Thursday, April 26, 2018

Untuk Ibu Hamil, Begini Tips Aman Pulang Kampung Naik Bus

foto:naturalhealthnews.com 

Bagi keluarga, kehamilan seorang ibu itu sangat membahagiakan. Apalagi kalau anak pertama, buah hati yang ditunggu-tunggu kehadirannya setelah sekian lama. Namun dilema bakal tiba ketika usia kehamilan harus melewati musim mudik Lebaran, sementara kereta api dan pesawat sudah fully booked. Mau nggak mau, harus cari tiket bus agar bisa pulang ke kampung halaman. Tapi nggak perlu khawatir. Dengan semakin berkembangnya bisnis otobus, perusahaan-perusaahaan yang memberikan layanan semakin menyadari bahwa penumpang lebih mengutamakan kualitas daripada kecepatan. Semakin banyak PO yang bersolek, memberikan tampilan bus terbaik untuk kenyamanan konsumen, termasuk seleksi ketat untuk pengemudi busnya.


Meski begitu, kehamilan nggak boleh dianggap remeh. Buat kamu, ibu hamil yang sudah membeli tiket bus secara online untuk Lebaran tahun ini, berikut adalah tips aman pulang kampung agar aman sampai tujuan.

Perhatikan Pakaian  
Bukan berarti gaya berpakaian harus yang modis agar bisa selfie dalam bus keren, baju yang kamu kenakan itu menentukan kenyamanan sepanjang perjalanan. Mulai dari sepatu, celana, hingga kemeja, harus menunjang gerakan. Alasannya, kamu bakal duduk dalam jangka waktu yang lama, terutama untuk perjalanan antar-provinsi. Jadi sebaiknya pilih baju yang agak longgar dan sepatu olahraga untuk kenyamananmu.

sumber:abiumi.com 

Ingatkan Kru Bus Ketika.. 
Ibu hamil itu butuh ketenangan. Jangan sampai bayi dalam kandungan jadi terganggu kenyamanannya gara-gara sopir yang kebut-kebutan dan sembrono dalam mengemudi. Ingatkan kepada kru bus untuk tetap menjaga keamanan penumpang mereka. Selain itu, saat naik atau turun, pastikan sopir sudah menghentikan kendaraan sepenuhnya. Tentunya agar kamu lebih mudah dalam mengatur posisi kaki yang aman untuk menunjang badan.

Pilih Tempat Duduk di Tengah 
Tempat duduk di tengah adalah pilihan terbaik untuk yang sedang dalam masa kehamilan. Kamu bisa istirahat dengan tenang sepanjang perjalanan karena dampak manuver bus lebih minim dirasakan ketimbang duduk di depan atau belakang. Selain itu, pilihan seat di tengah juga lebih aman ketika terjadi benturan.

sumber:rentalmobilyogyakarta.net 

Pergi ke Toilet Saat Bus Dalam Kondisi Stabil 
Rasa buang air memang bisa datang sewaktu-waktu. Tapi sebaiknya tahan dulu kalau bus dalam keadaan nggak stabil. Misal, saat masih di jalanan berkelok, atau karena lalu lintas padat sehingga memaksa sopir bus untuk bermanuver ke kanan dan kiri. Pergi ke toilet akan lebih aman saat bus dalam keadaan tenang. Misal, ketika kondisi jalanan sepi, saat berada di jalan tol, atau ketika berhenti di lampu merah. Jangan lupa pegangan, ya.

Baca juga : Bumil, Jangan Kena Pre-Eklamsia

Pilih Perusahaan Otobus Berkualitas 
Terakhir, jaminkan keselamatan diri dan bayi pada perusahaan otobus yang mengutamakan kualitas dan kenyamanan penumpangnya. Cari rekomendasi sebelum beli tiket bus dan pilih yang berani memberikan layanan terbaik untuk konsumen lewat layanan pemesanan tiket bus Traveloka. Cukup dengan mengunduh aplikasi Traveloka di smartphone, kamu bisa memesan tiket bus tanpa harus ke terminal. Di Traveloka informasi bus yang akan dipilih pun lengkap, mulai dari kenyamanan tempat duduk, kebersihan interior, hingga kehandalan sopir bus dalam menjalankan kendaraan.

Pastikan untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal saat pulang kampung dengan menggunakan tiket bus. Semoga ibu dan bayi tetap sehat serta selamat sampai tujuan.

6 comments:

  1. Iyah, lebih aman duduk di tengah ya mbak untuk ibu hamil, yang pasti ibuknya aman sekaligus nyaman di kendaraan, dan terhindar dari benturan yang terjadi di bus

    ReplyDelete
  2. Yg bagian ingatkan kru bis itu lho mbak yang aku ga berani. Trauma dpt sopir jutek (bukan bis sih, tapi travel). Pokoknya jawabannya bikin baper.

    ReplyDelete
  3. Sekarang semua dibikin mudah, tinggal klik klikdah beres 😆

    ReplyDelete
  4. Wah jadi ingat dulu waktu hamil pertama udah tunggu hari H malah keliling keluar kota, terasa ransel pindah ke perut - semoga para bumil yg memilih bus sbg trnportasi mudik nanti ttp aman, nyaman sampai tujuan..bissmilah jgn lupa berdoa :)

    ReplyDelete
  5. Aku pas mudik nanti udah menjelang HPL jadinya was2 mau mudik atau enggak.hihi bener banget pakaian yg longgar itu lebih nyaman untuk bumil..

    www.dinalangkar.com

    ReplyDelete
  6. Aku kok kadang nggak berani mengingatkan kru bus. Soalnya kadang orangnya galak. Bu hamil tuh pakaiannya harus nyaman saat mudik tuh emang bener banget mbak. Nice sharing mbak Wuri.

    ReplyDelete