Pilih Robot atau Vacuum Cleaner?

Siapa yang bete kalau pas menyapu, pakai sapu biasa tuh, tapi tiba-tiba angin membawa debunya masuk ke dapan rumah lagi? Atau, debunya nempel di sapu?! Kesel kan ya? Terus, pas lihat ada teman yang promosi dan jualan robot sapu dan pel. Jiwa “ibu-pemalas-ku” pun berteriak, “Aku pengen si robooottt”! Dan ini ceritaku …


Di 2021, aku pernah pakai robot sapu pel. Lalu di 2023, aku mulai beralih ke vacuum cleaner. Aku putuskan berbagi pengalaman di sini. Siapa tahu bermanfaat buat yang lagi galau, “Enaknya beli vacuum cleaner yang robot atau yang biasa ya?”

Awalnya karena sebel dan capek menyapu itu, debu suka kena angin dan masuk lagi. Akhirnya pindah ke robot dulu. Lalu si robot mulai bermasalah, akhirnya ganti ke vacuum cleaner. Menurutku, masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. Aku sudah buat daftarnya nih.

#1 ROBOT

Di 2021, aku pakai robot: Mi Robot Cleaner-Mop Essential. Aku juga pernah bikin review setelah pakai 5 bulan di blog ini:

https://www.wurinugraeni.com/2021/09/review-mi-robot-vacuum-mop.html

Waktu itu, milih ini karena:
- Dari merek Xiaomi yang lumayan lah ya nama mereknya
- Robot dari merek Xiaomi yang paling murah
- Beli di toko online, saat itu sekitar 2,5 juta.
Yang harganya di atas itu banyak juga. Ada juga merek lain itu ada dijual di bawah 500 ribu, lho.

KEUNGGULAN:
1. Debu pasti terhisap jadi nggak akan kembali masuk ke rumah
2. Robot bisa jalan sendiri meski aku nggak di rumah jadi rumah tetap bersih
3. Kebersihan sekitar 80-90%, lumayan bersih menurutku
4. Tidak bisa 100% hisap debu di sudut, tapi tetap lumayan bersih menurutku
5. Bersihin robotnya mudah

KELEMAHAN:
1. Kalau robot lama nggak dibersihkan, maka daya hisap kurang maksimal
2. Setelah pemakaian 2,5 tahun, robot mulai bermasalah
3. Kemungkinan karena baterai harus diganti
4. Beli baterai baru harganya mahal
5. Mau servise kayaknya hanya bisa di Jakarta, jauh banget dari kotaku ini

MENURUTku, produk ini:
1. Cocok yang tinggal di kota yang ada tempat servisnya, jadi kalau mau ganti baterai atau masalah lainnya lebih mudah dan cepat diatasi
2. Resiko robot nggak pakai kabel ya baterai pasti ada masa aktifnya
3. Enak sih rumah bersih meski ditinggal pergi atau kerja

#2 VACUUM CLEANER

Di 2023, akhirnya aku mencari vacuum cleaner yang tidak pakai baterai, ya harus pilih yang pakai kabel.
Aku pilih:
Gaabor Vacuum Cleaner 1,5 liter. Dulu beli online sekitar 200 ribuan.

Karena:
- Harga sangat terjangkau
- Review banyak yang positif
- Pakai kabel jadi mungkin nggak ada akan perlu ganti baterai

KEUNGGULAN:
1. Cukup bisa membersih untuk semua tempat, kecuali bagian bawah meja atau kursi yang terlalu pendek
2. Bagian sudut bisa bersih sekitar 95%
3. Bisa dilepas jadi penyedot debu
4. Kabel panjang jadi bisa colok ke 1 tempat, untuk membersihkan beberapa ruang kecil
5. Bersihin produknya juga mudah
6. Lebih praktis membersihkan debu, hanya saja pakai kabel

KELEMAHAN:
1. Ada waktu dan tenaga untuk menggerakkan vacuum cleaner, beda dengan robot yang bisa "jalan sendiri", tapi ini bukan jadi masalah bagiku
2. Ada kabel, meski panjang banget, tapi harus pindah colokan, tapi ini bukan masalah besar bagiku
3. Ukuran lebih panjang dari pada robot, jadi agak rempong kalau dibawa ke rumah lain, (misal dipinjam saudara, dll) ya mending buat di dalam 1 rumah saja sih.

Tertarik pakai vacuum cleaner yang robot atau biasa?

Comments