Kapan Mengajak Anak ke TPQ atau Taman Pendidikan Alquran Terdekat?

Postingan ini terinspirasi dari status teman di FB yang tanya, “Anak sudah bisa diajak ke TPQ dekat rumah itu usia berapa, ya?” Ting! Mendadak ada ide menulis buat blog, nih. Sekalian aku mau jawab pertanyaan itu berdasarkan pengalaman pribadi, lewat tulisan ini. Soalnya, kalau jawab di kolom komentar FB kan nggak bisa nambah viewer blog ini #BloggerFakirViewer, hiks.

Baca juga: Celoteh Balita Lucu ala Anak Lanang 2

Buku iqro 1 Anak Lanang yang belum lulus tapi sudah lecek abis, hehehe.


Anak Lanang itu ikut TPQ sejak usia, sekitar 2,5 tahun. Iyes, meski ngomongnya aja belum banyak, alias lebih sering pakai bahasa-planet-antah-berantah, hahaha. Waktu itu diajak tetangga ikut TPQ, yang anaknya sepantaran sama Anak Lanang. Meski begitu, tetap yang mengenalkan huruf hijaiyah pertama kali usahakan ya orang tuanya.

Tahu nggak, sejak pertama ikut TPQ, Anak Lanang itu butuh beberapa bulan untuk bisa lulus Iqro 1 halaman 1, wkwkwkwk. Pas pertama datang, Anak Lanang nempel terus sama aku karena belum kenal sama guru ngaji dan teman-teman ngaji. Jadi, awalnya aku ikut maju di depan guru ngaji dan di samping Anak Lanang. Anak Lanang juga awalnya lebih banyak diam dan nggak mau ngaji blas. Nggak apa-apa deh, sampai aku hafal isi halaman 1 itu kalau nggak A, ya BA’ lho, qiqiqi. Kalau 3 menitan kalau nggak mau buka mulut ya sudah pulang ajah.

Gitu terus sampai Anak Lanang akhirnya mau mengeluarkan suaranya, tapi aku tetap duduk di sampingnya. Lama-lama, aku cuma anter Anak Lanang maju ke depan guru ngaji, tapi nunggunya sudah di belakang. Lama-lama, Anak Lanang sudah nyaman dan motor baru sampai di parkiran masjid, di langsung lari ke dalam dan aku ditinggal gitu aja, hahaha.

Ketika Anak Lanang sudah merasa nyaman di TPQ, aku bisa me time sejenak, wkwkwkwk. Kadang mengobrol dan kenalan sama ibu-ibu atau budhe-budhe yang nungguin, kadang nyicil nulis di HP, kadang ya baca buku tagihan, eh.

Tapi, aku tidak pernah memaksa Anak Lanang untuk berangkat ngaji. Jadi, kalau dia bilang nggak mau, ya aku nggak antar dan nggak pakai adegan bujuk rayuan gombal. Tapi waktu itu, dia malah lebih sering masuk dari pada bolos, karena kan senang bertemu teman-teman baru *ibu harus semangat nganterin!

Meski begitu, ada juga yang yang bilang jangan ajak anak ke TPQ terlalu dini. Harusnya tugas orang tua aja sampai sekitar 4 atau 5 tahunan. Ya, itu sih terserah masing-masing orang tua ya. Kalau aku sih nggak apa-apa asal tidak pernah memaksa. Jadi, jangan sampai ada mom-war baru nih, antara TPQ dini dengan TPQ kalau anak sudah agak besaran dikit. Dari pada MomWar, mending nanam bunga maWAR #hallah.

Comments

  1. Gak apa kok sejak dini dikenalkan ngaji di TPQ, sekaligus sebagai ajang berkenalan dan bergaul dengan teman sebaya. Aku dulu prinsipnya gitu. Dan kalo lagi males ya gpp juga ijin nggak masuk. Karena masih proses belajar, jadi nggak boleh dipaksa juga

    ReplyDelete
  2. Wah jempol nih Anak Lanang dah makin pinter saja. BTW.., bunga mawarnya sdh kembang blm? *eh

    ReplyDelete
  3. Waah Mas Arkaan pinter sudah mau ikut TPQ juga...selamat belajar ya mas...

    ReplyDelete
  4. Gapapa lah dari kecil diajak ke TPQ, tapi ya itu jangan dipaksa-paksa. Ntar trauma malahan. Anggep aja main bonus belajar baca Iqro'. ;)

    ReplyDelete
  5. Aku kayaknya sebelum TK deh masuk TPQ. SD kelas 1 atau 2 udah baca Al-Quran hehehe. Malah bantuin Ustadzah nya juga buat handle murid-murid yang masih iqro hihi

    ReplyDelete
  6. Konsepnya hampir sama saat anakku mulai sekolah, Mbak. Apalagi aku nggak bisa dampingi. Pokoke nek nggak mau sekolah, ya, nggak papa. Sekarang, pas libur malah pengen sekolah mulu.

    ReplyDelete
  7. Barakallah,Arkan..
    Menurutku ngak apa-apa deh diajak sejak dini.
    Dulu Hasna kadang aku ajakin, tapi dia suka nyobekin Alquran di masjid jadinya nggak aku ajak lagi. Di sini malah blm nemu TPQ yang pas, masih belajar di rumah dulu

    ReplyDelete
  8. Buku lecek tandanya sering dibuat belajar dong mba, berarti bermanfaat untuk menimba akhlak agama sejak kecil msyaallah kerennya jagoan mba Wuri

    ReplyDelete
  9. Keren nih Arkan sudah mau TPA, Alde lari-lari melulu haha banyak alasan kalau mau ke TPA makanya dimasukin sekolah yang ada ngajinya deh

    ReplyDelete
  10. Semoga jd anak sholeh ya de.. Kl ditempatku anak2 usia 3-4 tahunan udh byk yg ikut ngaji TPQ tp ya kembali lg liat perkembangan anak sih.. Sok tahu aku mah. Punya anak aja blm. Wkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment