Monday, August 24, 2020

7 Ide Menulis Setelah Melihat Drakor

Ada yang suka menulis dan suka juga ngedrakor? Nah, justru jadikan drakor itu sumber ide menulis. Bisa banget kok. Jadi jangan baper terus aja, kepoin medsos Oppa Unnie #Ups,ItuSihAku, hahaha. Nih contohnya ya biar jelas:

Tujuh. Menulis review drakor di blog

Kamu tulis aja cerita drakornya itu tentang apa sih, tapi jangan terlalu detail, misal sampai pembaca tahu ending-nya gimana #Minta dicubit pakai sumpit itu, hahaha. Kalau pun harus cerita ending-nya, ya di bagian awal harus ditulis “awas spoiler!” biar yang anti-spoiler-club kayak aku gini itu nggak bakal lanjut baca kalau belum kelar nontonnya.


Enam. KASIH REKOMENDASRI DRAKOR

Pembaca itu suka judul yang ada angkanya. Contohnya, postinganku sebelumnya yang ini:

10 Rekomendasi DrakorBuat Hiburan Pas Jenuh Menulis

Itu kan ada angka 10. Kamu juga bisa buat:

5 Drakor yang Bikin Baper Abis

7 Drakor yang Couple Goals Banget

10 Aktor Drakor yang Bisa Bikin Halu

Hehehe, seperti itu lah.

 

Lima. IDE MENULIS FIKSI

Cerita di drakor itu kan (mayoritas kayaknya ya) tergolong fiksi. Nah, buat kamu yang hobi membaca dan menulis naskah fiksi, bisa banget tuh jadikan drakor sebagai sumber ide membuat novel. Misalnya, habis nonton drakor CLOY itu kan kayak romeo dan juliet yang cinta terhalang sesuatu. Aha! Bisa tuh bikin fiksi cinta 2 tokoh terhalang jengkol, misalnya tokoh cowok hobi makan jengkol, sementara tokoh cewek anti-jengkol, hehehe.

 

FOTO: CLOY asli dan CLOY KW, hehehe

 

Empat. Bagi tips ngedrakor

Misalnya:

- Tips kuat menahan kepo biar nggak nonton drakornya begadang terus

- Tips nggak ngiler lihat adegan makan di drakor

- Tips mudah membedakan tokoh cowok yang kok rasanya miripi semua ya? hahaha.

 

Tiga. CERITAKAN BUDAYA

Misalnya:

- Ceritakan pakaian yang kekinian di Korea yang bisa dilihat dari drakor, atau cerita pakaian tradisional karena ada drakor yang seting tahun-tahun sebelumnya

- Ceritakan kuliner yang muncul di drakor tersebut

- Ceritakan kebiasaan yang bisa dilihat di drakor, seperti kalau makan pakai sumpit #hallah!

 

Dua. CERITA SEPUTAR BAHASA

Kamu tertarik dengan bahasa Korea gara-gara hobi nonton drakor? Ya bisa jadi ide menulis. Misalnya:

- Tulis di blog seputar bagaimana kamu belajar otodidak akhirnya bisa ngomong sedikit-sedikit lah bahasa Korea

- Bisa nulis juga apa bedanya oppa, hyung, dll

- Nulis nama-nama aktor yang tertulis di hatimu, eaaa...

 

Satu. BEHIND THE SCENE

Kamu bisa nulis seputar di luar drakornya. Misalnya, aktor A itu hobi ngupil, aktris B itu suka tidur di lokasi syuting sambil mulutnya terbuka alias mangap tapi tetep syantik, atau cerita di balik layar dari drakor.

 

INTINYA, kamu harus terbiasa menjadikan hampir setiap aktivitas, termasuk nonton drakor, itu bisa jadi SUMBER IDE MENULIS kok. Jadi, kelar nonton drakor itu jangan baper aja, tapi kira-kira ide menulis apa nih yang didapatkan? Cari! Cari idenya! Bukan cari medsosnya! Hahaha.


10 comments:

  1. Hihihi tau aja abis nonton drakor langsung cari medsosnya dan bedain pemain cowo khususnya susah yaaa mirip-mirip termasuk namanya.

    ReplyDelete
  2. Hehehe, aku gapernah nonton drakor mbak..btw duluuuuuu ikutin all about eve. Sampe pinjem CD nya dari awal sampe tuntas. Geregetan emang crita drakor nih ya.jadi ide nulis pasti... Jadi kepooo

    ReplyDelete
  3. Tips mudah membedakan aktor korea itu penting mbak coba deh dirimu bikin soalnya buatku mereka semua sama. Asli susah buatku mengingat nama mereka apalagi hapal wajahnya

    ReplyDelete
  4. Nah..bagus nih buat yg suka ngedrakor. Ntar klo aku sudah suka ngedrakor mau Makai tips ini juga aah..

    ReplyDelete
  5. aku suka bikin tulisan inspiratif semacam quotes gitu. terus aku sukanya kalo drakornya bertema kesehatan dan klinis. Suka terharu aja gitu mbak, karena inget gimana beratnya kuliah kesehatan.

    ReplyDelete
  6. Duh, udah lama nggak nge-drakor setelah anak SFH. Penasaran sama It's Okay Not To Be Okay. Kayaknya akan banyak ide dari sana mengingat mental health sedang banyak diperhatikan.

    ReplyDelete
  7. Aku masih sebatas suka nonton tapi belum bisa menulis, entah itu review atau tips lainnya hahaaa. .. Mau menikmati nonton drakor nya aja

    ReplyDelete
  8. Aku bukan penonton drakor, tapi masih bisa praktekkan ide tulisan untuk film-film laga Hollywood nih. Asiikk dapat insight dari artikel ini.

    ReplyDelete
  9. Jangan sampai spoiler karena saking excitednya ya Wuri, kalau pas ngereview drakor. Noted tipsnya nih, kupakai besok kalau mo review

    ReplyDelete
  10. Aku bangeg nih mbaaa jadi banyak dapet tips darimu nih. Ak biasanya nulis reviewnya doang. Sekarang makin banyak referensi darimu nih.

    ReplyDelete