Saturday, February 1, 2020

Contoh Ide Cerita dari Pengalaman Pribadi


Tahu nggak, pengalaman receh itu bisa jadi bahan tulisan. Ibaratnya, duit receh kalau dikumpulkan segunung bisa jadi jutaan rupiah tanpa perlu ke dukun-duit, kan? hehehe. Tapi, kamu bisa menemukan apa yang menarik dari pengalaman receh. Misalnya, jadi ada hikmahnya, bahkan pengalaman receh yang lucu atau horor juga bisa menarik. Nih, aku mau cerita tentang salah satu pengalaman receh.

Atau baca tips menulis lainnya ada DI SINI, ya.


Waktu itu belum hamil Anak Lanang, jadi ke mana-mana masih berdua dan naik motor. Pas lagi iseng muter-muter karena terlalu gabut hehehe tapi nggak terlalu jauh dari kompleks, eh, mendadak ban motor bocor. Kok ya pas di depan warung bakso. Akhirnya aku nongkrong di warung itu dan suami nuntun motor nyari tambal band, eh, tamban ban.

Ternyata, warung baksonya cozy, lho. Aku pilih duduk lesehan. Karena bukan jam makan siang, kayaknya jam 10an pagi gitu, dan biar ngirit juga hehehe, aku cuma pesan segelas es teh manis. Tapi ... suami kok nggak kunjung datang. Masak nyari tambal ban sampai ke Korea? #KalauIya,AkuMauIkutLah.

Dan, bener juga, chat masuk suami kalau baru dapat si tukang nambal nan jauh di mato. Terus aku mikir: masak nunggu lama cuma pesan segelas es teh manis? Sudah gitu mau habis pula. Berhubung sudah mau jam 11 juga, jadilah pesan aja, deh semangkuk bakso. Pas baksonya mau habis, suami baru datang naik motor. Ya sudah, sekalian maksi bareng di situ. Padahal rencananya mau maksi di resto yang model rooftop gitu. Eee, itu mau maksi atau berjemur di atap ya?

Nah, pas perjalanan pulang itu jadi mikir dan makin yakin kalau REZEKI SUDAH DIATUR OLEH ALLAH SWT. Coba ya:
- Andai ban motor nggak bocor, apa aku maksi di warung bakso itu?
- Andai ban motornya bocor nggak di depan warung itu, apa aku bakal beli baksonya?
- Andai suami dapat tambal ban dekat, mungkin aku cuma beli segelas es teh manis, kan?
- Andai nggak ada ban bocor, pasti aku jadi lebih boros karena makan di restoran, hehehe.
- Andai yang punya warung bakso itu nggak lempar paku, mungkin ban motorku nggak bocor #eh, ini pemikiran yang salah, deh.

= = = = = = = = = = = = = = =

Di atas itu tulisan dari ide pengalaman yang receh, yaitu jajan bakso gara-gara ban motor bocor, tapi ada hikmahnya kalau aku makin yakin rezeki itu sudah diatur. Nah, coba deh mulai sekarang kalau ada pengalaman receh bisa diceritakan lagi, atau cerita hobi ngumpulin recehan? Juga bisa, tuh!


13 comments:

  1. hahaha mamake arkaan bisa aja merangkai kata jadi cerita. Eh lah memang copywriter owk ya, hihi

    ReplyDelete
  2. Huahhaha.. Ngga pake lempar paku lah ya.. Bisikin dong di mana warung baksonya?

    ReplyDelete
  3. itu yang baru aku coba lakukan mbak... ngumpulin pengalaman receh buat jadi tulisan... yah siapa tau dari recehan ada ilmu yang bisa dibagikan juga... setujuuu mbak Wuriii...

    ReplyDelete
  4. Duuh..mudah2an yg punya warung nggak baca pengandaian yg terakhir itu..hehe.. BTW, aku juga yakin banget bahwa tak ada kebetulan di dunia ini..semua sudah diatur NYA. Termasuk rezeki tentunya ya..

    ReplyDelete
  5. Ide memang ada di mana saja dan kapan saja ya. Bahkan ide receh bisa jadi postingan.

    ReplyDelete
  6. Memang menulis itu bisa dimulai dari hal-hal sederhana ya. Asal Kita mau buka Mata, buka telinga dan buka hati. Kereen ah mbak Wuri.. jadi bikin aku pengen ngebakso hujan2 begini wkwk.

    ReplyDelete
  7. Klaua aku pernah mennag kuis gara-gara nulis cerita pribadi yang jatuh dari becak, lumayan selain jadi momen kocak juga malah dapet hadiah

    ReplyDelete
  8. Banyak banget ide yang bisa diambil dari kejadian sehari-hari ya? Apalagi mamak mamak macam kita. Ilang tupperware aja sudah bisa bikin satu cerita. Iyalah ... Lha wong harta karun 😆

    ReplyDelete
  9. Ingat lempar paku ingat cerita2 di TV bund wkakaka, semua memang sudah diaturNya ya bund.
    Pengalaman receh yang jadi cerita yang mengasyikkan

    ReplyDelete
  10. Wah senang ya kalo ban bocor dekat warung, eh orang jawa suka gini deh. Merasa beruntung meski dapat musibah.

    Kudu niru Wuri nih, nyari recehan ide yang pasti ada banyak asal mau membuka mata dan pikiran

    ReplyDelete
  11. Bener mbak, pengalaman receh bisa banget jadi cerita. Masalahnya njadiin cerita itu ya musti konsisten.

    ReplyDelete
  12. Duh duh jangan suudzon mba, masa warungnya lempar paku. Tapi klo iya Pakunya lemparin ke mangkok baksonya aja mba 😂😂

    ReplyDelete
  13. Selain pengalaman receh bisa jadi cerita. Hal tersebut juga buat nambah jam terbang kita nulis ya Mbak. Kadang kalau baca tulisan sendiri yang ditulis bertahun yang lalu suka geli sendiri bacanya.

    ReplyDelete