Tuesday, April 5, 2016

101 Tips Jika Ingin Menjadi Blogger Profesional

Postingan ini dalam rangka hasil oleh-oleh dari acara Fun Blogging #9 Semarang lalu. Biasanya yang namanya oleh-oleh itu memang berupa makanan khas, souvenir lokal, atau foto narsis, eh. Tapi, kalau blogger tentu oleh-olehnya berupa postingan. Apalagi tulisannya gratis dibaca semua orang dan kapan saja, lho. Kamu doyan gratisan, kan? *tos. Kebetulan juga, kemarin ada yang bagi-bagi kartu perdana IM3 Ooredoo yang sekarang lagi promo bonus 10 GB *radar gratisku langsung detect. Sekalian saja mencoba jaringan 4G di rumahku yang dikelilingi sungai dan bukit. Sssttt! Iya memang mirip rumah kartun Ninja Hattori, hiks.

tips blogging
Oleh-oleh ala Blogger itu bukan kuliner khas, souvenir setempat, atau foto narsis, tapi berupa posting.
Menurutku, internet itu bermanfaat bingits. Gara-gara ada koneksi internet, aku jadi dapat info workshop blogging yang kece. Coba bayangkan, aku tinggal di Semarang, banyak menghabiskan waktu di dalam rumah karena bekerja online sekaligus mengurusi Baby A, tapi kok bisa tahu bakal ada workshop kece yang diisi 3 blogger kondang dari Jakarta? Tentu saja bukan karena ada dukun yang kasih informasi ke aku. Bukan pula 3 blogger tadi membuat brosur, lalu melipatnya menjadi pesawat, terus melemparkan ke arah Semarang. Oalah, hari gini, lho. Ya pasti menggunakan internet.

Sekitar dua bulan sebelum hari H, mereka cukup share informasi yang isinya akan mengadakan pelatihan ngeblog di kota lumpia. Jangan-jangan, sewaktu mereka publish informasi workshop itu sebenarnya sambil goler-goler di kasur, hihihi. Nah, berhubung aku lagi tajir kuota, hehehe, cap cus deh berbagi ilmu dari 3 blogger hits bingits irits, ups, yang terakhir itu enggak kok *takut ditendang dari komunitas.

Agar bisa ngeblog memang membutuhkan koneksi internet. Tapi, yang paling bermanfaat dari blog adalah mendorong blogger belajar menulis. Makanya, Mbak Haya Aliya Zaki kasih bocoran soal membuat konten yang bikin visitor klepek-klepek, hallah!

tips blogging
Mbak Haya sedang cuap-cuap soal konten.
1. Konten di blog justru menjadi fokus para pembaca. Jika isi posting menarik, maka bisa meningkatkan jumlah visitor blog hingga memiliki pembaca setia pula. Siapa tahu, salah satu dari pembaca setia kamu itu potensial menjadi calon pasangan abadi *wink.

2. Pengin blog kamu ngehits? Biasanya para pembaca setia tadi bakal masukin URL blog kamu di blogroll-nya, tanpa perlu kamu minta sambil pamerin celurit. Makanya, balik lagi harus bikin konten yang ciamik.

3. Pembaca itu butuh foto, konten, dan informasi. Jadi, blogger harus punya skills menulis dan ditunjang networking yang luas. Kirain pembaca juga butuh foto narsisku *buru-buru copot header fotoku, duh

4. Ibaratnya nih, konten adalah raja sedangkan promosi menjadi ratunya. Lha terus yang jadi anak raja-ratu siapa? haish!

5. Jangan lupa, bangun engagement dengan pembaca. Tulis sesuatu yang bermanfaat seperti tips, tutorial, dll. Asal jangan kasih tips nyomot jemuran tetangga, ya. 

6. Pelajari teknik penulisan yang benar agar menjadi blogger processor, eh, profesional.

7.Satu paragraf maximal 9 baris saja. Coba bandingkan dua tulisan di bawah ini. Lebih enak membaca yang mana?
tips blogging
Kalau jawaban kamu yang kiri, mending nulis buat diary ajah, jangan ngeblog #galaknya.
8. Harus sesuai dengan EYD. Tahu enggak, kalau menulis sesuai EYD (ada huruf besar, huruf kecil, tanda baca tepat, dll) itu bisa meningkatkan keterbacaan, lho. Cek EYD bisa via online kok. Makanya, jangan habisin kuota cuma memantau timeline gebetan. Sesekali internet juga buat cari ilmu, yes?

