Sunday, September 11, 2022

Ini Alasan Pebisnis Harus Punya Blog, Jangan Media Sosial Saja

"Adanya akses internet berkembang, orang Indonesia banyak melalukan riset di online sebelum memutuskan untuk membeli langsung.”
(Google Indonesia)

Sumber: https://inet.detik.com/cyberlife/d-4351609/masyarakat-lakukan-riset-online-sebelum-beli-barang.

Ya, perilaku konsumen sudah berubah. 
Sekarang, konsumen bisa riset lewat internet dahulu lalu memutuskan apakah jadi membeli atau tidak? 
Jika membeli akan membeli di toko online yang mana? 

Kenapa konsumen suka riset dulu? 
Karena ada jutaan pebisnis online masa kini, lalu kenapa konsumen harus memilih toko online Anda? 
Bagaimana akhirnya konsumen tidak melirik toko online lain?


KENALI ALUR KONSUMEN MEMBELI DI TOKO ONLINE


Sebenarnya, konsumen memutuskan membeli, itu tidak sekedar, “Oke, saya mau beli.” Namun, sebenarnya sudah melalui 2 tahap sebelumnya. Lalu, bagaimana alur konsumen membeli di toko online?

#1 Branding


Konsumen akan menemukan toko online Anda. Contohnya, ketika konsumen mencari jaket motor lalu mengetik kata kunci: jaket motor terbaik, kemudian muncul toko online Anda di halaman pertama mesin pencari.


#2 Trusting


Setelah konsumen tahu kalau Anda menjual produk tertentu, maka tahap ini harus membuat konsumen percaya kepada toko online Anda, buat mereka yakin kalau toko online Anda bukan penipu. Inilah yang disebut tahapan trusting atau percaya. Jika toko online memiliki blog, atau lebih bagus lagi ada website, akan mudah mendapatkan kepercayaan konsumen karena terlihat toko online yang dikelola secara profesional.


Jika memiliki blog akan mudah mendapatkan kepercayaan konsumen karena terlihat toko online yang dikelola secara profesional.


#3 Closing


Setelah percaya terhadap toko online Anda, barulah konsumen memutuskan membeli. Inilah yang disebut tahapan closing.





Agar tahapan branding – trusting – closing itu lebih cepat, memang sebaiknya memiliki blog, atau lebih bagus lagi juga memiliki website. Ada beberapa kekurangan jika Anda hanya berjualan di media sosial, tanpa memiliki blog.

KENAPA PEBISNIS ONLINE HARUS PUNYA BLOG?


#1 Lebih “terbaca” oleh mesin pencari Google


Coba googling mencari produk apa saja, yang muncul di halaman awal semuanya dari blog atau website, kan? Jadi, memiliki blog membuat peluang mendapatkan konsumen juga lebih besar. Bahkan menurut riset terbaru, Google Crome menjadi situs nomor 2 yang sering diakses. Termasuk untuk googling informasi produk.



#2 Bisa memberikan informasi produk yang lebih lengkap


Tahukah jika ada konsumen yang lebih suka membaca informasi produk terlebih dahulu? Mereka tidak suka bertanya lewat chat CS karena takut nomornya masuk ke BC list dari toko online tersebut kemudian rentan mendapatkan chat spam. Di blog, Anda juga bisa menuliskan panjang seputar keunggulan produk Anda agar lebih menarik.

Tahukah jika ada konsumen yang lebih suka membaca informasi produk terlebih dahulu (misalnya di blog), dari pada bertanya lewat chat CS karena takut nomornya masuk ke BC list dari toko online tersebut?


#3 Lebih terpercaya


Banyaknya penipuan online membuat konsumen lebih hati-hati ketika membeli online. Salah satunya jika toko online memiliki website atau blog maka akan lebih terpercaya, karena mayoritas penipuan lewat akun media sosial.




IYES, SAYA MAU PUNYA BLOG. GIMANA CARANYA?


Yeay! Akhirnya setuju ya kalau semua toko online sebaiknya punya blog, karena bisa meningkatkan omzet juga. Semakin banyak orang yang tahu toko online Anda, (sampai tahap branding), maka semakin besar peluang closing. Anggap saja minimal 10% dari yang tahu toko online Anda akan menjadi pembeli. Jika punya 100 followers dan 100 orang yang membaca blog Anda, maka peluang closing bisa 20 orang. Beda jika hanya punya 100 followers maka peluang closing juga lebih kecil yaitu 10 orang.

#1 Tentukan domain

Domain seperti alamat rumah. Contohnya, domain blog ini adalah wurinugraeni.com atau nama alamat blog. Caranya:

1. Anda bisa cek di dengan membuka https://www.ardhosting.com/
2. Lalu masukkan nama yang Anda inginkan di kotak “Search a domain name”
3. Lalu pilih pakai (dot) id, atau (dot) com, dll.
4. Lalu klik: “Cari Domain”

Jika ada yang sudah pakai maka harus mencari nama lain.




#2 Tentukan hosting


Setelah membuat “rumah” dengan alamat rumah (domain) tadi, selanjutnya tentukan akan menyimpan semua data-data di mana? Nah, tempat menyimpan data disebut hosting. Untuk toko online, sebaiknya memilih Wordpress karena lebih banyak fitur sehingga bisa lebih membuat toko online sesuai keinginan. Lalu, tinggal mencari hosting domain murah, atau hosting murah Indonesia, atau Wordpress Hosting Terbaik dan Handal saja.

