Sunday, February 20, 2011

indahnya INDONESIAku (bagian awal) : eksotika alam

Negara Indonesia memang dikenal sebagai negara kepulauan. Mengandung potensi alam yang elok tak terkira. Di Indonesia, kita bisa melihat daratan sekaligus lautan yang membentang luas. Indonesia, memiliki kelebihan yang rasanya patut untuk dikembangkan.
Saya senang hidup di Indonesia, terlepas dari segala kekurangannya di negara ini. Izinkan untuk berbagi kecantikan negara Indonesia dari kacamata saya.



PULAU. Tentunya Indonesia memiliki banyak sekali pulau dengan pemadangan yang meninggalkan decak kagum. Foto ini diambil di salah satu daerah di pulau Ternate, Maluku Utara. Maluku memang sebagai provinsi yang terdiri dari beragam pulau. Awannya yang biru pekat, walaupun panas, tetapi sedikit terasa hawa sejuk, cuaca yang bersih (yang jelas polusinya masih sedikit). Satu hal, selama satu minggu di Ternate, hanya 1 kali melihat seorang anak jalanan, hal ini juga diperkuat dengan pidato Sultan Ternate pada waktu itu, bahkan pengemispun aku belum melihat di Ternate. Di Ternate, bisa memakan ikan-ikan atau sagu sebagai ciri khas makanan setempat. Dan, oleh-oleh perak dengan karakteristik tersendiri.



AWAN. Entah kenapa saya suka lihat awan. Langit yang biru dan cerah dengan paduan embun putih seakan menyejukkan mata. Oh... so beautifull !!! yang paling membuat saya rindu dengan daerah Indonesia lain (tepatnya bukan perkotaan besar) adalah awannya yang layaknya masih suci tidak tersentuh oleh bahaya racun udara. Walaupun saya suka awan, tapi jarang kutemui awan seperti dalam foto ini. Seakan terputus-putus tetapi masih bergerombol. Foto ini dari landasan Bandara Wolter Monginsidi Kendari Sulawesi Tenggara, sambil nunggu penumpang antri masuk pesawat, tak sengaja melihat pemandangan awan unik. Sampai hampir lupa harus masuk pesawat.



GUNUNG. Indonesia memiliki banyak gunung, untuk di Ternate, gunung dikelilingi oleh perkotaan Ternate di dalam satu pulau kecil di Ternate yang hanya seluas 547.736 km2 (dari data wikipedia). Foto ini diambil dari pulau Tidore, sekitar 10 menit dari Ternate via speedboat. Gunungnya bernama gunung Gamalama (hmmm rasanya nama yang tidak asing ya dunia artis ibukota). Dari pulau Tidore, bisa melihat keindahan alam Ternate jauh lebih luas, seakan gunung Gamalama sebagai raja dengan rakyatnya adalah kota yang amat sangat kecil. Rasanya bisa menghabiskan banyak jam hanya duduk termenung melihat indahnya gunung Gamalama.



KAWASAN BROMO. Salah satu tempat eksotik bagi saya adalah Bromo, Jawa Timur. Di Bromo, banyak sekali keindahan yang patut dikunjungi, ada kawah gunung bromo, ada padang hijau, ada goa, ada pasir yang membentang, ada daratan tinggi yang bisa melihat gunung semeru, dll deh. Pokoknya kalo ke sana, banyak titik yang wajib dikunjungi. Tapi, kalo mo lihat sunrise, siapin bekal pakaian yang super tebal ato bisa membeku kedinginan. Sambil melihat eksotika alam, sekaligus mengenal lebih dekat suku Tengger yang mayoritas bersembahyang di Pura. Bahkan ada satu pura berdiri di tengah pasir kawasan Bromo.



KOTA DARI ATAS. Berada di kawasan dataran tinggi bisa melihat tatanan kota, atau kalo malam, bisa melihat lampu2 kota yang gemerlap. Foto ini dari Brastagi, sekitar 2 jam dari kota Medan via mobil. Pemadangannya memang bagus, tetapi jauh lebih menantang adalah cuacanya yang dingiiiinnnnn. Saya berada di sana pukul 12 siang tepat, tapi, rasa dingin menusuk hingga tulang (soalnya ga bawa jaket, kirain kayak di puncak). Brastagi memiliki ketinggian 4594 kaki. Berisi tanaman2 hijau yang besar dan rindang. Sesekali pedagang stroberi menawarkan dengan harga miring. Dari brastagi, bisa melihat kepadatan kota di bawah, sekaligus pemadangan bukit di sampingnya.