9. Tanda baca ... (titik tiga) hanya untuk kalimat menggantung atau terbata-bata. Misalnya:
Aku... tadi... pergi... ke... pasar... naik... becak... online... <= tetot! salah.
Aku... Aku bingung. <= kalimat terbata-bata.
Aku ingin naik becak online, tapi... <= kalimat menggantung.

10. Tanda tanya hanya untuk kalimat pertanyaan. Contoh:
Kamu pergi naik apa?
Tadi naik becak pangkalan atau becak online?

11. Tanda seru hanya untuk kalimat perintah dan bernada marah, atau memberi semangat.
Kamu pergi saja! <= kalimat perintah dan bernada marah.
Kamu pasti bisa! <= kalimat memberi semangat.

12. Kenali kapan pakai huruf besar dan kapan huruf kecil
Aku Tadi Pergi Ke Pasar Naik Becak Online. <= tetot! salah.
Aku tadi pergi ke pasar naik becak online. <= iyes! benar.

13. Penulisan di
di + kata kerja = disambung, seperti digendong, dimakan, digigit. 
di + kata benda atau tempat = dipisah, seperti di Maldives, di piring, di sana.

14. Cara mengutip web lain adalah: Nama (namanya dibalik). Tahun. Judul posting. Judul blog. Diakses tanggal. Link. 
Contoh: Nugraeni, Wuri. 2016. Menu MPASI Bayi 6 Bulan. Tips Hepi Semua. Diakses tanggal 1 April 2016. http://www.wurinugraeni.com/2016/03/menu-mpasi-bayi-6-bulan.html
*sekalian promo posting lainnya, hihihi.

15. Konten blog juga harus 5W+1H. Katanya blogger sama dengan wartawan, jadi ilmu-dasar-jurnalistik-yang-nempel-abadi-di-otak-wartawan (5W 1H) tadi ya dipakai. 

16. Jangan copas, kecuali blog kamu mau di-banned google kapan saja. 

17. Harus suka membaca. Tidak termasuk membaca buku tabungan yang isinya angka-angka aja.

18. Ada “Disclosure” sebagai informasi kalau blognya terbuka review produk dengan catatan tertentu sesuai aturan blogger itu sendiri. 
tips blogging
Berhubung blogku belum ada disclosure, jadi kamu bisa intip versi Mbak Haya di http://www.hayaaliyazaki.com/p/kontak.html ya:

19. Klout sekitar 60 sudah cukup bagus sebagai patokan sejauh mana interaksi kamu dengan followers. Beberapa agensi/brand justru mencari klout yang tinggi daripada jumlah followers. Yuk! Berkicau! Ngetweet terus! Sampai jempol kapalan. 

20. Kamu bisa membuat konten yang menghibur, atau isinya berbagi, atau hal-hal aktual, atau berisi tutorial, hingga yang isinya memecahkan masalah. Nah, kalau blog-ku ini termasuk yang mana, ya? Jangan-jangan justru menambah masalah, huehehehe. 

21. Jujur karena rasa percaya dari pembaca adalah hal penting. Kalau habis pakai produk kosmetik A, lalu kamu jerawatan, jangan menulis kalau mendadak wajahnya jadi kinclong. Nanti pas kopdar, teman-teman blogger enggak mengenali wajahmu.

22. Menulis hal yang disukai. Misalnya, kamu suka masak, bisa menulis soal dunia kuliner. Jangan tiba-tiba menulis soal oli, knalpot, ban, kecuali bisa dihubungkan dengan dunia perdapuran, eh, memang bisa ya?

23. Ide unik. Mak Haya bercerita waktu mengikuti lomba blog kosmetik, ternyata banyak peserta yang menulis soal khasiat kosmetiknya, tapi Mak Haya justru tentang pentingnya minum air putih untuk kecantikan. Uniek, ya, idenya? eh.

24. Riset. Misalnya, kamu ingin menulis produk telekomunikasi, maka kamu bisa riset soal jumlah pengguna, perkembangannya, kalau perlu daftar nama pengawainya, hihihi. 

25. Ingat pesan kunci. Jadi jangan ingat wajah gebetan melulu. 
tips blogging
Contoh kata kuncinya: Tempat wisata alam Gunung Bromo yang eksotis dan wajib dikunjungi.
26. Hindari kalimat klise atau sering digunakan banyak orang. Bosen, tau!

