Tuesday, January 5, 2021

DIY Mainan Anak: Membuat Buku

Selamat datang tahun 2021...

Berhubung masih di rumah saja, dan biar Anak Lanang nggak mati gaya, ibunya juga sih, hahaha. Apalagi Anak Lanang tipe yang cepat bosan sama mainan, duh. Akhirnya, cari cara biar terasa punya “mainan baru” jadi ngirit gitu ceritanya, hihihi. Aha! Akhirnya terpikir untuk membuat buku dari bahan-bahan bekas.

Baca juga: Cara Membuat Mainan dari Kardus Bekas: Puzzle

Semua berawal ketika Anak Lanang suka mengisi buku aktivitas. Lalu, mengguntingnya! Kan di buku aktivitas itu banyak gambar menarik ya, seperti buah apel, binatang sapi, meja, dll. Nah, itu semuanya digunting satu per satu. Mau melarang tapi kan sekalian belajar menggunting (mengasah motorik halus, kayaknya ya, CMIIW). Terus kalau sudah digunting ya dibiarkan saja.
Sayang banget kan?
Akhirnya terpikir untuk membuat buku saja.

Bahannya:
- Gambar yang digunting dari buku aktivitas, kayak foto di bawah ini ya.
- Krayon (buat menulis, tapi kalau punya spidol, pensil warna, bolpen aja juga bisa)



Alat:
- Lem kertas
- Streples
- kertas (aku pakai kertas bekas, karena Anak Lanang suka menggambar tapi kadang cuma coretan gitu, jadi aku pilihin yang sekiranya coretan aja, aku ijin ke dia dulu, boleh nggak digunting karena 1 kertas hvs digunting 4 bagian. Pakai kertas bekas biar ngirit juga hahaha)

Caranya:

1. Ajak anak untuk membicarakan mau bikin apa?
Misalnya, utarakan dulu aku ada ide bikin buku kebun binatang gimana? Nanti dipilih gambar hewan saja. Biasa pas bikin buku pertama masih butuh ide dari ibu mau bikin apa. Kalau selanjutnya, bisa ide dari anak sendiri.

2. Tentukan halaman pertama apa, halaman kedua apa, halaman ketiga gambar apa. Ajak anak untuk menentukan ini ya.

3. Tempel sampai halaman terakhir. Idealnya sih semua dilem oleh anak, tapi pas itu Anak Lanang agak capek gunting banyak kali ya, jadinya aku bantu hehe.

4. Tambahkan tulisan singkat saja. Bisa anak sendiri yang menulis (tapi masih dikasih tahu huruf apa aja), atau ditulis ibu

5. Sudah jadi deh. Seperti ini ya:





Menurutku, ini menurutku lho ya, nggak tahu kalau menurut Mas Anang, hehehe. Dengan membuat buku bersama anak itu:

1. Anak belajar proses, bagaimana membuat buku, meski masih sederhana, masih sebatas menentukan halaman 1 apa, halaman 2 apa, dst. Anak juga berproses kalau mau bikin buku harus menggunting gambar dulu.

2. Anak berimajinas bagaimana membuat buku. Ya dari menentukan ide, menyusun yang mana dulu, dll

3. Ibu dan anak bisa bermain bersama

Seperti itu yah. Semoga bermanfaat tips membuat mainan bersama anak nih. Mau dicoba silahkan, mau nggak dicoba ya nggak apa-apa, asal sudah baca #NambahViewer hihihi. Ada ide mau bermain apa lagi dengan anak ya? 

11 comments:

  1. Ibunya Arkaan ini emang kreatif, pantes anaknya pinter yaa bikin-bikin DIY mainan. Kalo dipikir-pikir, selain bikin anak jadi kreatif, ini bikin hemat juga kan yaa

    ReplyDelete
  2. Wah jadi kangen jaman anak-anak masih kecil, suka bikin buku-bukuan juga. Pasti seru ya mba Wuri main prakarya sama si kecil..

    ReplyDelete
  3. Jempoool...kreatif banget Buk.. Pasti anak Lanang senang dan semangat ngerjainnya ya.. Ide bikin buku ini bisa kutiru juga untuk keg dg krucil kami .Terima kasih yaa..

    ReplyDelete
  4. Asyik dapet ide lagi. Seneng deh kalo mampir ke blog dan wa story nya mbak wuri aku ke dapet ide buat bebikinan mainan unik Keumala .thabks mbak

    ReplyDelete
  5. Kreatif banget nih ibunya, nggak ngabisin modal juga karena menggunakan barang yang ada saja. Bisa banget tuh dipraktekin ya, buibuuuu...

    ReplyDelete
  6. Idenya kreatif. MEmang benar sih, membuat buku tuh memang memancing kreatifitas anak juga. Dia jadi mau berkarya lebih dari biasanya. Keren

    ReplyDelete
  7. Mbak Wuri kreatif! Idenya menarik, praktis, dan hemat. Trus nggak nambah-nambahin sampah juga, karena daur ulang dari apa yang sudah ada.

    ReplyDelete
  8. Waaah ibu mas Arkaan nih sumber inspirasi...aku ga kepikiran lhonMbak..boleh nih dipraktekin sama anak-anak hihihi

    ReplyDelete
  9. Mba Wuri kece banget, kreatif totalitas nih. Aku jadi pengen bereksplore beginian ntar kalau punya anak seru ya hehehe

    ReplyDelete
  10. Lucu hasil akhirnya. Bakal banyak koleksi kreasi dong. Bisa juga dibikin jadi album unik anak-anak

    ReplyDelete
  11. Mamak Arkan ada saja idenya ya buat bikin permainan seru bareng anak...aku dulu sering mati gaya akhirnya ngajak main bola..wkwk..seru nih bikin buku sendiriii...

    ReplyDelete