Bingung Mau Beli Rumah? Simak Artikel Ini

Suatu hari, temanku bertanya, "Beli rumah itu enaknya di mana ya? Aku bingung." Lain lagi dengan temanku yang lain. Dia curhat karena rumahnya lama nggak laku. Dia bertanya, "Sebenarnya, apa sih yang jadi pertimbangkan orang mau beli rumah?" Kalau ini menurutku pas beli rumah dulu ya, mungkin bisa jadi pertimbangan.

Tips Membeli Rumah dengan menjawab pertanyaan berikut ini:


#1 Pengen rumah seperti apa?


Setiap orang punya rumah impian dong. Kamu pengennya rumah seperti apa? Kalau aku, dulu pas beli rumah kan baru nikah, jadi cari rumah kecil aja cukup, yang tipe 36 dan ada 2 kamar, 1 kamar mandi, area dapur, jemuran, ruang, dan garasi. Mungkin kamu ingin rumah 2 lantai yang ada balkonnya?

#2 Mau tinggal di daerah mana?


Mungkin kamu punya impian tinggal di daerah mana? Kalau aku, kan di Semarang itu ada kota atas dan kota bawah. Aku lebih suka kota atas karena nggak sepanas yang bagian bawah. Meski ya tetap panas ya, hehehe, namanya juga negara tropis.

#3 Ada toko terdekat nggak?


Pastikan juga ada toko, warung makan, sayuran, dan hal penting lain yang mudah diakses agar kamu tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lebih bagus lagi ada fasilitas seperti taman bermain anak, kolam renang, pusat kebugaran, dan lapangan olahraga. Pasti ya bikin kamu nyaman karena ada hiburan tambahan bagi sekeluarga.

#4 Dekat sekolah atau enggak?


Apalagi yang sudah punya anak, penting untuk memilih rumah yang dekat dengan sekolah. Ini akan menghemat waktu dan energi pas perjalanan ke sekolah setiap hari. Terus, dekatnya rumah dengan sekolah juga memungkinkan anak-anak lebih mudah terlibat dalam kegiatan sekolah, seperti ikut klub atau ekstrakurikuler. Pastikan juga ada sekolah yang berkualitas di dekat rumah jadi anak-anak dapat menerima pendidikan terbaik.

#5 Dekat tempat kesehatan nggak?


Pas mau beli rumah, penting untuk mempertimbangkan jaraknya dengan tempat kesehatan terdekat. Nggak harus rumah sakit sih, minimal ada klinik atau tempat praktek dokter umum. Soalnya bikin ketenangan bagi keluarga. Jika ada keadaan darurat kesehatan, bisa cepat mencapai fasilitas medis yang diperlukan. Selain itu, memudahkan dalam mengakses layanan kesehatan rutin, seperti pemeriksaan kesehatan tahunan atau kunjungan ke dokter.

#6 Dekat tempat isi bensin nggak?


Ini yang sering terlupakan, penting untuk mempertimbangkan jarak rumah dengan pompa bensin terdekat. Memiliki pompa bensin yang dekat akan memudahkan kamu pas mengisi bahan bakar kendaraan.

#7 Dekat dengan tempat kerja nggak?


Dekatnya rumah dengan kantor juga akan mengurangi waktu perjalananmu setiap hari, sehingga kamu dapat menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga. Ini juga akan mengurangi stres dan kelelahan yang disebabkan oleh perjalanan yang jauh setiap hari. Nggak harus dekat banget sih, maksimal 30 menit perjalanan dari rumah ke kantor.

#8 Dekat dengan tempat hiburan nggak?


Kalau menurutku sih bisa jadi pertimbangan tambahan, bukan yang wajib. Ketika memilih rumah, pastikan juga ada tempat hiburan yang dekat dengan rumah. Tempat hiburan seperti bioskop, taman hiburan, atau pusat perbelanjaan dapat menjadi tempat yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Memiliki akses mudah ke tempat-tempat hiburan ini akan memberikanmu kesempatan untuk mengisi waktu luang dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Ini juga dapat menjadi kesempatan untuk mempererat hubungan keluarga dan menciptakan kenangan yang indah bersama.

