Wednesday, April 20, 2022

DIY Mainan Anak: Alas Bermain Mobil

Ini aku bikin mainan pas Anak Lanang usia 3 tahun. Memang sejak kecil menunjukkan ketertarikan terhadap alat transportasi. Waktu itu, melihat di internet kok ada playmate jadi alas yang bergambar seperti jalan raya sehingga anak bisa bermain alat transportasi yang seolah lalu lalang di jalan raya. Akhirnya aku pernah bikin “playmate” sendiri alias biar ngirit, hihihi.

Baca juga: Ide Bermain Lainnya

#1 “Playmate” alat transportasi dari kertas kalender bekas

Bahannya hanya 1 lembar kalender dinding yang bekas, lalu dibalik sehingga terlihat warna putih saja. Lalu gambar sesuka hati, pakai spidol agar lebih jelas dan tebal dari pada bolpoin. Aku membuat jalan raya sehingga motor, mobil, trek, bis, dan taksi bisa melintas.

Aku juga bikin tempat parkir helicopter karena Anak Lanang punya mainan helikopter. Selain itu, punya kapal sehingga membuat sungai seolah kapalnya bisa melewati. Ada juga rel kereta api. Pokoknya semua alat transportasi bisa dimainkan di “playmate” tersebut. Jadi sesuaikan punya mainan alat transportasi apa saja di rumah?



#2 “Playmate” alat transportasi dari kertas belanja bekas

Waktu itu, Bapaknya-Anak-Lanang masih sering liputan dan beberapa kali membawa pulang tas belanja yang dari kertas dan tebal. Akhirnya aku buka sekitar 2 atau 3 tas gitu, sampai berbentuk persegi panjang. Lalu aku pakai jalan warna hitam dari lakban. Kemudian ditambahkan rel kereta api.

Pas bikin yang kedua ini, jaraknya mungkin sekitar 6-12 bulan setelah “playmate” yang pertama. Maklum, waktu itu Anak Lanang masih sering modifikasi mainan, jadilah setiap mainan yang buat sendiri pasti tidak bertahan lama, hehehe. Hampir mirip seperti yang nomor 1, ada lapangan helicopter juga.



#3 Tempat parkir dari kardus bekas

Ada kardus bekas itu kayaknya tanganku “gatal” pingin bikin apa gitu, hahaha. Waktu itu, Anak Lanang lagi senang memarkirkan mobil-mobilnya. Akhirnya terpikir untuk membuat maianan tempat parkir jadi lebih seru kalau bermain.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Siapkan kardus bekas tapi di bagian atas digunting. Kalau bisa tingginya pas, sekitar 3/4 dari tinggi kardus minuman gelas itu (nggak mau sebut merek ya) hehehe. Buat lubang persegi panjang di sisi kanan dan kiri sebagai pintu masuk ke tempat parkir. Ya mirip kalau mau parkir di mall gitu lah, hehehe.




Bagiku, membuat mainan sendiri buat Anak Lanang itu menyenangkan. Meski sering kesal karena biasanya usianya tidak bertahan lama, alias dikreasi lagi oleh Anak Lanang sehingga hasilnya berbeda, hahaha. Tapi sejak usia 5 tahun ke atas mulai mau merawat mainannya, bahkan kadang membuat mainan sendiri dari ide hingga eksekusi sampai jadi.

Jadi, mari membuat mainaaannn...

2 comments:

  1. Terima kasih sharingnya

    ReplyDelete
  2. Masya Allah keren, Mom Rajin menemani anak Lanang hee

    ReplyDelete