#3 Membuat website


Jika ada budget lebih, bisa membuat website sekalian. Di website, bisa memuat produk Anda, sedangkan blog bisa diisi dengan tips dan copywriting untuk konsumen. Nah, Anda cukup mencari Web Hosting Terbaik dan Murah di Indonesia saja.




NAMUN, banyak pebisnis online yang sudah sibuk mengurus pemasaran, atau mengembangkan tim, atau bahkan masih mengurus segalanya sendirian? Sebaiknya menggunakan jasa seperti ARD Hosting. Pokoknya duduk manis, cukup informasi ingin membuat toko online seperti apa, maka tidak lama blog sudah diakses. Namun, perlu hati-hati memilih pihak kerja sama, karena menyimpan banyak data penting toko online Anda sehingga harus yang terpercaya. Salah satunya bisa di ARD Hosting.
 

Perlu hati-hati memilih pihak kerja sama, karena menyimpan banyak data penting toko online Anda sehingga harus yang terpercaya.


KENAPA HARUS ARD HOSTING?


#1 Menjaga keamanan data


Banyak data yang tersimpan di blog. Salah satunya tulisan yang nantinya bisa Anda rewrite untuk keperluan pemasaran di tempat lainnya, sehingga harus mencari tempat yang aman dan tidak akan hilang. Di ARD HOSTING, menerapkan layered backup local maupun remote (harian, mingguan, hingga bulanan), untuk menjamin kenyamanan dalam meletakkan data di server. Tenang deh karena sudah ada back up.


#2 Punya server yang stabil


Apa yang terjadi ketika ada konsumen yang klik website Anda, tapi lama membukanya? Dipastikan mereka batal membeli di toko online Anda. Maka, di ARD HOSTING memiliki server yang stabil sehingga siapa pun dan kapan pun membuka blog Anda, akan langsung muncul sampai bagian terbawah (atau footer). 


#3 Harganya terjangkau


Poin ini yang tidak kalah pentingnya. Di ARD HOSTING, Anda bisa mulai memiliki toko online hanya Rp750.000,- saja. Sudah bonus gratis biaya domain, menyimpan data hingga 500MB, tidak ada batasan bandwith, bebas tanya ke admin jika kelak ada kendala, sudah SEO friendly, punya tampilan blog yang premium, hingga mudah diakses lewat ponsel juga. Bahkan bisa menggunakan cloud hosting agar muat lebih banyak data. 

#4 SEO friendly


Biasanya, konsumen hanya membuka hasil googling di halaman 1 sampai 3 saja. Dengan SEO friendly akan membuat blog Anda mudah “terbaca” oleh Google, sehingga peluang konsumen menemukan blog Anda juga semakin besar. Poin ini harus pakai pihak lain seperti ARD HOSTING yang juga memiliki tim SEO.

#5 Memiliki CS 24 jam


Sebagai orang yang baru memiliki blog pasti belajar terlebih dahulu. Terkadang, akan ketemu kendala, seperti kenapa tiba-tiba tidak bisa unggah foto, atau kenapa sudah save didraft tapi hilang, dan masalah lainnya. Untuk itu, ARD HOSTING sangat memahami kondisi tersebut sehingga memiliki tim CS 24 jam yang siap membantu Anda.

#6 Mudah mengaplikasikan sendiri


Bagi pebisnis yang baru pertama kali memiliki blog, tentu takut tidak bisa mengaplikasikan blog. Untuk itu, tim ARD HOSTING akan membuat blog yang semudah mungkin. Contohya, dengan memilih template yang sederhana tapi tetap menarik agar mudah mengaplikasikan, hingga ada tutorialnya agar pebisnis akhirnya bisa posting di blog sendiri.

#7 Bisa menggapai pasar internasional


Tentu saja sangat mungkin blog Anda akan terlihat oleh semua orang di berbagai belahan dunia. Anda juga bisa memperluas pangsa pasar dengan menerima pesanan untuk dikirim ke luar negeri. Bahkan ada tools yang memudahkan bahasa blog Anda beralih otomatis dengan bahasa tertentu. Contohnya, selama ini isi blog hanya bahasa Indonesia, tapi ada tools yang membuatnya berganti ke bahasa Inggris, sehingga Anda tidak perlu melakukan translate satu per satu artikel. Bisa dibilang sebagai hosting terbaik Indonesia.




SIAPA sih pebisnis yang nggak mau naik omzet?
Jika ingin naik omzet maka perbanyak jumlah orang yang mengenali toko online Anda. Jangan hanya berjualan di media sosial, tapi gunakan “pintu” lainnya juga seperti blog. Semakin banyak yang mengetahui toko online Anda, maka semakin besar peluang jumlah closingnya.

Semakin Anda merasa bingung harus melakukan promosi apa lagi, semakin membutuhkan blog agar bisnisnya berkembang.


#ardhosting #cloud hosting #domain #hosting 
#hostingdomainmurah #hostingmurahIndonesia 
#hostingterbaikIndonesia.

1 comment:

  1. Ehm bener banget, memang penting banget memberdayakan blog untuk bisnis karena peluangnya semakin besar. Untuk promosi memang lebih mumpuni, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete