Thursday, September 20, 2018

5 Cara Mudah Mencari Inspirasi Menulis

Yuhuiiiii, masih ada yang menunggu tips menulis dari “MomCopywriter ala-ala” ini? Alhamdulillah kalo masih ada yang kena sihir biar mantengin tulisan ini terus *sembur pelet pembaca-blog. Oh ya, salah satu pertanyaan yang sering datang buatku itu, “Pengen nulis, tapi nggak tahu mau nulis apa.” Eit, ide menulis itu ada di sekitar kok. Kamu tinggal mengasah biar peka menangkap idenya. Berhubung aku orang yang nggak sombong (karena nggak punya apa-apa buat disombongin sih, huhuhu), nih kukasih bocoran di mana kamu bisa tangkep ide.

Mencari Inspirasi Menulis


Satu, males nulis tapi malah FB-an. 
Ada yang seperti itu? Bagoooos! Eit, jangan bete dulu. Tapi jadikan “rasa malas” tadi untuk mencari ide nulis. Pas males nulis tapi malah asyik FBan, terus kamu seru banget baca-baca status teman, coba pilih satu atau beberapa status teman sebagai ide nulis.
Contoh: ada emak-emak curhat di status soal anaknya yang GTM alias susah makan. Itu ide datang sendiri, lho, yaitu: tips menghadapi anak GTM berdasarkan pengalaman pribadi.

Dua, miliki hobi menguping.
Waduh, kok disuruh jadi orang yang kepo sama kehidupan orang lain? Tenang, nggak kok. Justru dari menguping itu bisa mendatangkan ide. Asal, isi pembicaraan mereka itu jadi tulisan aja, bukan disebarkan jadi gosip, ya.
Contoh: lagi jemput anak sekolah tapi ternyata kecepetan dan harus nunggu, terus ada ibu-ibu di sebelah kamu yang lagi gosipin salah satu guru di sekolah tadi. Nah, itu ide datang sendiri, yaitu: menulis novel tentang kehidupan guru yang nyebelin.

Tiga, sejarahkan hari apes.
Setiap orang, pasti punya masa-masa yang kayaknya apes melulu. Dari pada cuma bete karena kejadian apes tersebut, kenapa tidak dijadikan ide menulis?
Contoh kejadian apes itu: mau bayar goj*k secara cash tapi pas sampai tujuan baru nyadar kalau nggak bawa dompet, akhirnya kenalan dan berjodoh, hohoho. Awalnya apes, tapi ada hikmah di balik semua itu, taelaaah.

Empat, “selfie” lewat tulisan.
Kalau selfie itu akan foto diri sendiri. Bangun tidur, selfie dulu. Mau makan, jepret makanannya dulu. Pas masak dan hasilnya gosong, ya nggak di-upload #PengalamanPribadi, hihihi. Nah, kalau “selfie” lewat tulisan itu tulis apa aja yang sudah kamu lalui dan bermanfaat bagi orang lain.
Misalnya nih, aku sempat nulis pengalaman pribadi selama menyapih anak seperti ini:

Baca: 7 Cara Menyapih Anak dari Pengalaman Sendiri 

Lima, rajin cek yang viral.
Hari gini, sesuatu yang viral itu pasti menarik banyak perhatian. Nah, kamu itu bisa jadi ide nulis, lho.
Contoh: kemarin viral uang 100ribu di mata emak-emak. Itu sudah dapat ide nulis, seperti: 5 tempat belanja yang murah bingits di daerah A.

Oke, silahkan coba mencari ide dari 5 tempat di atas, ya. Itu buat mengasah kepekaan juga. Nanti lama-lama bisa merasa ide kok datang sendiri, ya. Terus, pas ide sudah datang, buruan dicatat, di HP atau di agenda, atau di mana pun asal jangan di uang kertas, sayang duitnya euy #MataIjo hehehe. Nanti ada waktunya sendiri buat mengembangkan ide jadi tulisan. Jadi, ide harus dikembangkan, ya, jangan bodi aja yang terus mengembang *minta dikeplak.

8 comments:

  1. hehhehe.. mantap betul tipsnya. terimakasih ya sumbangan idenya :)

    ReplyDelete
  2. Siiip...ikut nyatet tips2 nya ah.. thx Wuri.. 😘😘

    ReplyDelete
  3. Hari apes itu jadi sesuatu yang menarik buat dibaca yaa 😂😂 aku sampai diprotes temenku pas urun cerita di AKD. Sekian banyak kisah indah kita kenapa kamu pilih cerita tentang kutuan. Yaah kalo indah2 mah orang males bacanya hahaha.

    ReplyDelete
  4. Wah setuju nih dengan idenya, bisa dicoba dikala males menulis artikel :)

    ReplyDelete
  5. Tulisanku yg hasil pengalaman konyol malah lebib laku di mana-mana. Tapi ya tapiiiii,,, masa biar tulisan bagus mesti ngalaman kejadian2 konyol terus sih. Antara bahagia & sengsara. Hahahaha

    ReplyDelete
  6. Asikkk ide betebaran ya Bun ide di muka bumi. Asal pinter ambik celah trus diaplikasikan jadi deh tulisan.

    ReplyDelete
  7. Ide datang dari mana saja yaa asal rajin pasang kuping hihi

    ReplyDelete
  8. Hihihi jadi malu, aku kalo di FB gampang cari ide, nulisnya mengalir, tapi kalo di blog kenapa ya jadi lamaaaaaa banget, mentok

    ReplyDelete