9 Rekomendasi Game Online yang Nggak Bikin Jari Capek

Biar nggak habis ide untuk bikin copywriting, aku sempatkan setiap hari main game online. Dari dulu, aku emang suka main game yang jarinya nggak banyak gerak. Suka yang berpikir dulu, baru kemudian menggerakkan jari jadi ngga cepat capek. Setidaknya ada 9 game online yang biasanya aku mainkan di Play nih.

Game Online yang Nggak Bikin Jari Capek


#1 Hidden Object


Atau mencari benda yang tersembunyi. Ini game terfavorit versi aku sejak dulu, karena seolah menjadi detektif dan mencari benda-benda yang tersembunyi. Mungkin karena aku suka membaca buku detektif sejak kecil, jadi ketika memilih game pun, sukanya yang nggak jauh dari dunia detektif.

Biasanya, ada sebuah foto, lalu kita dikasih list barang-barang yang harus ditemukan, kemudian kita tekan di benda yang sudah ditemukan. Tantangannya, kadang bendanya kecil, atau sebagian tertutup oleh benda lain, atau warnanya sama dengan benda di sebelahnya, sehingga terlewat dan nggak mudah ditemukan. Kurang lebih seperti yang ada di foto ini:



#2 Find Differences


Atau mencari perbedaan di antara 2 gambar yang ada. Sebenarnya, aku mengenal permainan ini sejak melihatnya di majalah anak, kan suka ada aktivitas untuk mencari perbedaan, biasanya sekitar 5 sampai 10 hal yang berbeda. Ternyata pas memilih game online, aku juga masih suka permainan ini sampai sekarang.

Tantangannya, kalau gambarnya memiliki detail yang banyak, tentu membuatku butuh waktu lebih lama untuk menuntaskannya. Bahkan, aku pernah sampai 15 menit untuk menyelesaikan 1 level. Perbedaannya bisa berupa gambar, atau warna juga termasuk. Misalnya, gambar bola di sebelah kiri warnanya merah, lalu gambar bola di sebelah kiri warnanya kuning, baru klik salah satu gambarnya.

#3 Card


Atau bermain kartu. Pasti banyak yang tahu kan? Ini juga salah satu game yang aku suka sejak punya komputer di rumah dulu. Bahkan sampai sekarang masih suka main game online kartu. Meski aku tidak bisa semua permainan kartu, karena masing-masing permainan kartu punya aturan dan cara bermain sendiri. Aku suka bermain kartu bersama anak agar lebih seru.

Sekarang, ada banyak sekali variasi game online yang kartu ini ya. Tapi aku tetap setia permainan kartu yang lama, atau yang tradisonal, hahaha. Enaknya kalau bermain kartu online itu, kitab isa main di HP atau laptop. Jadi nggak harus bawa kart uke mana-mana.

#4 Chess


Atau permainan catur. Bermain catur memang awalnya berupa board game, atau permainan di atas papan ya, tapi sekarang bisa bermain lewat game online. Kebetulan, anakku sudah masuk SD jadi sudah bisa diajak bermain catur bersama-sama. Enaknya, ya nggak perlu bawa papan catur dan alat lainnya tapi bisa bermain kapan saja dan di mana saja.

Anak-anak sudah boleh banget dikenalkan permainan catur, karena sekaligus belajar aturan dalam bermain yang lebih rumit. Misalnya, untuk raja memang boleh ke mana saja tetapi hanya 1 langkah, sedangkan kalau ratu boleh beberapa kotak, atau bidak yang kuda hanya boleh bergerak seperti huruf L.

#5 Word Search


Atau mencari kata. Ini adalah permainan yang seperti TTS tapi kita tinggal mencari katanya. Bedanya, kalau TT kan ada pertanyaan, lalu kita mencari jawaban, baru mencari kata tersebut di TTS. Sedangkan game mencari kata ini, sudah ada daftar kata yang dicari, lalu kita cukup mencarinya lalu melingkari jika sudah ketemu.

