusir, hihihi.

3 comments:

  1. Nah, mantep ini kadang sering bingung mau ngajak si kecil bermain karena yang saya tahu permainannya hanya itu-itu aja. Kalau gini kan bisa divariasi biar anak gak bosan.

    ReplyDelete
  2. Wah keren nih idenya bisa diterapkan saat weekend juga ya... Biar ada variasi kegiatan. Makasih idenya Mbak

    ReplyDelete
  3. Permainan anak2 drumah aja tyta mudah b murah ya mba, huhu pdhl liat anak2 bmain gt lbh bagus drpd mreka main hp mulu

    ReplyDelete