Permainan Anak di Rumah: Buat Buku

Pengen anak suka buku kan? Ternyata, kegiatannya nggak cuma membacakan buku anak lho. Coba deh sesekali ajak anak membuat bukunya sendiri. Biasanya lebih antusias karena merasa punya, minimal 1, karya buku meski buku ala-ala. Ini juga salah satu kegiatan bermain di rumah yang ampuh ketika aku habis ide bermain, hehehe.

PERMAINAN ANAK DI RUMAH: MEMBUAT BUKU SENDIRI


1. Buat buku sendiri


Caranya, potong 1 kertas HVS menjadi 4 bagian. Lalu bagian kiri di-streples. Sudah deh. Jumlah kertas HVS bebas. Tapi untuk pertama, atau percobaan, bisa pakai 1 kertas dahulu, nanti bisa menghasilkan 4 lembar (1 lembar judul dan 3 lembar isi) buku.

2. Ajak anak cari ide


Tanyakan, “Kamu punya 1 ide apa untuk mengisi buku?” Misalnya, kegiatan bermain sore tadi, atau di sekolah, atau apa?

Dulu, waktu Anak Lanang usia 5 tahun, pertama kali, diajak membuat buku, isinya masih campur aduk, tidak apa-apa. Kayaknya baru 7 tahun mulai fokus 1 ide untuk 1 buku.

3. Bebaskan anak mengisi lembar buku


Bebaskan akan mau isi lembar buku apa aja. Ajak menulis judul bukunya dulu, lalu nama penulis di halaman 1. Selanjutnya biarkan anak berekreasi sendiri. Saat Anak Lanang usia 5 tahun memang hanya gambar. Ketika 7 tahun baru muncul kata-kata meski belum runut. Tidak apa-apa, semua berproses.

4. Bacakan bukunya


Jika anak bilang sudah selesai, Ibu bisa cek dengan membacakan kembali. Tapi jika isinya masih gambar, seperti waktu Anak Lanang usia 5 tahun, maka biarkan anak menceritakan isi bukunya. Bisa juga ibu menambahkan sedikit kata-kata di bukunya. Bisa juga kasih tahu yang kurang, misalnya, halaman belum ada, agar anak bisa menambahkan sendiri.

5. Simpan di rak buku


Jangan lupa, simpan semua bukunya. Anak Lanang bikin buku ala-ala itu sejak usia 5 tahun, kayaknya kalau masih utuh semua bisa 50 buku, hehehe. Sesekali aku membuka bukunya lagi dan membacakan kembali.

Dan yang paling penting, jangan memaksa. Kalau anak nggak mau, ya jangan dipaksa. Biasanya, aku melakukan itu dahulu, terus seringnya anak jadi ikutan. Jadi, selamat membuat buku bersama anak.

Comments

  1. Wah bener nih kak, dengan cara seperti itu bisa membuat anak lebih suka membaca

    ReplyDelete
  2. Selain caranya yang mudah tentunya bisa melatih anak untuk gemar membaca ya kak

    ReplyDelete
  3. Sederhana tapi bisa sambil belajar membuat buku sendiri nih ya kak, menarik banget

    ReplyDelete
  4. Sangat menyenangkan nih ya kak bisa bermain sambil mengajari anak biar suka membaca

    ReplyDelete
  5. Mengajarkan anak tentang literasi sejak dini ya kak hehe, bisa dikatakan belajar sambil bermain

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Iklan Online dan Softselling

10 Pertanyaan Soal Teknik Copywriting

20 Cara Mengatasi GTM Anak 2 Tahun