Thursday, February 28, 2019

Cara Dapat Kiriman Buku Gratis dari Penulis

Dengar teman yang jadi penulis buku dan baru saja menerbitkan buku, terus kamu komentar, “Mau dong bukunya. Gratis, ya.”
Mau tahu gimana rasanya jadi penulis yang dapat komentar kayak gitu? Rasanya adalah ..... pengen nonjok orang yang ngomong gitu, bruk! Meski yang ngomong adalah teman dekat. Eee... itu sih perasaanku, nggak tahu ya kalau perasaan Mas Anang, eh, maksudnya perasaan penulis lain.


Terus, mau tahu alasan sebaiknya kamu nggak minta buku gratis ke teman penulis?
Oke, menurutku ada 2 alasan, yaitu:

Satu, kenali proses menulis 1 buku.
Prosesnya adalah menulis sekitar 100 halaman dahulu dan itu bisa sekitar 1-3 bulan bahkan bisa lebih ===>>> dikirim ke penerbit ===>>> kadang ya ditolak itu sedihnya kayak dapat nilai E dan harus mengulang dengan mencari penerbit lain, kadang ya diterima tapi harus di-edit lagi ===>>> anggap saja diterima kadang proses editing bisa sekali hingga berkali-kali ===>>> proses lay out ===>>> cek dulu alias proofread ===>>> nunggu antrian dicetak ===>>> terbit dan diantar tim distribusi dulu ===>>> baru masuk ke toko buku.
Panjang bo, prosesnya!
Ibaratnya gini, kamu desain rumah sendiri, kamu bangun dengan keringat, eh, pas sudah jadi, ada teman yang nyelonong pakai rumah itu. Gimana nggak pengen berubah jadi macan, kan? Gggrrr! 

Dua, ada juga yang berprofesi penulis.
Ada orang yang menulis buku karena ingin berbagi saja, jadi justru suka bagi-bagi bukunya secara gratis. Tapi, ada juga yang berprofesi sebagai penulis. Artinya, menulis adalah sumber penghasilannya. Soalnya, nulis buku bisa dapat penghasilan dari royalti setiap penjualan. Kalau kamu minta buku gratis, sama saja penulis jualan terus yang beli pada minta gratisan, huhuhu, lha kapan bisa beli panci swarovski impian?

Tapiii, masih ada peluang bisa dapat buku gratis dari penulis tersebut, kok. Bahkan, tanpa perlu minta langsung. Caranya? Ini dia:

Satu, ikuti kuis penulis.
Ada penulis yang suka mengadakan kuis atau give away, dan hadiahnya adalah buku dia sendiri. Entah buku yang terbaru atau buku lama. Ya kamu harus berusaha dulu dengan ikuti kuisnya dan berdoa bisa jadi pemenang terus dapetin bukunya secara gratis.
Gimana tahu penulis mengadakan kuis?
Bisa follow akun media sosialnya, ya, seperti follow akun media sosialku juga #Modus hihihi.


Dua, menjadi endorser. 
Contohnya gini, waktu aku mau menerbitkan buku Cenat-Cenut Reporter, aku minta 3 teman untuk kasih endors, yaitu penulis (Makdew), presenter tipi, dan reporter yang pernah jadi teman sekantorku. Sebagai apresiasi karena mereka mau meluangkan waktu untuk membaca bukuku lalu kasih endors, ya aku kasih buku gratis pas sudah terbit.
Jadi, dekat-dekatlah dengan penulis, siapa tahu kelak dimintai endors terus dapat buku gratis, hohoho.
Baca: Buku Cenat-Cenut Reporter

Tiga, suka review.
Cara selanjutnya adalah kamu memang suka membaca buku dan menulis review. Bisa menulis review di blog pribadi, atau mengirimkan resensi buku ke media massa, dll. Kamu bisa buka peluang kerja sama menuliskan review dengan cara penulis cukup kasih buku gratisnya. Jadi bentuknya kerja sama, bukan cuma ngarep dapat buku gratis, ya, hehehe.

Nah, jangan bangunkan “macan” yang tenang dengan meminta buku gratis ke penulis, ya?!
Kalau kamu yang penulis juga sering dimintai buku gratis nggak?
Atau yang bukan penulis, juga sering minta buku gratis nggak? *siap-siap jitak.

11 comments:

  1. Hahaha gemes juga ya mba kl ada yg bilang "harga teman" gitu. Kalau aku lebih suka ikut giveaway nih mb Wuri. Kesannya kaya deg-deg an gitu sambil nunggu pengumuman wkwk

    ReplyDelete
  2. Mbaaak aku yg blm pernah nerbitin buku ngerti perjuangannya, gegara ngeliat ibuku yg udh menelurkan buku. Hehe

    Dari ketiga cara itu, duanya udh pernah. Pertama dapet kuis hahaha mayan banget ya. Trus di email langsung sm penulisnya ditawarin buat ngereview. Jatohnya gratis juga kan 😁

    ReplyDelete
  3. Aku minta dong buku barunya, ntar dituker ama follower deh, xixixiii

    Yang minta gratis minta dilempar buku tulis yak

    ReplyDelete
  4. Tips kedua paling suka. Selain dapet buku gratis, nama dan testimoni kita juga terpampang di buku.😊😊😊

    ReplyDelete
  5. Nah..iya..ikutan kuis itu cara manis minta gratisan tanpa menyedihkan penulis..apalagi kalo habis itu direview..penulis senang juga pastinya kan.. Mama Arkan kpn bikin kuis lagi? Hehe..

    ReplyDelete
  6. bener banget.. biar bisa dapat buku gratis ya salah satunya dengan membuka jasa iklan endrse. hahaha

    ReplyDelete
  7. Aku selalu kasih buku buat temen2 terdekat mbak wuri. Minta buku juga pernah tp jarang hihi.. yap, prosesnya emang embuh banget ya. Ditolak puluhan bahkan ratusan kali dah kebal banget mbak. Pokoknya jaga semangat nulis ini yg paling berat

    ReplyDelete
  8. Aku selalu kasih buku buat temen2 terdekat mbak wuri. Minta buku juga pernah tp jarang hihi.. yap, prosesnya emang embuh banget ya. Ditolak puluhan bahkan ratusan kali dah kebal banget mbak. Pokoknya jaga semangat nulis ini yg paling berat

    ReplyDelete
  9. Dulu sukak bgt ikutan giveaway dapet hadiah buku, kadang juga nge riview. Skr udah jarang ya ada GA

    ReplyDelete
  10. Hahaha. Ini sama kek dulu kalau aku bawa jualan pas ngumpul sama temen2,ada aja yg bilang 'ini gratis,Rin? Buat Bu I****'
    Duh, rasane pen nonjok. Kalau aku niat mau ngasih ya ga perlu kubawa2 gitu lah. Trus jualan gamis dapat labanya paling 10-15rb/pc harganya padahal di atas 150rb 😁😁

    Misiiii jadi numpang curcol 😜

    ReplyDelete
  11. Ayoo cenat-cenut reporter jilid dua kutunggu atau bikin versi komik seru juga kalik yaa..

    ReplyDelete