Memang terlihat mudah, tapi tetap saja membuat mata harus lebih jeli. Terkadang, aku tidak menemukannya dalam beberapa menit, hahaha. Biasanya kalau mata sudah Lelah, ya aku memilih berhenti karena butu fokus dan otak sudah nggak kuat diajak berputar lagi, hehehe. Semakin banyak kata yang tersedia, semakin menantang.

#6 Puzzle


Siapa sih yang nggak suka puzzle? Dulu waktu kecil, aku suka main puzzle. Dari mulai 2 keping, 4 keping, 10 keping, sampai 100 keping. Cuma, kalau main puzzle itu ketika 1 keping hilang, agak kurang semangat lagi ya. Untuk sekarang sudah ada game online sehingga nggak bakal ada keping yang hilang. Selain itu, bisa main di mana saja dan kapan saja.

Biasanya, aku menuntaskan puzzle itu dari pinggir dulu, karena merasa lebih mudah, baru mencari ke bagian tengah. Sedangkan anakku lebih ke gambar mana dulu, hahaha. Tapi sama-sama bisa selesai kok, seperti yang ada di foto ini:



#7 Sudoku


Siapa sih yang nggak tahu game sudoku? Kayaknya semua orang itu minimal tahulah main sudoku. Sebenarnya, aku juga nggak jago-jago amat main sudoku karena ada beberapa aturan yang masih suka aku lupa, hahaha. Tapi aku suka permainan yang nggak terlalu banyak menggerakkan jari, salah satunya ya sudoku ini.

Sebenarnya ini adalah game teka-teki matematika, dan aku juga nggak jago banget, tapi tetap membuatku bisa penasaran hahaha. Biasanya aku masih butuh waktu lama untuk menuntaskan 1 level game ini. Tapi ya Namanya bikin penasaran, akhirnya ya coba lagi coba lagi, hahaha. Adakah yang sama denganku pas bermain sudoku ini?

#8 Quiz


Atau kuis yaitu memilih jawaban yang berbenti pilihan. Aku suka ikut kuis gitu, dan hepi banget pas ada game online yang formatnya kuis. Soalnya, aku tuh serasa ada di kuis yang ditonton banyak orang, hahaha, padahal ya cuma main game dari HP atau laptop, dan nggak dilihat penonton juga.

Tapi, ada banyak macam game online yang formatnya kuis ini, aku biasanya mencari yang pertanyaannya relative mudah, hahaha, kalau yang pertanyaannya umum sih seringnya nggak bisa jawab ya, atau nyontek dulu di mbah gugel, hihihi. Tapi dari situ, sebenarnya jadi nambah 1 pengetahuan baru kan ya? Meski kadang lupa lagi, qiqiqi.

#9 Memory


Atau daya ingat. Ini game yang masih aku suka sejak dulu sampai sekarang. Jadi, kita harus fokus melihat gambar yang tampil, lalu ketika ditutup semua kembali, kita harus bisa mencari pasangannya. Jadi daya ingat benar-benar dilatih di game ini. Selain itu, tentu butuh fokus jadi nggak bisa main ini sambal setrika, hehehe.

Ada beberapa macam pilihan game yang formatnya memory gini. Ada yang dikasih foto, lalu diperhatikan seksama, ketika foto ditutup maka harus bisa menjawab, seperti apa warna baju yang dipakai? Kalau aku, masih sering salah sih. Beda kalau yang membuka dan menutup kotak, itu lebih mudah diingat.


NAH, itu 9 game online favorit aku. Aku tuh memang tipe yang jari nggak banyak gerak. Beda sama anakku lebih suka yang banyak gerak, seperti building gitu. Kalau kamu suka tipe game yang mana?

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Iklan Online dan Softselling

10 Pertanyaan Soal Teknik Copywriting

20 Cara Mengatasi GTM Anak 2 Tahun