27. Lebih baik menggunakan kalimat aktif, soalnya pembaca memang cenderung suka kalimat aktif daripada pasif. Jadi, enggak hanya aktif mendekati gebetan, lho, ya. 

28. Kalimatnya pendek-pendek saja. Boleh sih kasih selingan kalimat panjang, tapi jarang, dan maksimal 14 kata per kalimat. Kalau yang panjang, biarkan kereta api saja.

29. Sederhana. Enggak cuma gaya hidup yang wajib sederhana (baca: ngirit), tulisan juga harus simple. 

30. Perhatikan logika. Makanya, jangan pernah menulis kalau baru sekali pakai kosmetik A ternyata bikin wajah langsung seputih sapi. Nanti enggak bisa membedakan antara kamu dengan sapi, lho.

31. Kaya diksi. Contoh, ingin menulis tersenyum bisa menggunakan kata menyunggingkan senyum, menarik dua sudut bibir, mengulas senyum, dll.

32. Pertajam indra. Jangan pertajam indera kalau ada gratisan saja.

tips blogging
Coba tebak, ini mata siapa?
33. Untuk artikel softselling, bisa melempar pertanyaan pembuka. Contohnya: Emak pasti pengin ada mesin ajaib yang bisa setrika? 

34. Masih untuk artikel softselling, pakai kalimat persuasif. Isinya jangan memberikan janji. Contoh yang tidak boleh: pakai parfum A dijamin gebetan langung naksir <= hardselling. 

35. Sharing pengalaman. Tulis berdasarkan pengalaman pribadi selama menggunakan produk tersebut, enggak perlu berbohong karena dosa, hehehe.  

36. Jujur kalau monetisasi. Pembaca enggak masalah kalau postingan kamu karena dibayar. Yang penting, kamu jujur memberikan testimoni. Jangan lupa, traktir aku ya kalo kompensasinya sudah cair #modus.

37. Jangan sebut brand berulang-ulang. Ini konten blog, bukan mantra yang harus diucap berulang-ulang kok. 

38. Bangun percakapan dengan pembaca. Contohnya, kalau kamu cari produk telekomunikasi yang seperti apa? Tujuannya memancing pembaca untuk berkomentar. Tapi jangan memaksa pembaca berkomentar sampai kamu pasang icon celurit, ya. 

39. Posting harus sesuai dengan brief klien. Mulai temanya, kata kunci, nama produk, dll. Kalau enggak nurut sama klien, nanti kompensasinya enggak cair, lho, hehe.  

40. Tidak harus posting berbayar. Jadi, menulis di blog itu enggak harus menunggu ada yang membayar, lho. Buktinya, aku kemarin posting soal resep MPASI yang bermanfaat bagi ibu-ibu di luar angkasa sana.

Selain soal konten, hadirnya internet membuat blogger harus belajar lay out blog hingga SEO agar tulisannya mudah dicari banyak orang. Kalau soal yang satu ini, Mbak Shinta Ries emang jagonya dan kasih tips praktis.

tips blogging
Mbak Shinta gantian koar-koar soal layout dan SEO.
41. Untuk layout, konten berada di kiri sedangkan sidebar terletak di kanan. Soalnya mayoritas orang membaca itu dari kiri ke kanan. Kecuali arek Ngalam (baca: Malang), kali ya, yang punya bahasa slank kalau membaca malah terbalik, hehehe.

42. Ukuran header atau image jangan besar. Cukup maksimal 200 px. Yang masih narsis pajang foto sebesar lapangan bola di header, please deh, bisa bikin visitor buru-buru kabur dari blog kamu. 

43. Warna putih mendominasi sekitar 70% blog agar terlihat clean dan minimalist. Jangan wajah aja yang diputihin. 

44. Tanpa pop up, tanpa musik, menggunakan jenis font yang biasa. Coba bandingkan dua font berikut ini:
tips blogging
Kalau yang pertama mudah dibaca, kan? Nah, kalau yang kedua? *sodorin kaca pembesar dulu.
45. Harus ada kontak dan media sosial. Kalau nomor RT/RW rumah kamu enggak usah, deh.   

46. Share di google plus agar postingan kamu terindex oleh google. Bisa share di komunitas blogger, grup menulis, genk arisan, ups

47. Maksimalkan google search a.k.a SEO sekaligus untuk alat personal branding. Kamu pengen dikenal sebagai blogger apa? Blogger penulis travelling? Atau blogger-lupa-password? eh.