#9 Sudah survei langsung ke lokasi atau rumah?


Sebelum membeli rumah, penting untuk melakukan pemeriksaan rumah secara mendalam. Mulai dari periksa struktur bangunan, sistem listrik, dan pipa air. Pastikan tidak ada masalah besar yang perlu diperbaiki sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Jika ada masalah kecil, coba meminta penjual untuk memperbaikinya sebelum transaksi dilakukan.

#10 Punya budget berapa untuk membeli rumah?


Kamu harus menentukan dulu anggaran yang ada, atau yang disanggupi. Kamu harus memastikan bahwa memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah yang diinginkan. Pertimbangkan juga biaya-biaya lain yang terkait dengan kepemilikan rumah, seperti pajak properti, asuransi, dan perawatan rumah. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kemungkinan kenaikan suku bunga jika Anda berencana untuk mengambil kredit rumah.

Biar nggak salah ngitung, ada kalkulator online yang bisa digunakan dan secara gratis, asal sudah ada koneksi internet. Kalkulator online tersebut bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Ini sangat cocok buat kamu yang masih ragu mau beli rumah tapi takut budget nantinya kurang.

Cara Melakukan Kalkulator Online sebelum Membeli Rumah


1. Buka website Mortgage Calculator ini
Kemudian akan terlihat kalkulator online yang ada di bagian depan.



2. Tulis harga rumah
Kamu cukup memasukkan harga rumah yang diincar di kolom. Tapi hitung dengan mata yang pound sterling dulu ya

3. Auto muncul hasil kalkulator
Antara lain:
- Berapa DP rumah yang biasanya diminta
- Berapa suku bunga jika akan KPR
- Rumah akan lunas berapa bulan atau berapa tahun
- Berapa persen suku bunganya
- Berapa total harga rumahnya
Dan hitungan lainnya yang lebih detail.

Jadi, kamu bisa dapat gambaran gimana biaya rumah ke depannya, jadi buat pertimbangan akan jadi membeli atau belum dahulu.

Kalau nggak mau ribet, bisa menggunakan jasa agen properti yang terpercaya. Ini adalah langkah penting dalam proses membeli rumah. Seorang agen properti yang berpengalaman akan membantumi mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Mereka juga akan membantumu dalam proses negosiasi harga dan melakukan pemeriksaan rumah. Tapi, pastikan memilih agen properti yang memiliki reputasi baik dan memiliki lisensi yang sah.

Jangan lupa, cek dokumennya. Pastikan kamu memeriksa semua dokumen hukum yang terkait dengan pembelian rumah. Semua dokumen tersebut lengkap dan sah. Jika tidak yakin tentang dokumen-dokumen tersebut, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan seorang agen properti untuk mendapatkan nasihat yang tepat. Jangan pernah melakukan pembayaran atau menandatangani kontrak sebelum memastikan bahwa semua dokumen hukum telah dipenuhi.

Dalam membeli rumah, kesabaran dan penelitian yang teliti adalah kunci. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan. Ambil waktu untuk mempertimbangkan semua faktor yang relevan sebelum membuat keputusan akhir. Agar kamu akan lebih siap dalam membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Jangan sedih dulu kalau belum ketemu rumah impian. Terkadang kita tidak bisa menemukan rumah yang 100% sesuai harapan kita. Misalnya, suka daerahnya tapi ternyata masih lahan baru jadi agak jauh ke pasar. Contoh lain lagi, suka rumah lantai 2 tapi budget tidak mencukupi. Tidak apa-apa. Tapi kamu bisa pilih yang mendekati dengan rumah impianmu saja.



Entah kenapa, menurutku lho ya, memilih rumah itu seperti tergantung "jodoh" sama rumah yang mana. Kadang kita sudah naksir rumah, budget sudah sesuai, tapi jika tidak "jodoh" maka bisa tidak terbeli, seperti sudah keduluan orang lain. Jadi, selow aja berburu rumah yaaa...



Comments

Popular posts from this blog

Contoh Iklan Online dan Softselling

10 Pertanyaan Soal Teknik Copywriting

20 Cara Mengatasi GTM Anak 2 Tahun