Friday, March 8, 2019

Ultah Gandjel Rel ke-4 di Pringsewu, Restoran Tempo Dulu di Semarang

Momen ulang tahun itu penting banget dan harus dipersiapkan sematang mungkin karena akan jadi kenangan bersejarah. Pas banget, aku mau cerita gimana persiapan dan hari H ultah komunitas blogger perempuan Semarang, Gandjel Rel. Siapa tahu kamu juga mau ngadain acara ultah biar berkesan gitu. Menurutku, ketika akan mengadakan acara penting harus menyiapkan beberapa hal berikut ini.


Satu, siapkan konsep acara.
Konsep acara harus sesuai dengan yang ulang tahun. Karena yang ulang tahun adalah komunitas blogger, maka biasanya diisi sharing ilmu yang nggak jauh dari dunia blogger. Akhirnya pas perayaan ultah ke-4 Gandjel Rel itu ingin mengundang penulis hits, yaitu Mas Agus Magelangan alias GusMul dengan tema “Menulis Konten Kreatif di Media Online”. Harus booking dulu narasumbernya soalnya Gusmul sibuk hehehe, dan kasih tahu tema materinya.

Dua, siapkan tempat acara.
Ada beberapa pertimbangan ketika akan mencari tempat acara. Yang utama adalah, mau undang berapa orang? Pastikan ruang yang akan dipakai memang cukup diisi sekian orang undangan. Selain itu, usahakan aksesnya mudah seperti di pusat kota, atau posisinya di pinggir jalan raya, atau dilalui transpotasi umumnya, dll.

Berhubung Gandjel Rel ini berada di Semarang, dan kota Semarang itu identik dengan Lawang Sewu atau hal-hal yang vintage, akhirnya terpikir lucu juga kalau acara di tempat yang nuansa jadul-nya kental banget. Biasanya nih, di kawasan tempo dulu di Semarang itu daerah kota lama.

Aha! Kenapa tidak di Pringsewu. Kamu pasti kenal nama “Restoran Pringsewu” di area pantura atau jalur pantai selatan, kan? Eit, Restoran Pringsewu juga ada di dalam kota dengan konsep yang berbeda dan unik.

Kalau Restoran Pringsewu di area kota lama Semarang ini justru menonjolkan tempat makan tempo dulu. Soalnya memang bangunan lama yang dikelola hingga bersih tanpa kehilangan arsitektur jadulnya. Misalnya, ada pintu seperti penjara, lantai dari kayu, bentuk pintu melengkung khas bangunan zaman kolonial, ya.

Foto milik: @mechtadeera 

Tiga, siapkan konsumsi. 
Biar praktis, sebaiknya pilih tempat yang bisa sekaligus menyiapkan makanan, misalnya di restoran. Kalau menu di Restoran Pringsewu ini makanan Indonesia dengan cita rasa bumbu rempah yang khas. Misalnya, gudangan, tahu kemul, ayam saos padang, hingga aneka seafood juga ada. Biar ketika makan bisa menikmati menu tradisional di tempat yang jadul pula, klop asyiknya, deh.

Foto milik: Bunda Dirga 

Jadilah, perayaan ultah ke-4 Gandjel Rel (GR) berlangsung pada hari Sabtu, 23 Febuari di Restoran Pringsewu cabang kota lama. Acaranya diisi sharing dari Gusmul, pengumuman pemenang lomba #RoadTo4ThGandjelRel dan kuis hore-hore. Yang datang nggak cuma GRes (sebutan anggota GR), tapi juga blogger Semarang laki-laki, dan penggiat socmed Semarang.

Baca: Cara Membuat Komunitas Blog di FB

Dan, ternyata ada program baru di Restoran Pringsewu yang menarik, yaitu Teraz Oie Tiong Ham, yaitu nongki kece di teras restorannya yang khas nuansa jadul. Bisa mencicipi camilan seperti roti ayam, roti keju, banana roll, tahu walik, hingga avocado thai. Bahkan ada program Tebus Murah yang berlaku setiap hari Senin sampai dengan Jumat, dengan fasilitas free wifi dan ada stop kontaknya biar nongkrong makin seru dan tetap eksis di media sosial.

Foto milik: @mechtadeera 

Biar nongkrong terasa berbeda, ya bisa datangi restoran bernuansa vintage biar serasa berwisata kuliner di zaman dulu. Ah, momen ultah ke-4 Gandjel Rel juga terasa berbeda karena berlangsung di restoran tempo dulu yang unik.

Restoran Pringsewu Semarang
Jl. Suari No. 10-12 Kota Lama (Ex Gedung Oei Tiong Ham)
IG: https://instagram.com/pringsewu_semarang
www.pringsewuresto.co.id
Buka jam 07.00-23.00 WIB

9 comments:

  1. Aku kemarin nggak sempet dateng grgr sakit. Kayaknya tempatnya instagramable banget ya mba. Soon deh aku kesana. Btw, selamat ulang tahun Gandjel Rel 🌼🌼

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah ya cyiin,acaranya lancar walau sempat deg deg splash..seru memang mengkordinir acara seperti ini yaa..

    ReplyDelete
  3. Tempatnya eksotis, yg paling hepi byk teman baru mbak wuri 😍😍

    ReplyDelete
  4. Acara ultah ke-4 GR kemarin sukses, pasti karena perencanaan yg matang ini ya.. Siip....ikut nyatet langkah2 perencanaan acaranya siapa tahu kapan2 ditugasi untuk ini. TFS, Mak..

    ReplyDelete
  5. Wah seru banget tuh pastinya kalau datang ke tempatnya langsung

    ReplyDelete
  6. Wah kalau makan di restoran ini pastinya mengingatkan zaman dulu ya

    ReplyDelete
  7. Wah keren banget nih sepertinya termpatnya. Aku jadi penasaran nih mau ke sana

    ReplyDelete
  8. Tempatnya bagus banget nih, cocok sekali buat yang suka dengan tempat legendaris

    ReplyDelete
  9. Wah ternyata tida hanya tempatnya saja yang bagus, menu makanannya juga enak banget tuh

    ReplyDelete