48.Jika postingan kamu ada di halaman pertama mesin pencarian google, bisa membuat lalu lintas blog kamu stabil. Artinya, blog kamu sudah tepat sasaran sehingga DA dan Alexa stabil tanpa harus sering posting dan share link posting. Ajib, kan? Enggak perlu sewa dukun juga bisa, kok. 

49. Kalau Mak Shinta sendiri konsisten ngeblog sekitar 2-3 tahun kemudian baru bisa membuat DA dan Alexa stabil. Buat kamu yang sudah punya blog lebih dari 5 tahun tapi isinya sarang laba-laba, buruan gih update rutin.

50. Pantau google analytic agar tahu pengunjung datang dari mana saja (dari facebook, google, dll), bisa dengan mengoptimasi keyword , dan jumlah pengunjung. Tapi ya enggak harus setiap hari melototin google analytic. 

51. Pastikan kalau blog kamu ada widget favorit post-nya. Tuh, seperti di blog ini ada list popular post di sebelah kanan. Jangan lupa klik artikelnya juga, ya #modus.
tips blogging
Popular post di blog ini.
52. Webmaster. Agar posting kamu cepat terindex, bisa masukkan peta, serta statistik blog. Jujur, yang bagian ini aku belum paham betul, ampuuun. Maklum, Mbak Shinta menjelaskan poin ini pas jam tidur siangku, hehe. 

53. Biar terindex google, buat konten minimal 1285 kata atau 1200 kata *siapin jari keriting gara-gara menulis sampai seribuan kata.

54.Pastikan kalau judul dan isi harus sama. Jangan sampai, judulnya “Tips Sukses Menyuapi Bayi” Tapi isinya sodorin duit ke bayi. Hedeh! Si bayi belum mengerti uang.

55. Ada internal link. Seperti yang aku lakukan di poin 40, tuh *scroll ke atas.

56. Ada external link (tapi maksimal 2/3 link). Eksternal link ke DA yang bagus, seperti wikipedia. Lebih bagus lagi link ke blog aku ini *minta ditimpuk.

57. Sertakan kata kunci di image dan fotonya max 100 kb saja. Jangan jadikan blog kamu sebagai ajang narsis yang enggak ketulungan.

58. Jangan lupa isi meta data blog kamu. Meta description untuk blogspot terletak di: text - setting - search preference - lalu klik enable dan isi kotaknya.

59. Maximal menggunakan 3 kata kunci. Jangan terlalu banyak kata kunci karena bikin pusing pala visitor pas membaca.

60. Bisa upload video, tapi sifatnya optional kok. Boleh i-yes, boleh e-no.  

61. Update rutin, ya. Misal: seminggu sekali, atau sebulan sekali seperti blog ini, ups, jangan ditiru, hihihi. 

62. Buat pembaca betah lama-lama mengunjungi blog kamu dengan perbanyak foto dan atau video. Asal bukan foto sintesis #hallah

63. Bikin konten berseri bisa bikin pembaca datang lagi. Seperti yang aku lakukan saat berkunjung ke Belitung dan menuliskan 5 seri, salah satunya ini.

64. Aktifkan mobile site agar blog kamu ringan ketika dibuka di handphone. Jadi bukan bodi aja yang harus ringan (baca: langsing), tapi blog juga, lho.  

65. Masukkan kata kunci di URL posting. Buat palform blogger, bisa ganti URL seperti gambar di bawah ini:
tips blogging
Untuk ganti URL di blogspot ada di sebelah kanan.

66. Dapatkan Backlink dengan Dummy blog atau punya lebih dari 1 blog alias ternak blog. Siap posting di banyak blog? *aku mundur teratur.

67. Backlink dari blog teman. Monggo yang mau kasih backlink ke blog aku #kode.

68. Backlink dengan mengadakan give away. Nah, kamu siapin hadiah, terus syarat ikut give away itu backlink ke blog kamu. Hadiahnya enggak harus motor, kulkas, atau rumah, kok.

69. Pilih komentar Name/URL saat blogwalking. Nah, nanti habis membaca artikel ini langsung praktik poin ke 69 ini. Ditunggu komentarnya, ya. 

