7 Cara Mendapatkan Ide kreatif pas Liburan Akhir Tahun


Nggak terasa, ya, sebentar lagi mau akhir tahun. Kayaknya baru kemarin gitu merayaan pergantian tahun dari 1999 ke 2000 dan aku masih SMA, hihihi, eh sekarang sudah mau masuk 2020 dan aku sudah menjadi simboknya Anak Lanang *nyomot kalkulator, dan memang sudah 20 tahun berlalu, huhuhu, cepatnya. Tapi bagi yang berporfesi penulis, justru liburan akhir tahun bisa menjadi gudang ide menulis. Nggak percaya?


Satu, coba ceritakan pengalaman liburan yang bikin malu seputar transportasi.
Misalnya, salah booking hari tiket pesawat terus jadinya bisa nulis cerita kok itu bisa terjadi, terus ruginya berapa rupiah tuh, atau ketinggalan kereta api bahkan sampai ada adegan lari-larian mengejar kereta yang sudah melesat jauh hiks, atau salah tempat duduk #KalauIniPengalamanPribadi, hihihi.

Dua, coba ceritakan pengalaman liburan di kampung terus ketemu saudara, tapi malah bikin kepala-panas-sampai-bisa-buat-goreng-telur.
Terkadang, liburan akhir tahun juga digunakan untuk mudik. Asyiknya memang bisa ketemu saudara, tapi kadang yang namanya lidah tak bertulang (kalau bertulang mungkin nggak bakal ada makanan rujak cingur, hallah kok nyambungnya jauh, hehehe), jadinya ada pertanyaan yang bikin bete. Kayak: kapan nikah, kapan punya anak, kapan bagi-bagi duit? eh. Tapi tenang, aku sudah pernah nulis buat panduan menjawab semua pertanyaan gemes itu:


Tiga, coba ceritakan pengalaman liburan yang bikin malu di tempat wisata.
Yang namanya liburan itu pasti ke tempat wisata, dong. Minimal ke mall di kampung, deh, hehehe. Tapi pernah punya pengalaman memalukan? Ya bisa ditulis lah. Misalnya, lagi ke tempat wisata dan ternyata ramai banget, jadinya kamu salah pegang tangan suami orang, eh, #duh jangan sampai kejadian, jangan sampai *getok meja.

Empat, coba ceritakan pengalaman liburan seputar kuliner.
Sudah biasa nulis tempat kuliner di blog. Coba cari yang lain. Misalnya, nulis pengalaman mencoba kuliner unik dan ternyata efeknya sakit perut berhari-hari, hehehe, tapi jelaskan juga kenapa, seperti karena perutmu memang sensitif, jadi nggak “menjatuhkan” tempat kuliner itu juga.

Lima, coba ceritakan pengalaman liburan seputar menjadi ibu.
Misalnya, aku sering juga mudik berdua sama Anak Lanang. Aha! Jadi ada ide menulis tuh. Misalnya, tips mudik dan naik kereta api bersama balita, tips packing yang irit tempat, tips menghadapi anak yang hobi cat walk di lorong kereta api, hehehe.

Emak, coba ceritakan pengalaman liburan di rumah aja juga bisa.
Akhir tahun ini kamu nggak pergi kemana-mana? Ya tetap bisa punya ide menulis. Seperti, ceritakan kegiatan liburan yang asyik meski di rumah saja. Bisa dengan maraton nonton drama korea, atau jalan-jalan keliling kompleks sama anak setiap pagi, atau tidur lagi dan tidur lagi, hehehe.

Tujuh, pernah sakit pas liburan? Itu sumber ide menulis juga.
Ya cukup ceritakan berdasarkan pengalaman pribadi. Misalnya, sakitnya kapan, sakitnya kenapa, terus gimana penanganan sakitnya, tips nungguin saudara sakit di malam tahun baru, sampai tips biar liburan nggak sakit juga bisa ditulis.

Nah, selamat berlibur dan berburu ide, ya. Biarkan liburan yang katanya merogoh kocek itu bisa “balik modal” yaitu dengan membuat tulisan liburan yang bisa “dijual” hehehe #Ajaran apa iniiiiihhhhh?


Comments

  1. Grear ideas wuri. Terima kasih sudah sharing tips dan kiatnya yang bermanfaat ya

    ReplyDelete
  2. Wah bener banget tuh Mbak memang liburan bisa menjadi ide menulis hihi

    ReplyDelete
  3. Wah saya jadi dapat ide menulis nih hihi. Mau menceritakan tentang tempat wisata ah hihi

    ReplyDelete
  4. Biasanya memang bingung nih untuk mencari ide menulis. Sekarang sudah ada nih hihi

    ReplyDelete
  5. Jadi pingin berlibur juga nih saya hihi. Mau liburan enaknya ke mana ya hihi

    ReplyDelete
  6. Wah bermanfaat banget nih Mbak tipsnya hihi. Terima kasih atas informasinya ya :D

    ReplyDelete
  7. Mantap banget nih. Mbak wuri emang ga pernah keabisan ide untuk menulis ya

    ReplyDelete
  8. Naaah iya..ide bagus nih. Siap2 cetetan ah, saat liburan akhir th besok, siapa tahu bisa menangkap ide2 keren spt tertulis di sini.. TFS ya..

    ReplyDelete
  9. Wah mbak wuri nih emang jos liburan aja masih sempet nulis kalau aku sudah terkapar tak berdaya dikeroyok anak-anak yang maunya nempel ibunya mulu

    ReplyDelete
  10. Kalo bingung nyari ide, nanya Wuri aja pasti lah jawabannya beragam ya.
    Aku pernah salah duduk, malu sih tapi udah dapat konten karena sempat foto di bisnis clas waktu naik KA, hahahaa

    ReplyDelete
  11. Setuju, catet ah. Kadang yg kepikiran tempat wisatanya aja padahal proses menujunya dan selama liburan juga banyak cerita seru yg harua diabadikan

    ReplyDelete
  12. Boleh juga nih idenya.
    Aku termasuk yang jarang liburan akhir tahun, apalagi sekarang suami kerjanya di bandara. Kalau akhir tahun sama lebaran nggak boleh cuti 😭

    ReplyDelete
  13. Berarti sebenarnya ide tuh ada dimana-mana ya. Bahkan saat terburuk pun bisa jadi sumber ide tulisan yang menjual. Oke, mari singsingkan laptop :D

    ReplyDelete
  14. Imajinatif bener deh emak satu ni memang. Jadi, blog pun tetep nggak kehabisan bahan tulisan ya.

    ReplyDelete
  15. Bikin cerpen bertema berlibur ke rumah nenek tapi yang ekstrim dan mendebarkan misalnya ternyata tetangga nenek teroris yang siap melancarkan aksinya..eh

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh Iklan Online dan Softselling

10 Pertanyaan Soal Teknik Copywriting

20 Cara Mengatasi GTM Anak 2 Tahun