Thursday, November 25, 2021

Contoh Copywriting: Menulis Tips untuk Target Market

Sebelumnya sudah tahu kan apa itu copywriting?

Copywriting adalah tulisan promosi, tapi tidak terlihat seperti iklan. Bisa digunakan buat nulis status WA, FB, dll. Jadi, teman WA, FB, dll  akan membaca layaknya status lainnya, padahal secara tidak langsung dia sudah membaca tulisan promosi.


Tujuan menulis status promosi copywriting di FB adalah:

1. Buat branding sebagai pebisnis Indscript. Meski tidak langsung membeli, tapi teman jadi tahu kalau Emak/Embak jualan produk Indscript. Kalau suatu hari cari produk penunjang bisnis/menulis, maka akan inget Emak/Embak. Atau ketika ada temannya butuh produk penunjang bisnis/menulis, mereka akan inget Emak/Embak dan merekomendasikannya. <= dampak tidak langsung dari konsisten menulis status promosi 

2. Bikin teman penasaran dan tanya-tanya produk ke Emak/Embak.

3. Bahkan, ada juga yang habis baca langsung tertarik sama produknya dan closing, deh.


Tapiii, nulis dan posting saja tidak cukup. Emak/Embak harus aktif like komen ke teman yang lain, agar statusnya bisa dilihat oleh mereka. Semoga paham kenapa harus promosi copywriting di status dan aktif di medsos yaaa.

Dalam menulis copywriting di status , perhatikan apa yang WAJIB ada (do’s) dan apa yang DILARANG (dont’s). Mau tahu?


Yang WAJIB ada. Jadi sebelum posting tanyakan hal ini pada diri sendiri:
1. Apakah statusnya sudah bermanfaat?
2. Nama brand produk

Yang DILARANG:
1. Ada kata “beli”.
2. Tag dan mention.

Lalu bagaimana menulis tips?
Salah satu cara agar status tidak terlihat promosi padahal isinya jualan adalah, menulis tips yang dibutuhkan oleh target market. Teman akan merasa bermanfaat sudah membaca status Emak/Embak. Bahkan mereka mau menanti status berikutnya yang berisi tips.


Contoh:

===============

3 Langkah Membuat Omzet Melesat

Ingin omzet Anda melesat? Yang Anda perlukan adalah mengetahui rahasianya lalu segera action. Lebih mudahnya, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini agar segera bisa mewujudkan hal tersebut.

Yang pertama adalah menggali ilmu sebanyak mungkin. Antara lain ilmu marketing, mengelola karyawan, membuat perencaaan keuangan, dan lainnya.

Selanjutnya, Anda harus membuat rencana akan melakukan hal apa saja agar omzet melesat. Jangan hanya disimpan di pikiran tapi catat rencananya apa dan harus dilakukan kapan.

Berikutnya, Anda bisa konsultasi kepada mentor untuk mendapatkan pengarahan. Mentor biasanya sudah melalui berbagai masalah yang siap memberi pendampingan Anda untuk menemukan solusi bisnis.

Salah satu cara untuk mendapatkan mentor adalah bergabung di program Reparasi Bisnis (RB), baik offline dan online agar bisa mendapatkan pendampingan bisnis.

Sudah tahu ya bagaimana peserta RB akhirnya bisa melesatkan omset?


===============

=> meski isinya jualan, setidaknya statusnya sudah bermanfaat dulu. Sekaligus membangun branding. Teruslah berbagi nanti akan menuai “hasilnya”. Semoga bermanfaat yaaa...



7 comments:

  1. Mantap ini tips copywritingnya. Give dulu baru take, ya. Nanti aku praktikin, deh

    ReplyDelete
  2. Nah ini..mantul banget nih tipsnya. Izin save ya Wuri..aku masih harus bsnyak praktek nih biar bisa luwes menulis copywriting ini.. Maturnuwun..

    ReplyDelete
  3. Kalau copywrittingnya keren maka sangat mungkin jika sekali baca langsung mengundang closing. Makanya, nggak mudah sih membuatnya. Tapi yang paling sulit adalah konsisten menerapkannya. Padahal itulah kuncinya. Iya kan kak?

    ReplyDelete
  4. Yeay! Akhirnya ada yang nulis soal beginian. Bener juga sih, kalo ada tulisan beli jadi gmn gitu. Emg copywriting itu gak sembarangan. Thanks ilmunya mbak..

    ReplyDelete
  5. Ooo ternyata tag dan mention tuh termasuk yang donts yaa... ilmu baru nih. Biasanya kalau mau promo gitu malah sibuk mention-in teman2 huhuhuuu...

    ReplyDelete
  6. Waahh aku baru tau kata beli, tag dan mention ru malah ga boleh ya mbak. Mungkin dengan ga ada mereka jutru kita jd prnasaran

    ReplyDelete
  7. Jadi ingat akun Instagram Ruang Aksara yang lama nggak di apdet karena mamak riweuh huhu makasih tipsnya wuri aku mau bikin postingan Ruang Aksara malam ini Insya Allah

    ReplyDelete