70. Jangan lupa, share link postingan kamu di berbagai media sosial, seperti facebook, twitter, instagram, dll. Pastikan kalau media sosial kamu jangan digembok, ya. Nanti kalau kamu lupa menaruh kuncinya, terus susah membukanya lagi, eh.

Oh ya, gara-gara internet dan kerajinan ngeblog, ternyata juga bisa mendatangkan materi, lho *langsung matanya hijau. Sebenarnya pas sesi Teh Ani, aku sudah pulang gegara Baby A enggak ada yang jaga (ganti shift sama bapaknya-yang-ada-liputan). Tapi dengan kekuatan bulan #Ala Sailormoon, akhirnya aku bisa membaca file presentasinya Teh Ani, makasih *kecup yang kirim email dari tim Fun Blogging. Pengin tahu tips monetisasi blog ala Ani Berta? Ceki aja poin-poin pentingnya di bawah ini.

71. Media sosial bukan hanya buat cari downline, eh, tapi bisa untuk networking, media berbagi, hingga mencari ilmu. 

72. Blog dot com ato gratisan? Banyak agensi/brand yang lebih milih blog domain sendiri. Tenang, nanti duit beli domain bakal balik modal, malah bisa lebih *aamiiiiin.

73. Mau optimasi blog? Blog harus berusia lebih dari 3 bulan, lebih dari 20 posting, terindex google, konten menarik, no pornografi, dan pasang google analitic. Duh, yang terakhir belum aku lakukan *tutup wajah pakai popok.

74. Yang harus dilakukan blogger untuk mendapatkan job adalah konsisten update, konten menarik, blogwalking dan meninggalkan komentar, optimasi seo, ikut komunitas, membangun personal branding. Weleh, kok banyak banget, ya *plak!

75. Beberapa peluang mendapatkan materi dari blog blog adalah review produk atau jasa, launching, giva away, kampanye elektabilitas tokoh, ghost writer, banner affiliation, adsense. Wow, banyak banget! Semoga aku bisa mengambil semuanya #Kemaruk. 

76. Keunggulan promosi di blog itu sebenarnya karena berdasarkan pengalaman, tulisannya berbentuk esai, ada pendapat pribadi, link posting akan menyebar, hingga interaksi dengan pembaca. Konsumen ada yang lebih percaya kepada testimoni blogger daripada iklan hardselling. Padahal yang benar harusnya percaya sama Tuhan, ya, hehehe. 

77. Review itu ada 3, yaitu: 
78. Hardselling adalah iklan secara terang-terangan dengan menyebutkan brand dan keunggulan. Selain itu, disertai testinomi pula. 

79. Softselling adalah esai atau opini pribadi yang berkaitan dengan advertiser, lalu memberikan link ke web advertisier. 

80. Gabungan, yang biasa ada materi promosi di awal atau akhir. 

81. Bahan menulis review berasal dari product knowledge, mencoba, referensi, hingga job brief. Baiknya padukan semua sumber untuk menghasilkan tulisan yang menarik. Ibaratnya kayak memasak sop, masukin wortel, kol, ayam, daun bawang, seledri, kentang *langsung krucuk-krucuk.

82. Cara mendapatkan job bagi blogger adalah hunting di situs advertiser dan blogger, bergabung di komunitas blog, update rutin, datang di event gathering, hingga update hal aktual seperti menulis Uttaran, hehe.

83. Cara memilih job adalah pilih advertiser yang dapat dipercaya, ada MoU, pahami hak dan kewajiban kedua belah pihak, masih relevan dengan tema blog, serta perhatikan kode etik. Oalah, gitu toh, selama ini aku asal terima, yes yes yes aja, yang penting duitnya cair, hihihi.

84. Buat konten yang sesuai dengan personal branding. Caranya menulis konten yang sesuai dengan minat pribadi, gaya hidup sehari-hari, hingga hobi. Lha kalau hobinya molor, terus mau menulis apa?

85. Bangun personal branding dengan menggunakan nama yang sama di semua media sosial. Seperti punyaku ini:
tips blogging
FB, twitter, IG namanya sama yaitu Wuri Nugraeni. Difollow, yak!
86. Beberapa contoh advertiser adalah idBlognetwork, sociabuzz, freelancer.co.id, dan masih banyak banyak banyak banyak banyak banyak banget lagi <= saking banyaknya, tuh. 

87. Ingin optimasi twitter? Pastikan kalau punya minimal 500 followers, update, aktif interaksi dengan followers, kuis, mengadakan kultwit. Jangan berkicau soal galau melulu, ya.