PELANGI. Waktu itu, liputan reruntuhan tempat bersejarah, yaitu istana Banten. Tanpa sengaja saat sunset mulai bergerilya, ada pelangi di matamu (ga kok) ada pelangi yang mewarnai merahnya awan yang mulai ditinggalkan oleh matahari. Aslinya sih indah banget, tapi karena tangan saya memegang kamera yang biasa banget, ya... jadi gini deh hasilnya. Lamaaaaaa sekali pelangi menampakkan wajahnya. Lamaaaaa pula aku menatapnya hingga lupa harus wawancara dengan guide-nya. Saat itu, saya bersama tim liputan dan seorang guide berada di tengah reruntuhan istana Banten yang memiliki luas sekitar 3 hektar!!! Di tempat itu pula, saya berhasil meng-capture pelangi secara sempurna.



BURUNG DI AWAN. Tak sengaja, ketika otw dari bukit foramadyahe (sekitar 10km dari pusat kota Ternate) menuju balik ke instana Ternate, ada terlihat Maitara, tetapi, yang dibahas bukan Maitaranya (fotonya ada di uang rp.1.000,-), karena seketika ada burung yang terbang kencang dari arah utara, lalu mengambil ikan di laut dan terbang setinggi mungkin. Susah dijelaskan dengan kata2, tapi saya dan teman-teman takjub!!! Untung, sempat saya abadikan tuh burung. tapi aku ga tau namanya (belum kenalan soalnya).



SUN RISE OR SET. Sebenarnya ini pas sunrise, tapi kok kayak sunset, ato sama saja ya??? Saya suka sekali menanti matahari terbit (kalau enggak ngantuk) dari pada tenggelam. Mungkin karna udara pagi yang cenderung menyejukkan. Foto ini ketika saya sempatkan waktu di kota Bau-bau, pulau Buton, kalo di peta, pulau Sulawesi yang paling bawah dan paling kanan. Tepatnya di pantai Bau-bau, maklum hotelnya di seberang pelabuhan atau pantai (berdekatan soalnya). Pergerakan malam ke pagi ditandai pergantian warna awan yang menarik. Dari gelap, merah maroon, agak oranye gelap, kuning cerah, lalu terang benderang!!! Fyi, menuju pulau Buton itu 3 jam dari Jakarta, terus 1 jam darat, terakhir 5 jam via kapal laut...



KAWAH BERUBAH WARNA, pasti banyak yang sudah tahu tentang kawah putih, terletak di Ciwidey, Bandung Selatan. Kawah ini bisa berubah warna dalam 1 hari. Tapi jangan lama2 di nih kawah, bau belerangnya lekat di hidung. Selain kawah, ada juga gua sebagai tempat penyimpanan barang pada jaman Belanda. Udaranya juga sejuk, tapi harus melalui pendakian mobil dengan jalan yang super hancur dan meliuk-liuk.



KALI. Kalinya luas, airnya bersih, seakan membawa ketenangan tersendiri. Kalau mau "keluar" sejenak dari kepenatan kota. Kali Gung menjadi salah satu solusi. Posisinya di daerah jawa tengah. Sekaligus melihat orang-orang sebagai pengeruk pasir, atau alam yang berupa bukit hijau sebagai pemisah antara dua desa.



SAWAH. Salah satu keinginan yang belum terwujud adalah....mencoba sendiri menjadi petani, mulai pupuk hingga bajak sawah. Sayangnya belum ada satupun petani yang merelakan sawahnya saya acak2. Sawah yang hijau adalah Indonesiaku. Senangnya sesekali berada di pinggir sawah sambil makan ikan asin (seru kali ya). Melihat katak kecil berkeliaran di sela sawah. Melihat orang sawah dan melihat anak-anak main layang di pinggir sawah.



