Friday, September 29, 2017

Menjadi Duta Zakat atau Donatur di Lembaga Amil Zakat Semarang

Apa itu duta zakat?
Sedangkan kalau donatur, kayaknya sudah banyak yang paham, ya.
Nah, setiap manusia itu pada dasarnya suka berbagi, kan? Baik itu berbagi materi, tenaga, pikiran, ilmu, atau apapun asal hal yang positif.
Kalau contoh berbagi ilmu seperti pengalamanku di artikel ini: 5 Pertanyaan Seputar Ngeblog.
Khusus untuk yang ingin berbagi lewat uang, bisa memilih lembaga amil zakat yang terpercaya. Agar sumbangan kamu sampai ke orang yang tepat.


Saat ini, ada beberapa lembaga amil zakat yang bisa jadi pilihan kamu. Khususnya untuk kamu yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya, bisa memilih LAZ Baiturrahman (LAZISBA) atau lembaga amil zakat yang berada di bawah pembinaan Yayasan Pusat dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman. Apalagi sudah terdaftar dalam SK Kemenkumham No AHU-10075.50.10.2014 pada Tanggal 3 Desember menjadi Yayasan Lazis Baiturrahman.

Terus, uang yang terkumpul biasanya buat apa aja?
Yayasan Lazis Baiturrahman itu punya 4 program, lho:

Satu, di bidang ekonomi. 
Nama programnya adalah KUBAH (Kredit Usaha Barokah). berupa pemberian bantuan modal pada Mustahik (atau orang yang berhak menerima zakat, infaq, dan shodaqoh) tanpa bunga. Sudah dilakukan di Desa Tambak Mulya (bagi para nelayan, tahun 2009), di Mangkang (tahun 2009), Tegowanu-Karangawen (bagi petani di tahun 2009), Cepoko-Gunung Pati (tahun 2010–2015), serta di Tambak Rejo-Kali Gawe (tahun 2014 - 2019).

Dua, di bidang pendidikan. 
Ada program BUS (Bea Siswa Untuk Surga) berupa pemberian bea Siswa untuk anak asuh tingkat SD, SMP, dan SMA. Ada juga program Sekolahku Indah yaitu pemberian bantuan renovasi bagi sekolah–sekolah yang belum memenuhi standar, program Maksum (Masjidku Tersenyum) yaitu bantuan untuk pemberdayaan masjid agar lebih makmur, program ELC (Education Learning Centre) yaitu pusat pengembangan Pendidikan bagi mustahik, program Asyik (Taman Syiar Qur’an) pendirian TPQ didaerah rawan Aqidah serta pedampingannya, hingga Santri (Sahabat Anak berprestasi) atau program pengiriman assatid yang mendampingi anak asuh serta guru mengaji di TPQ yang telah didirikan.

Tiga, di bidang kesehatan.
Program yang berjalan adalah BERCERITA (Bersalin dan berbagi cinta) atau bersalin gratis untuk mustahik, program IBU–KUS (Ibuku sehat – Anaku Cerdas ) atau pemeriksaa dan penguatan serta peningkatan gizi Ibu dan anak di desa binaan atau yang telah terdata sebagai mustahik. Selain itu, ada juga baksos kesehatan di daerah binaan hingga Sunah (Sunat Barokah) yaitu program Sunat gratis bagi anak yatim piatu, yatim, duafa. Seperti di foto milik Lazis Baiturahman ini:


Empat, di bidang kepemudaan atau SABAB (SATUAN PEMBINA UMAT LAZISBA). 
Program tersebut menciptakan pemuda muslim yang sempurna IMAN dan ILMU yang siap menegakkan Islam, berkarakter Islami, mandiri dan berjiwa sosial tinggi, sumber dai–dai dalam pembinaan, sebagai sarana pengembangan semangat Entrepreneurship di kalangan pemuda, dan yang lainnya.

Semua program di atas, bisa berjalan berkat tiga sumber dana, yaitu infaq dan zakat serta shodaqoh, dana CSR perusahaan, hingga dana program dari donatur tertentu dengan rentang waktu tertentu pula. Artinya, setiap orang bisa menjadi donatur dengan memberikan zakat, infaq, dan shodaqoh di Lazis Baiturrahman. Berapapun nominalnya, tentu menjadi kontribusi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya di sekitar Semarang.

Bagi yang merasa belum memiliki materi untuk disalurkan, bisa menjadi Duta Zakat yaitu relawan yang membantu mereka memberi informasi kepada masyarakat luas mengenai Lazis Baiturrahman.

Untuk informasi silahkan hubungi:
Sobat Zakat Lazis Baiturrahman
FB / Fanspage : Lazis Baiturrahman
IG: @lazisbaiturrahman
Twitter: @lazisbaiturrahm
Call center : 085100999774

20 comments:

  1. Makasih infonya mbak manfaat banget.pengen juga nih jd duta zakat

    ReplyDelete
  2. Bersodaqoh dengan banyak cara ya wurii. Yang punya kemampuan materi mrnyimbang dengan uang, yang belum ada bisa bantu share informasi siapa tau bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Semakin banyak yang bersedekah, makin banyak pula yang akan terbantu ya mbak Wuri. Makasih infonya, semoga bisa turut andil membantu saudara2 kita yang membutuhkan

    ReplyDelete
  4. Emang lebih enak bs menyalurkan ke badan amil yg tepat dan terpercaya kek laziba y mba wuri. Semoga bisa turut serta menjadi donatur atau duta zakat aah..

    ReplyDelete
  5. Setiap irang bisa jadi duta zakat bila belum mampu mendonasikan harta, iyes setuju banget. Sharing seperti ini juga sama ya, jadi duta zakat melalui artikel di blog

    ReplyDelete
  6. Semoga bisa ikut membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan amin

    ReplyDelete
  7. Semoga makin banyak yang menjadi dita dan donatur zakat, infak dan sedekah ya Aamiin 😊

    ReplyDelete
  8. Semoga dengan semakin banyaknya orang yang berzakat akan ikut membantu orabg-orang miskin supaya kehidupan mereka menjadi lebih baik lagi, aamiin..

    ReplyDelete
  9. Semoga bisa tertib berzakat, rutin berinfaq dan sodakoh lewat amil yg terpercaya seperti LazizBa

    ReplyDelete
  10. Terima kasih informasinya mbak wuri,sangat bermanfaat,semoga sy bisa istiqomah berzakat

    ReplyDelete