88. Optimasi facebook dengan update status bermutu dan membalas komentar. Ingin cintamu dibalas? Ya harus belajar rajin membalas komentar teman #hallah.

89. Optimasi facebook juga bisa dengan membuat status yang secara tidak langsung mengajak diskusi friendlists agar memancing banyak komentar. Tapi, jangan pasang status yang membuat “perang” ya. Nanti jempol kamu keriting, lho. 

90. Bahan buzzing di twitter itu meliputi konten liputan, brief, press release, paparan dari narasumber saat datang di event, hingga testimoni. Pas di event, rajin live tweet aja, walau tidak ada hadiahnya, setidaknya bisa mendorong twitter kamu aktif, kan? Paling jempol aja yang kaku seharian, hehe.

91. Pastikan kalau bahasa buzz kamu harus personal. Jadi, seolah-olah kamu memberi informasi kepada followers soal produk/jasa/event/tokoh/gebetan, eh

92.Ingin jadi buzzer? Bangun interaksi dengan followers sekarang dan seterusnya. Ya enggak harus 24 jam jempolnya nge-tweet. Minimal setiap hari ada interaksi dengan followers #Self reminder juga. 

93.Cara jadi buzer berikutnya adalah follow twitter penyelenggara dan live tweet di event tanpa diminta. Hayo ngaku? Siapa yang habis event langsung unfollow twitter penyelenggara?

94. Akun twitter-nya jangan 4L4Y, ya. 

95. Tulis akun twitter kamu di kartu nama. Kira-kira siapa yang mau kartu namaku? Hehe. Penting, lho.

96. Follow akun twitter yang followernya banyak, sesekali mention, siapa tahu di-RT. Makanya, bikin tweet yang informatif agar di-RT dan di-RW, haish.

97. Sesekali berinterakhir dengan followers atau brand yang disukai. Oh gitu, ya. Oke, deh, aku akan follow dan mention produk sehari-hari kayak popok sekali pakai, toko mainan bayi, brand produk mandi bayi, brand alat pelangsing, ups.  

98. Setelah dapat job harus keep in tocuh dan blog tetap update. Siapa tahu, besok-besok ditawari job lagi. Asal jangan lupa colek aku, ya, huehehehehe.

99. Sedekah setelah uang mencair. Ah, Teh Ani bikin “adem” hati aja. 

100. Usahakan isi posting iklan kamu hanya 30% saja, ya. Males juga visitor datang ke blog kamu lagi kalau isinya dagangan melulu. Itu blog atau supermarket?  

Eh, tipsnya masih kurang satu ya? Soalnya tips yang terakhir itu dariku. Sebenarnya kalau tips yang sederhana tapi paling penting dari pada 100 tips di atas. Mau tahu? Ini dia:

101.Punya blog dan akun media sosial

Lha, gimana bisa praktik semua tips di atas kalau kamu enggak punya blog dan akun media sosial? *minta digetok. Pokoknya, internet membuatku hepi walau banyak di dalam rumah. Salah satunya hepi bisa berkenalan online dan akhirnya tatap muka dengan 3 blogger ngetop seantero agensi/brand, hehehe.

tips ngeblog
Mbak Haya, aku *lupa tutupin perut, Mbak Shinta, Teh Ani.
Wow, rekor nih aku bisa menulis sepanjang ini. Padahal aku bikin draft posting ini sampai dua minggu, lho. Habis gimana, akses 4G emang kece badai bikin aku tergiur membuka youtube melulu. Biasanya cari informasi soal tutorial ngeblog dan perawatan bayi. Rekor juga nih aku pajang banyak foto di satu posting, tanpa ada fotoku yang close-up pula *takut ditimpuk. Asyik ya kalau internet lancar bikin semangat ngeblog sampai betah lama di depan komputer, entah menulis atau edit foto. Terkadang saat enak-enak di depan laptop, ada telepon dari saudara yang tinggalnya jauh buat ngajak nggosip, eh. Maklum, paket Freedom Combo bikin gratis telepon dan SMS sepuasnya ke sesama Indosat.

