Friday, December 13, 2019

7 Cara Mendapatkan Mood untuk Menulis


“Aku sudah punya ide, nih, tapi pas nyalain komputer kok mendadak nggak mood nulis, jadinya malah nonton drama Korea.”
“Kalau aku pas nulis nunggu datang mood. Ini mood belum datang lagi, jadi belum nulis-nulis, deh.”
“Aku malah sudah siapkan segelas kopi, keripik seplastik besar, sudah di depan komputer, tapi kok mood nggak datang, ya?”

Ada yang seperti itu?
Padahal, ketahuilah kalau mood itu harus dikejar, bukan ditunggu. Ibarat jodoh, harus dicari, bukan duduk manis aja, hehehe, tapi tetep semua takdir Allah SWT juga, lho, ya #MalahNyasarKeJodoh, hehehe.

Baeklah, aku coba merangkum 7 cara mendapat mood biar terus menulis, ya. Tapi bisa juga baca tulisan tips menulis ala-ku di artikel sebelumnya. Cek ada DI SINI, ya.


Satu, dari pada jadi jerawat.
Iyes, biasanya menulis itu untuk menuangkan ide, gagasan, hingga perasaan juga bisa. Terkadang, ada orang yang susah ngomong langsung, tapi nggak ditulis juga, akhirnya jadi jerawat, deh. Huhuhu. Kalau malu sama tulisannya, ya nggak usah dipublish nggak apa-apa kok. Kan, yang penting sudah menuangkan dari pada jadi jerawatan.

Dua, marah tanpa melemparkan barang.
Ada juga orang yang lagi marah, tapi menuangkan amarah itu lewat tulisan. Malah lebih hemat, kan? dari pada marah terus lempar-lempar barang malah tambah rugi, hihihi. Jadi, kalau lagi marah juga bisa menulis dan tuangkan amarahnya lewat tulisan. Pasti nggak perlu nunggu mood lagi kok.

Tiga, ingat! Skincare makin mahal.
Ini bagi yang mengais rezeki lewat tulisan. Coba diingat barang-barang yang harus dibeli. Misalnya, skincare. Jadinya kalau kamu nggak nulis kan nggak dapat uang, terus beli skincare pakai apaan? Memangnya bisa beli pakai duit monopoli punyanya Anak Lanang? #ngarep bisa, ya? hehehe.

Empat, bisa menjadi guru tanpa punya kelas.
Kamu bisa berbagi lewat tulisan. Dengan berbagi, artinya sudah transfer ilmu. Meski menurutmu cuma secuil, tapi bisa juga sangat berarti buat yang menerima. Misalnya, menulis tentang menghadapi anak rewel pas di tempat umum, tips sempat candle light dinner sama suami, uhuk.

Lima, jalan-jalan gratis.
Siapa sih yang nggak mau diajak jalan-jalan dan gratis pula. Meski kamu juga bisa jalan-jalan pakai kantong sendiri, tapi tetap rasanya beda jika didapatkan lewat tulisan. Misalnya, jadi pemenang lomba menulis dan hadiahnya itu jalan-jalan gratis. Minimal, membuat jiwa traveling-mu puas, tanpa membuat dompet nangis.

Enam, mendapatkan barang impian.
Terkadang, kamu pengen dapat barang apa gitu. Tapi di kantong kayaknya masih butuh menabung sampai 100 tahun, hehehe. Aha! Pas ada lomba menulis dengan hadiah barang impian itu. Kamu jadi bisa mendapatkan barang impian dengan menulis. Jadi semangat deh memberikan tulisan yang terbaik.

Tujuh, biar ada kegiatan lah.
Menulislah karena ... paling tidak biar kelihatan ada kegiatan lah, hahaha. Ya, dari pada kesannya kayak Puteri Kerajaan di Dongeng yang mungkin kerjaannya makan, tidur, dan nunggu pangeran, hehehe. 

Jadi, menulislah. Selama isinya hal positif, kenapa tidak?!
Ada tips lain?
Silahkan tulis di komentar, ya.


16 comments:

  1. Wadidaw skincare lebih mahal mkwkwkw tapi emang sih sekarang harga skincare bikin gigit jari karena harganya makin melambung..

    ReplyDelete
  2. Seandainya duit monopoli bisa dipake jajan yaa... Inget keranjang belanja di aplikasi belanja online tuh bikin rajin nulis deh

    ReplyDelete
  3. Benar banget nih Mbak, saya sendiri biasanya suka nggak mood kalau mau nulis

    ReplyDelete
  4. Menulis ini juga memang sangat membutuhkan mood yang baik nih ya Mbak

    ReplyDelete
  5. Saya kalau nggak mood mau nulis, saya keluar jalan-jalan dulu Mbak hihi

    ReplyDelete
  6. Eh iya nih Mbak harga skincare semakin mahal saja ya. Bahaya nih kalau nggak mood nulis, jadinya nggak bisa mendapatkan skincare hehe

    ReplyDelete
  7. Apa saja yang gratis itu enak Mbak hehe. Apalagi kalau jalan-jalan gratis gitu :D

    ReplyDelete
  8. Aku mauuuu jalan2 gratiiiis..haha.. aku suka menulis,vtapi kadangksla memang susaaah sekali utk mendatangkan mood nulis. TFS ya..jadi punya tabungan tips pengundang mood nih..hehe..

    ReplyDelete
  9. Tips a la aku buat kembali ke mood nulis nan kenceng, beberes kamar, dapur atau nandur2 tumbuh2an.

    ReplyDelete
  10. Wah bisa jadi pembangkit semangat nih buat nulis. Pengen beli skincare, pengen jalan jalan gratis juga eh kalo pengen terkenal boleh ga yaa hehe

    ReplyDelete
  11. Aku mau dong mbak bisa jalan-jalan dengan nulis. Btw copywriter itu bagaimana sih caranya bisa dapetin duit itu? kepo nih.

    ReplyDelete
  12. Kok aku masuk kategori nomor 7 yaaa.. hiks... sungguh orang yang kekurangan motivasi banget deh. Harus mulai menyemangati diri agar makin produktif dalam menulis nih.

    ReplyDelete
  13. kalo aku udah nulis biasanya langsung on mood nya, tapi untuk mengawali, buka laptop gitu tuh sering tergoda ama yang lain huhuuuu..

    ReplyDelete
  14. Terngakak baca nomor 3, skinker mahal 🤣🤣🤣🤣 baiklah, kudu kerja lebih keras dan cerdas supaya juga bisa dapat hadiah jalan2 gratis

    Eh, lha kapan nulise iki? Ups

    ReplyDelete
  15. Bener bener ya aku, mood buat nulis itu susaaaah banget deh. Hahaha tp kalo dah niat, 1 jam juga jadi 3 tulisan. Hehe

    ReplyDelete
  16. aslii cari mood buat nulis tuh susah banget. tapi sekalinya dapet mood... wuzzzzzz bisa kelar banyak tulisan hahahaha

    ReplyDelete