PANTAI. Ada beragam pantai di Indonesia. Ada yang berpasir, ada pula yang langsung berbatasan dengan dinding karena terlalu bahaya (bingung mo jelasinnya), seperti pantai tandus seperti dalam foto di ujung Jawa Timur. Pokoknya kalau ketemu air....rasanya suenaaaaanngggg sekali!!! Asal bukan air comberan. Sesekali naek perahu pantas untuk dicoba. Mengeliling pantai menuju ke pulau seberang. Menyenangkan !!! Walau terik panas matahari, yang penting pantai. Pantai memiliki daya tarik tersendiri, airnya yang bergelombang, suasananya yang selalu ceria, seakan selalu menawarkan rasa riang tiada ternilai (halah lebay kiy!) Pantai ancol, pantai anyer, pantai sendang biru, pantai pangandaran dan pantai lain yang memiliki kecantikan tersendiri.



DANAU. Danau yang paling terkenal di Indonesia adalah..... danau toba (versi wuri). Danau toba memiliki daya tarik tersendiri dengan alam yang penuh bukit, luas air danau yang biru membentang, dan kesejukan yang mendatangkan ketenangan. Tidak heran, banyak bule-bule yang enggan beranjak dari pulau samosir itu. Khas suku batak juga masih terlihat di pulau samosir yang terletak di tengah danau toba. Hingga kini, saya belum pernah mencoba sejauh mana dalamnya tuh danau toba.



TERUMBU KARANG. Fotonya mang ga jelas. Makanya aku perjelas kalo ini tuh terumbu karang. Maklum, kamera jadul. Ini diambil di pantai sendang biru, malang selatan. Paling enak tuh sebelum berpantai ria, wajib makan ikan laut yang besar2 dan murah!!! Terus naek perahu kemanapun kita mau. Sambil melihat terumbu karang, tapi kalau keasikan bisa-bisa tuh perahu tertahan sama terumbu karang, jadinya agak susah pas balik lagi ke peradaban. Menikmati segala sesuatu dari alam amat sangat menyenangkan.



PADANG TELETUBBIES. Tingki wingki...dipsi...lala...poooo... Yap. memang banyak orang bilang ini adalah tempat teletubbies suting. Yang jelas, bukanlah!!! karna ini masih di kawasan Bromo, Jawa Timur. Hamparan rumput hijau, rapi dan pemadangan sekitar yang memikat mata. Rugi kalo belum pernah kesini. Alamnya sangat luassss, kalian bisa tiduran sepuasnya, bermain bola sepuasnya, berlari sekencangnya. Datarannya yang bergelombang semakin menambah nilai plus padang savana ini. Padang savana adalah nama aslinya. Tentu ketenangan akan selalu "ditawarkan" oleh padang ini.



KAWAH GUNUNG. Yang aku tahu itu... kawah gunung bromo (jawa timur) seperti yang ada di foto, kawah tangkuban perahu (jawa barat) dan kawah dieng (jawa tengah). Memang tidak akan mampu bertahan lama di dekat kawah karena identik dengan belerang. Tetapi, pemadangan sekitar kawah yang menawarkan sesuatu yang menarik, seperti kesejukan cuaca, pemandangan yang perfekto hingga tukang dagang aksesoris yang ramai, bahkan ada juga yang foto keliling.

Indonesia tidak hanya memiliki keindahan alam saja, tetapi keunikan lain serta sejarah yang menarik untuk disimak... ini hanya sepenggal cerita alam Indonesia dari kamera saya. *berdasarkan pengetahuan wuri selama perjalanan dan sedikit ilmu pasti dari internet.

-bersambung kayak novel-

Bagian kedua.

Bagian ketiga.

10 comments:

  1. I actually want to book mark this particular blog, “indahnya INDONESIAku (bagian awal) :
    eksotika alam « Wuri Nugraeni” on my internet site. Do you really care if perhaps
    I personallydo it? Thanks a lot ,Johanna

    ReplyDelete
  2. Speechless, beautifull Indonesia :D

    ReplyDelete
  3. Indah banget Indonesia
    Pengen ke Boromo, Mbak. Belum kelakon sampe sekarang :(

    ReplyDelete
  4. Wah.... kapan yah saya nyampe ke tempat foto-foto itu diambil, indah beneeeeer Mbak :)

    ReplyDelete
  5. semoga mbak segera ke sana ya, aku rekomen banged lhooo :-)

    ReplyDelete