Ide Bermain di Resto Sambil Nunggu Makanan Datang

Apa yang Ibu lakukan saat makan di restoran bersama keluarga dan menunggu makanan datang? Ada yang menjawab main HP ya. Sebenarnya ya aku nggak anti HP kok, tapi biar Anak Lanang nggak main HP pas di resto, ya harus cari ide kegiatan bermain sambil nunggu. Biasanya aku melakukan beberapa permainan mudah ini. Monggo kalau mau dicontek, gratis, nggak bakal aku minta royalti, hihihi.



Ide Bermanin di Resto


Satu, bermain angka


Di meja makan pasti ada nomornya kan? Tanyakan, "Ini angka berapa?" Lalu anak akan menjawab angkanya dengan benar.

Jika anak sudah kelas 1 SD dan sudah belajar nilai tempat, bisa tambahkan pertanyaannya. Misalnya mejanya nomor 25. Lalu tanyakan, "Angka berapa yang puluhan?"
Kemudian tanyakan, "Berapa nilai tempat angka 5?"

Dua, bermain bentuk geometri


Untuk anak TK, biasanya masih mengenal bangun datar. Jika sudah kelas 1 SD mulai mengenal bangun ruang.

Tanyakan, "Manakah benda yang berbentuk persegi?"
Lalu anak bisa menjawab meja jika memang berbentuk persegi, atau benda lain yang ada di resto tersebut.
Lalu tanyakan bangun datar lainnya atau bangun ruang.

Tiga, bermain cari angka atau kata


Bermain cari angka itu bisa beri instruksi, "Cari angka 11." Lalu anak akan mencari angka 11, bisa di meja, atau di dinding, atau di mana saja yang masih terlihat dari tempat duduk.

Begitu juga mencari angka. Misalnya, beri instruksi, "Cari kata nasi goreng." Lalu anak mencari kata tersebut dari tempat duduknya.

Empat, bermain sembunyi barang kecil


Cari satu barang kecil yang bisa disembunyikan di genggaman tangan. Aku biasanya pakai bungkus sedotan resto. Ada yang dari plastik, dan ada juga yang dari kertas. Sembunyikan di tangan kiri atau kanan. Lalu ajak anak memilih apakah disembunyikan di tangan kiri atau kanan. Lalu bisa gantian anak yang menyimpan barangnya.

Lima, bermain tebak gambar


Kalau bermain ini harus membawa bolpoin dan kertas. Kebetulan di tasku selalu ada 2 benda tersebut. Cara bermain ya bisa Ibu menggambar, lalu anak menebak gambaran Ibu apa. Jika benar, maka anak harus menuliskannya, jadi sambil latihan menulis. Selanjutnya bisa bergantian, anak yang menggambar lalu Ibu yang menjawab.

Enam, huruf depan dari jari


Ini permainan jadul, sudah ada sejak aku kecil, tapi nggak tahu nama permainannya apa. Cara bermainnya, Ibu dan anak bisa mengeluarkan jari, lalu menghitung jari dari alphabet. Misalnya, total ada 5 jari, maka dihitung, A, B, C, D, E. Lalu cari kata yang awalannya huruf E.

Tujuh, bermain jadul jari


Pernah mendengar permainan yang sambil berkata, "Jumprit ala Jumprit kecepit?" Ya itulah. Namanya apa ya? Hahaha.
Anak Lanang suka banget mainan ini karena nggak mau jadinya terjepit.


Kalau bermain dengan anak ya memang orang dewasa ikut, alias bapak atau ibunya, atau keduanya bermain bersama anak. Tujuh mainan di atas pernah saya mainkan dan bisa membuat anak nggak mencari HP.

Selamat bermain yaaa...

Comments

  1. Sering banget pas ngafe atau pergi ke tempat makan bareng anak pas nunggu lama malah ngajak bermain, kadang juga si anak aktif ke sana kemari. Seru banget memang kalau pergi sama anak, tapi pas enggak nyambi kerjaan. Bisa dipakai ini idenya, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Iklan Online dan Softselling

10 Pertanyaan Soal Teknik Copywriting

20 Cara Mengatasi GTM Anak 2 Tahun