5 Rekomendasi Buku Buat Bermain di Rumah Saja

Sudah sekitar 7 bulan nih di rumah aja, ibarat bayi usia 7 bulan sudah lancar guling-guling, kayak aku di rumah aja sudah capek guling-guling juga hahaha. Apalagi 24 jam bersama Anak Lanang yang tingkah laku dan ocehannya makin wow, jadi harus putar otak kasih arahan kegiatan sehari-hari, meski rumah harus kayak kapal pecah, kapal karam, kapalan, eh, itu tanganku ya. hihihi.

Oh ya, bisa baca juga ini ya: DIY Mainan Anak: Buku Aktivitas Buat Balita
Nah, aku mau kasih rekomendasi buku-buku ketika kita habis ide mau ngajak anak main apa lagi???


Buku #1: Rumah Mainan Anak Seri-1
Ketika baru punya Anak Lanang, tahun 2015 lalu, teman bloggerku, Arina, itu kasih info ada buku ini. Isinya ide dan tutorial bermain dengan anak usia 1-3 tahun. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mayoritas ada di rumah, atau mudah didapatkan, dan murah tentunya hahaha, ini penting.

Buku #2: Rumah Mainan Anak Seri-2
Aku ketagihan sama seri pertama, jadi pas Anak Lanang usia 4 mulai cari seri kedua dan alhamdulillah pas ada open PO lagi dikasih tahu tetangga. Terus, di dalamnya juga ada informasi kalau usia sekian itu umumnya bisa apa aja. Jadi nggak perlu galau kalau lihat anak tetangga usia 3 tahun sudah lancar ngomong bahasa Inggris kok anakku ngomongnya masih bahasa planet, hihihi.

Buku #3: Sentra (Rhenald Khasali)
Tapi yang yang ini belum kelar bacanya ya. Isinya lebih banyak tentang belajar sentra buat anak-anak itu seperti apa. Ada sentra alam, sentra seni, sentra iman, dll. Ada juga contoh kegiatannya. Jadi ada bayangan mau ngapain, nggak cuma membayangkan makanan lezat di drakor, eaaa....

Buku #4: Buku-buku aktivitas
Sejak tahu harus di rumah aja, lalu aku cari buku-buku aktivitas kalau mentok ide boleh lah kasih ke Anak Lanang. Alhamdulillah Anak Lanang selalu antusias. Malah aku sembunyiin, biasanya aku keluarin satu per satu, sekitar seminggu itu 1 atau 2 kali. Soalnya, ternyata anak-anak butuh kegiatan fisik ya, bukan kognitif aja kayak isi buku aktivitas gitu. Lumayan ngirit biaya beli buku jadinya ya #pelitnyaaa...

Buku #5: Buku apa aja
Iya bener, sebenarnya buku apa aja itu bisa jadi aktivitas di rumah. Misalnya, Ibu membacakan cerita, atau anak disuruh cerita meski isinya kadang berdasarkan gambar aja, hehehe.

Bisa juga lakukan modifikasi
Kadang, aku juga bikin modifikasi.
Misalnya, di buku itu ada aktivitas meronce sedotan. Caranya tusuk sate ditusuk ke gabus, terus anak meronce sedotan di tusuk sate. Nah, aku tak punya gabus, terus aku ganti kotak bekas pasta gigi hihihi. 



Kalau kamu, ada rekomendasi buku buat ibu-ibu biar nggak lihat anak acak-acak rumah terus, dan kasih kegiatan apa gitu? 

Comments

  1. Kalo saya sibuka berantem sama si kecil mbak hehe. Mungkin sama-sama bosan dan suntuknya terkurung pandemi jadi gini. Si kecil yang usil ditambah saya yang sensitif jadi bikin rumah heboh setiap hari. Udah banyak cara buat meredam kebosanan si kecil, hasilnya terhibur sebentar habis itu bosan lagi dan berulah lagi. Duh tobat..

    ReplyDelete

Post a Comment