Tips Menjaga Kesehatan Meski WFH


Kemarin, aku baca berita kalau bakal banyak yang WFH (work from home) lagi ya. Cuma, biasanya merasa di rumah saja jadinya cuek sama kesehatan. Padahal, jaga kesehatan itu penting, di mana pun dan kapan pun. Makanya, aku mau share gimana tetap menjaga kesehatan, baik fisik dan mental, karena harus bekerja dan beraktivitas di dalam rumah saja.


Satu, menjaga asupan makanan

Biasanya nih, dengan alasan biar nggak bosan di rumah aja jadinya lagi pengen makan apa, ya dimakan saja, biar hepi katanya, biar menjaga imun juga. Tapi ya jangan asal-asalan juga. Misalnya, punya pantangan makanan kacang-kacangan karena ada asam urat, jangan sampai menyemil kacang mete berlebihan. Jadi, tetap jaga asupan makanan biar sehat terus.

Dua, tidur yang cukup

Ini juga penting tapi sering dilupakan oleh orang-orang ya. Mungkin, merasa WFH, terus jam kerja jadi kacau, akhirnya begadang. Mungkin juga, ada yang lebih suka bekerja malam hari, jadinya waktu istirahat jadi berkurang. Meski di rumah saja, kalau kurang istirahat, bisa mengganggu imun, lho.

Tiga, punya manajemen waktu

Nah, biar gara-gara WFH terus dan jam kerja nggak kacau, ya harus punya manajemen waktu. Jadi tahu, jam berapa saja harus bekerja lalu sampai kepada anggota keluarga. Misalnya, yang masih punya balita itu suka ganggu kerja bapaknya, karena merasa bapaknya di rumah saja, ya tetap kasih penjelasan kalau bapaknya bekerja, terus kasih tahu jam berapa waktunya bermain bersama anak.

Empat, harus me time setiap hari

Nggak hanya soal kesehatan fisik, tapi kesehatan mental juga sangat penting. Makanya, setiap hari harus me time. Me time itu menikmati waktu sendirian sekaligus bisa refreshing. Nggak perlu bingung tapi pilih me time yang sederhana. Contohnya, tidur siang, minum teh sendirian di teras, nonton drakor, dan lainnya.

Lima, jadwalkan cek kesehatan secara berkala

Setelah menjaga kesehatan fisik dan mental, ya tetap melakukan cek kesehatan secara berkala. Apalagi lagi masa pandemi gini, bisa juga jadwalkan swab test setiap kapan? Bisa sebulan sekali, atau mau kapan? Mending pilih tempat test swab yang drive thrue dan hasilnya bisa cepat, biar nggak bertemu banyak orang dan nggak nunggu lama.

Jadi, meski lagi WFH, tetap jaga kesehatan fisik, mental, dan rutin cek kesehatan yaaa...

Comments

  1. Setuju banget harus me time tiap hari. Nggak harus yang keluar rumah, cukup nyempetin sejam buat baca buku kesukaan aja udah naikin mood ya mba Wuri.

    ReplyDelete
  2. Nah..manajen waktu itu memang penting banget ya..apalagi kalau WFH biasanya malah banyak yg keteteran deh. Thx tips2nya, Wuri..

    ReplyDelete
  3. Selain jaga makan dan disiplin prokes, me time untuk bisa menjaga kewarasan dan kebahagiaan kita sendiri juga perlu ya Mba, biar sistem imunnya tetep strong krn kita happy

    ReplyDelete
  4. Me time tu kayanya sepele dan sering kita lupain tapi justru itu yg bisa menjaga kewarasan kita ya mbak. Menjaga supaya ga stres itu juga penting bgt sekarang ni

    ReplyDelete
  5. Wah, aku suka bgt tu me time..me timeku itu sederhana aja nonton film2 pendek di YouTube..atau jln2 naik motor ma misua.. sementara si kecil diasuh kakak2. Mmg perlu bgt me time biar g setres dg situasi pandemi yg tak menentu

    ReplyDelete
  6. menjaga asupan yang sehat penting banget ya mbak.. demi tubuh kita dan keluarga.. dan me time juga harus, tapi pilihannya tetap gak bisa keluar rumah untuk me time.. jadi agak bingung mau ngapain selain online dan check out belanjaan. hehe

    ReplyDelete
  7. Iya aku pengen cek tekanan darah dan kolesterol ini buat jaga-jaga..sehat selalu ya Wuri sekeluarga..kangen banget..

    ReplyDelete
  8. Sepakat. Kadang banyak orang yang berpikir ah di rumah aja ini. Nonton drama kebablasan sampai kurang tidur. Makan sembarangan. Dan lain-lain.

    Kenyataannya perilaku itu malah menurunkan daya tahan tubuh kan ya.

    ReplyDelete
  9. Sepakat dengan semua tipsnya. Semangat sehat, juga harus disertai langkah-langkah seperti yang dituliskan di atas.
    Yuk, kita semangat jadi penyintas pandemi.

    ReplyDelete
  10. Vitamin bahagia harus selalu tercukupi ya, supaya imun terus terjaga. Jangan lupa pula olah raga.

    ReplyDelete
  11. Di rumah terus tuh malah jadwal tidur kacau balau. Gegoleran melulu soalnya, jadi akhirnya malah tetap begadangan hehehee.. Harus mulai perbaiki ritme keseharianku nih.

    ReplyDelete
  12. Bener banget, Mbak... Aku masih dengan problem yang sama, manajemen waktu. Makin kacau malah sejak pandemi. Hiks 🙈🙈
    Jadi insomnia tapi kalau siang ngantuk bae

    ReplyDelete
  13. Wah aku selalu bermasalah sama jam tidur nih mbak hahaha, emang manajemen waktu penting banget buat disusun dan dilakuin, biar tubuhnya juga disiplin. Thanks ya mbak tipsnya

    ReplyDelete
  14. Aku jadi kurang tidur nih selama work from home padahal seharusnya bisa banyak tidur ya kan di rumah

    ReplyDelete
  15. Tips yang sangat berguna Mba, pokoknya WFH ini harus produktif tpi nggak boleh lalai juga pola hidup sehat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Iklan Online dan Softselling

10 Pertanyaan Soal Teknik Copywriting

20 Cara Mengatasi GTM Anak 2 Tahun