Friday, March 22, 2019

Cara Membuat Mainan dari Kardus Bekas: Puzzle

Sesekali bikin postingan, yang namanya lagi hits itu DIY (Do It Yourself), atau kalau menurutku sih artinya seperti membuat prakarya. Waktu itu, Bapaknya Anak Lanang lagi sering belanja online dan banyak kardus bekas pembungkusnya. Aha! Mendadak ada ide untuk membuat mainan puzzle dari kardus bekas aja, dengan catatan pas lagi nggak males, hihihi. Habis gimana, dari pada capek bikin prakarya, mending nonton oppa-oppa Korea *plak!

Baca juga: 7 Ide Mainan Lego Bersama Balita



Pada awalnya, aku buat pas Anak Lanang tidur. Tapi, belum kelar, eh, Anak Lanang sudah bangun. Hepilah dia melihat ada mainan baru, meski dari kardus bekas, lho #LumayanIritBiayaBeliMainan hihihi. Sejak itu, setiap buat prakarya ya dilihat langsung sama Anak Lanang. Bisa juga, biar dia tahu prosesnya. Meski, agak jadi rempong sih karena kadang dia suka bantuin yang motongin solasi pakai gunting, sabar .... sabar ... subur .... eh.

Di postingan ini, aku mau share DIY mainan puzzle dari kardus aja ya. Menurutku, yang paling mudah dibuat dan mudah dijelaskan lewat tulisan. Aku pilih membuat puzzle alat transportasi karena Anak Lanang lagi suka bingits. Berhubung aku TIDAK BISA MENGGAMBAR (maap lagi emosi jadi bikin capslock jebol, hehehe). Jadi, googling dulu, deh desain sederhana mobil, trek, kapal, dll. 

Yuk! Mulai bikin mainan puzzle bareng-bareng, ya.

Bahan dan alat yang harus disiapkan:
- Kerdus bekas. Sebaiknya kerdus bekas mie instant-dll yang warnanya cokelat itu karena lebih tebal dari pada kerdus bekas seperti susu uht.
- Gunting
- Pensil
- Penghapus pensil
- Spidol

Cara membuatnya:
1. Jelaskan kepada anak kalau akan membuat mainan apa, dari kardus bekas itu, dan bersama-sama.
2. Siapkan bahan dan alat biar praktis.
3. Googling desain dulu. Kalau aku sih, cari gambar yang paling mudah dari mobil, mobil polisi, kereta api, trek, kapal, motor, bis. Tergantung anaknya suka apa sih. Ini semua berdasarkan saran Anak Lanang juga mau bikin apa.
4. Gambar pakai pensil dulu, biar kalau melenceng sedikit bisa dihapus dulu, hehehe.
5. Kalau sudah fix, baru tebalkan dengan spidol hitam.
6. Gunting masing-masing gambar menjadi 2 bagian.

Mainan ini (puzzle 2 buah) cocok buat anak usia 2 tahun lebih karena lebih mudah. Kalau anak sudah cepat menyelesaikan puzzle, bisa tingkatkan dipotong menjadi 3, kemudian bisa menjadi 4. Kayaknya maksimal 4, deh.


Selama ini, sudah pernah membuat mainan dari kerdus itu: jam (karena Anak Lanang lagi suka dengan jam), pritilan mobil (seperti setir+klakson, rem+gas, wiper, spion kanan+kiri, kunci+kontaknya), puzzle alat transpotasi, bisa cek di IG aku @wurinugraeni ya #ModusNambahFollowers hihihi.

9 comments:

  1. Wah mbak wuri ibu yang kreatif ni, kalau aku mah gak telaten, mungkin beli aja kali ya kalau aku mah yang udah jadinya heuheu, kalau bikin kayanya lebih asyik, cuma kalau aku mesti gak rapi hehe..

    ReplyDelete
  2. Ya ampun lucu banget lho hasilnya. Bisa aja deh idenya bikin mainan puzzle dari kardus 😍

    ReplyDelete
  3. Whuaaaa kreatiiip Mamak Wuri, aku jaman dulu to selalu beli kalo puzzle. Mana pernah bikin. Tapi kalo lipat kertas untuk jadi binatang mainan, bikin sendiri. Trus dijadikan kebun binatang. Eh tapi sekarang kok lupa cara bikin harimau dll ya

    ReplyDelete
  4. Kreatif nih si emak, anak lanang pasti suka dan tiba2 tekun ya enggak gerilya kesana-kemari. Bagus nih melatih konsentrasi dan motorik anak juga.

    ReplyDelete
  5. Kreatif banget deh mb Wuri. Aku dulu juga suka bikinin mainan buat Rara, sekarang mana sempeeet *alesan

    ReplyDelete
  6. Mbak wuri kreatif bgt dah... Jd pengen bikin sama keponakanq yg balita

    ReplyDelete
  7. Kreatif banget mba idenya. Hemat jadi ngga perlu beli puzzle 😀

    ReplyDelete
  8. Rajiiin ya Wuri, aku kalo DIY semangat di awal doang, nikin sebiji dua biji terua malea lagi malah intip ol shop kalo ada yg murah mending beli hahaha

    ReplyDelete
  9. Super kreatif, Kakak. Salut. Saya juga ngepos soal DIY setiap Rabu ini 😁 toss kita ...

    ReplyDelete