Friday, May 25, 2018

Kenali Fitur Untuk Mengetahui Cara Menggunakan Kamera DSLR

Beberapa waktu lalu, aku nulis hasil "oleh-oleh" belajar food fotografi. Mendadak kepo sama dunia fotografi. Apalagi ada berbagai macam media sosial yang biasanya menjadi tempat untuk berbagi momen yang penting, unik, dan artistik dari seseorang. Banyak orang yang akhirnya mendadak menjadi kecanduan dan belajar dunia photography hanya untuk mendapat hasil capture yang instagramable.

Baca: Belajar Food Fotografi untuk Pemula


Nah, salah satu barang wajib bagi kamu yang suka men-capture momen untuk kemudian dibagikan di media sosial adalah kamera DSLR. Kamera yang satu ini sangat lah mempuni untuk menghasilkan foto berkualitas. Ada banyak fitur yang bisa kamu atur sesuai dengan kemauan kamu. Tapi, masalahnya hal itu juga lah yang kemudian menjadi masalah bagi sebagian besar pemula yang ngebet buat dapetin foto yang bagus. Mereka yang terbiasa dengan kamera saku dengan cara pengoperasian yang simpel akan bingung saat bertemu dengan DSLR, karena mereka bingung bagaimana cara menggunakan kamera DSLR dengan tepat. Tapi jangan khawatir, semua bisa dipelajarai. Oleh karena itu, ini dia beberapa fitur yang wajib kamu ketahui agar memahami cara menggunakan DSLR dan tips untuk mendalami fotografi :

1. ISO
ISO adalah fitur paling mendasar untuk mengatur pencahayaan. Misalkan, pada saat kamu berada dalam tempat yang pencahayaannya kurang, dapat memanfaatkan fitur ini dengan meningkatan ISO nya. Sebaliknya, untuk tempat yang sangat berlebih cahaya, kita dapat mengurangi ISO. Tentunya, karena sifatnya yang manipulatif, jika terlalu berlebihan akan menimbulkan noise. Noise terjadi pada saat terlihat banyak titik-titik putih dalam gambar. Untuk ukuran noise yang paling proporsional adalah pada 100.

2. FOKUS
Mengatur fokus adalah hal yang sangatlah mendasar dan sangat penting. Fokus sendiri bergunan untuk mengarahkan titik lensa kita pada arah yang spesifik sebagaimana yang kamu mau. Dengan seperti itu, biasanya objek di belakang objek yang menjadi fokus kamu akan blur. Hal ini akan menyebabkan hasil jepretan kamu akan estetik. Ada dua mode untuk mengatur fokus, mode auto dan manual. Mode auto sebenarnya sangat membantu dalam keadaan yang mengharuskan kamu untuk menghabiskan gambar dalam waktu yang cepat. Karena, fokus lensa akan dengan sendirinya terarah. Namun, permasalahannya arah fokus lensa seringkali juga tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan mode manual. Dengan mode manual kamu  dapat mengarahkan arah fokus lensa sesuai dengan yang kamu  mau.

3. Shutter Speed
Pernah melihat hasil foto air terjun yang sangat halus? Atau foto balapan F1 yang sangat sulit ditangkap oleh kamera? Semua tentunya tidak dapat dilakukan dengan kamera biasa. Namun, dengan DSLR foto tersebut dapat didapatkan. Untuk mendapatkan foto tersebut, kamu harus memainkan Shutter Speed. Shutter speed adalah lama terbukanya shutter kamera. Misalkan tertulis 1/500, maka shutter kamera akan terbuka selama 500 detik.

4. Aperture
Aperture adalah fitur yang digunakan untuk mengatur lebar sempitnya bukaan lensa kamera. Semakin kecil angka aperture maka semakin lebar bukannya. Sebalinya, semakin besar angkanya maka semakin sempit bukaannya.

5. Bergabung dengan komunitas
Selain mengetahui fitur-fitur tersebut, perlu juga untuk meningkatkan keterampilan menggunakan DSLR secara otodidak. Hal ini bisa kamu dapatkan dengan banyak mencoba atau bergabung dalan komunitas fotografer. Dengan seperti itu, kamu bisa mendapatkan ilmu baru dari hal yang paling sederhana seperti pengaturan cahaya, angel yang baik sampai hal rumit lainnya.

6. Editing
Proses editing adalah hal yang juga penting. Di sini editing tidak ditujukan untuk mengubah hasil sehingga berbeda dari aslinya. Editing di sini hanya ditujukan untuk memberi polesan sehingga hasil tampak lebih baik.

8 comments:

  1. Skrg banyak yg beralih ke mirrorless ya Mba tapinya.

    ReplyDelete
  2. Aku dulu pemakai canon mbak..dan lumayan banget lah buat pemula....

    ReplyDelete
  3. Belajar fotografi tuh bikin penasaran tiada akhir ya..

    ReplyDelete
  4. Sekarang semua orang suka motret, jadi makin banyak pilihan kamera DSLR ya

    ReplyDelete
  5. Nah..penting nih buat pemula seperti ku.. TFS..

    ReplyDelete
  6. Pengen punya DSLR tapi blm ada dana, sementara pakai kamera HP sik 😁

    ReplyDelete
  7. Pengen punya kamera seperti, semoga lekas ada rezekinya :)

    ReplyDelete
  8. ini resolusi sejak tahun 2007 saya, sampai sekarang resolusi hanya gigit jari.. :D

    ReplyDelete