Iya, aku memang pasang kartu Indosat Ooreedoo di handphone terus buat tethering. Dan herannya nih, suami biasanya di rumah itu enggan pakai wifi yang lama dan lebih memilih pakai koneksi dari provider di ponselnya karena lebih cepat. Tapi sekarang sampai rumah ya langsung cari wifi rumah karena sudah 4G. Kok enggak cari istrinya dulu, ya? Huhuhu... Jadi, wifi-nya buat laptop, handphone aku, handphone suami, kadang tablet juga. Walau banyak gadget yang pakai wifi, enggak pengaruh di kecepatan. Mantap! Untung Baby A belum punya handphone nih, hihihi.

Pokoknya, internet membuat aku tahu apa yang terjadi di masa lampau, atau yang tengah terjadi di belahan dunia lain, hingga yang akan berlangsung seperti infomasi workshop blogging. Sayangnya, internet belum bisa kasih jawaban kapan aku hamil adiknya Baby A *langsung inget biaya persalinan kemarin.

34 comments:

  1. duh ya Alloh...detail banget oleh2 funbloggingnyaaaaa...kereeen lah Mbak Wuri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mindahin coretan biar ndak ilang kalo lupa tipsnya hehe

      Delete
  2. Dari 101 tips di atas, ini yang saya highlight sebagai bahan komentar. Hehehehe...

    1. Klout score saya mbuh piro, gak berani nginguk. Terakhir kali lihat ya pas bikin akun Klout pulang dari ikut FB 9 itu, skornya 39. Alamak!

    2. Kartu namanya keren, Mbak. Mau dong dipesenin kaya gitu. Dulu udah rancang-rancang di pikiran mau bikin kartu nama, terus di kolom pekerjaan ta tulis: Blogger. Keren gak ya? :D

    3. Soal banyak blog, saya juga mending fokus dulu ke satu. Rajin update, dapet branding ini blog apa, baru deh kalo sudah established bikin yang baru. Nggak langsung miara katakanlah 10 blog sekaligus dalam satu tempo. Teyol.

    Salam kenal, Mbak.

    ReplyDelete
  3. kuomplitttt...
    bakal jadi kamusku buat belajar..nih..link ya ini
    makasih mbak wuri...

    ReplyDelete
  4. Waaa....tipsnya buanyaaak.. *buru2ambilcatetan...
    Semoga sukses ya Wuri, salam sayang utk Baby A :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering nengok blog ini aja, mbak, hohoho

      Delete
  5. Wow... panjaaaaaaannngggg..... tapi ndaging banget infonya. Makasih ya

    ReplyDelete
  6. Hmm.... banyak banget ya tugas blogger itu.

    ReplyDelete
  7. super duper kompliiiiit ^_^ mbak, izin daku print yak buat belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah print, sering datang aja ke blog ini, hihihi

      Delete
  8. Ya ampuun beneran 101, kirain cuma kiasan doang hehehee

    ReplyDelete
  9. wah banyak wawasan yang didapat, makasih sharingnya

    ReplyDelete
  10. Wah ini ya bocoran Fun Blogging-nya, lengkap banget, TFS yaaa..
    Soalnya pengen banget ikutan tapi belum dapet kesempatan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak lengkap sih, masih ada yang lain hehe

      Delete
  11. terimakasih infonya nih...manfaat banget

    ReplyDelete
  12. Kece badai Mbk, aku share en save aaah :)

    ReplyDelete
  13. Huuuu.. pas baca no 49 ngena banget deh. Udah bertahun-tahun ngeblog, post baru ratusan. Padahal yang baru setahunan udah ribuan. Ketahuan malesnya nih, hahaha. Thanks tips kerennya mbak Wuri... *savepage* moga gak lupa dibaca *eh, :D

    ReplyDelete
  14. kartu namany kece mbak. Makasih ya udah srae materinya

    ReplyDelete
  15. kirain gak sampai 101, pas baca beneran sampai 101.. wahahaha mak wuri mantap, aku baerasa baca postingan 10 orang nih

    ReplyDelete
  16. Serius kali ini baca tulisan si reporter handal jadi pengen salto. Kereeeeeeeeeennn

    ReplyDelete
  17. YUHUW....KEREN ABIS!!! jangan bosan-bosan nulis artikelnya,,ditunggu!

    ReplyDelete
  18. Ga nyangka bisa betah banget baca ampe abissss :D huhuu.. makasih banget mba wuri tipsnya :)

    ReplyDelete
  19. sempat suudzon ini bakalan nulis, nomer 100
    lalu nomer 101

    salam kenal mbaaakk Wuri, aku suka deh padamuu, eh

    ReplyDelete