Monday, May 7, 2018

Tips Belanja Online dan Tetap Hemat di Bulan Puasa

Enggak terasa, ya, sebentar lagi masuk bulan puasa lagi. Walau lagi puasa, sebagai copywriter yang kerjanya di rumah, ya aku tetap setor tulisan, lah. Kalau sebelumnya aku sudah nulis soal “dukanya kerja di rumah”, ternyata ada satu hal lain lagi yang lupa ditulis. Seperti kemarin siang, lagi enak-enaknya mengetik pas anak sedang tidur siang, eh, alarm listrik di rumah menyala. Mana sekarang lagi panas banget, mau ke luar rumah buat beli pulsa listrik kan males bangeeed. Aha! Mendadak inget kalau bisa beli pulsa listrik di Tokopedia. Yang bikin hepi lagi itu, dapat cashback, lho. Ternyata, lagi ada program “Ramadhan Extra” yang berlaku di banyak produk. Mauuuu!

Baca: Dukanya Kerja dari Rumah untuk Ibu Rumah Tangga



Tapiii, yang namanya bulan puasa itu identik dengan boros, soalnya pengen beli ini itu dan lagi banyak promo. Makanya, Ramadhan tahun ini harus belajar mengelola uang belanja dengan tepat. Biar beda dengan Ramadhan sebelumnya, ya. Sekalian, aku masih share tips belanja online agar tetap hemat dan sesuai kebutuhan bulan Ramadan Ekstra di Tokopedia, ya:

1. Coba bandingkan dulu harga setiap toko online di Tokopedia 
Emang sih ada banyak toko online yang berkualitas, makanya bandingkan harga dulu di berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Caranya, cari produk yang dibutuhkan aja, nanti muncul ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang cocok.

2. Sebaiknya, pilih produk berkualitas dari kreator lokal 
Biar Ramadan Ekstra tahun ini berbeda, cobalah tidak selalu menggunakan barang branded yang harganya selangit. Tokopedia adalah e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi, baik berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Biar hemat pengeluaran belanja di bulan Ramadan, ya pilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

3. Pilih toko online terdekat dengan domisili kamu 
Saat berbelanja online, yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kamu untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, sudah bisa mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga bisa pilih toko online dengan lokasi terbaik.

4. Mending, pilih cara pembayaran yang tepat 
Enaknya berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat digunakan, seperti Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Jadi, pilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu itu bisa menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

5. Sebaiknya pilih metode pengiriman paling efisien 
Dalam melakukan pengiriman barang yang dibeli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman. Antara lain pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kamu bisa membandingkan biaya ongkos kirim terbaik di antara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online.

6. Maksimalkan kehadiran promo dan diskon 
Promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran ketika berbelanja online. Apalagi di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kamu gunakan agar Ramadan kali ini makin Ekstra.

7. Jangan belanja ketika mepet yang dibutuhkan 
Misalnya, nih, kamu lagi cari baju lebaran. Sebaiknya, cari sekarang saja, sebelum bulan puasa. Biar barangnya sampai di rumah kamu pas awal-awal puasa, terus masih sempat dicuci dahulu tuh, dan pasti bisa dipakai ketika lebaran, kan?

Selamat mencoba tips di atas, ya. Dan, kalau kamu butuh tips menulis soal batik juga bisa intip artkel sebelumnya yang berjudul “10 Cara Cari Ide Menulis Soal Batik”. Atau, punya rencana lebaran nanti pakai batik? Bisa intip tipsnya juga.

Baca: 10 Cara Cari Ide Menulis Soal Batik

Oh ya, membahas soal cashback yang aku dapatkan, itu bagian dari Ramadhan Extra dari Tokopedia. Ada ekstra flash sale (promo beberara produk di jam-jam tertentu), ekstra kejutan (bisa belanja dan dapetin harga promo sambil nonton tv), ekstra bonus produk digital (itu seperti beli pulsa, dll), produk eksklusif ramadhan (produk-produk premium, lho), dan hot list (produk populer di Tokopedia). Banyak kan?

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra kamu menjadi lebih Ekstra! Itu tuh, mirip festival belanja online “Black Friday”, kejutan itu seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?

Sudah ah, aku mau bikin list produk-produk apa yang harus diincar nanti buat tanggal 25 Mei. Siapa tahu, barang yang aku butuhkan itu masuk di daftar promo, jadi bisa dapat harga yang menggiurkan. Nah, kamu, siapkan daftar belanja juga, ya. Biar tanggal 25 Mei nanti langsung cus pilih-pilih dan nggak bingung mau belanja apa.

7 comments:

  1. Toped ini sesuai banget sama tagline nya,, termasuk soal semua ada. Paling favorit ya ada promo :D

    ReplyDelete
  2. tips nya boleh banget ini mba.. tqu yaa.. pas banget mau bulan Ramadhan. jadi butuh belanja keperluan puasa nanti.. tqu tipsnya mba

    ReplyDelete
  3. Iya nih, kalau cari baju buat lebaran dari jauh hari biasanya harga masih belum naik. Bisa hemat lah, hehe.

    ReplyDelete
  4. yang paling ngeri adalah bau diskon. bisa lupa daratan kalo diskon saat puas apalagi menjelang lebaran. kayaknya kalo buat baju lebaran lebih baik jahit sendiri soalnya kalo beli selalu bosen. sukanya sih jajan menu buka tapi sebaiknya jangan berlebihan juga pasti nanti kebuang.

    ReplyDelete
  5. Aku udah beliin baju mamah, baju bapak dan bajuku di tokopedia, selain murah komplit serba ada di toped mah ☺

    ReplyDelete
  6. Perlu dicatet nih tanggal 25 mei

    ReplyDelete
  7. beneran jangan mepet ntar ngga bisa dipakai lebaran bajunyaaa

    ReplyDelete