7 Alasan Pakai Semen Baturaja Jika Ingin Bangunan Kokoh dan Tahan Lamo

Semua bangunan adalah aset jangka panjang. Baik itu rumah yang dihuni sendiri, rumah yang disewakan, gedung kantor, gedung gudang, kos-kosan, dan masih banyak lagi. Namun, selama ini banyak orang yang fokus bagaimana merawat bangunan. Padahal, yang tidak kalah penting adalah bagaimana membuat bangunan agar aset bisa bertahan dalam waktu yang lama?


Jawabannya adalah, memilih bahan bangunan yang berkualitas. Salah satunya adalah memilih semen dengan tepat.

“Semen adalah zat yang digunakan untuk merekat batu, bata, batako, maupun bahan bangunan lainnya.”

Mudahnya, semen seperti lem ketika kita membuat prakarya. Apa jadinya jika kita menggunakan lem yang tidak berkualitas? Tentu ada bagian-bagian lain yang tidak merekat lagi. Untuk bangunan, maka membuat lebih cepat retak dan rusak.

Salah satu semen yang berkualitas adalah Semen Baturaja. Kenapa?


#1 Memiliki panas hidrasi rendah sehingga tidak mudah retak


Semua semen akan panas lalu mengembang selama proses pengerasan sehingga bisa mendorong batu yang membuatnya retak. Untuk menyiasatinya, ketika membuat bangunan di daerah yang suhunya lebih tinggi harus memilih semen yang memiliki panas hidrasi rendah, sehingga selama proses pengerasan pun tidak mendorong batu dan tidak membuat bangunan retak.



#2 Mampu membuat permukaan lebih halus


Apa rasanya ketika melangkah tanpa alas kaki, atau di jalan raya sambil menaiki kendaraan, tapi plasterannya tidak rata? Tentu tidak nyaman. Jika tanpa alas kaki juga akan terasa berjalan dan sakit. Namun, ada Semen Baturaja memiliki kualitas yang membuat lapisan plasteran dan beton lebih halus.

#3 Semen yang kedap air


Hujan tidak bisa kita hindari, sehingga memungkinkan airnya masuk dan meresap ke dalam sela-sela bangun. Untuk menyiasatinya, memilih semen yang kedap air sehingga hujan lebat pun bisa tetap menghalangi air masuk ke dinding. Pasalnya, air yang masuk ke dalam dinding akan membuat dinding lembab dan cepat merusak bangunan.

Semen Baturaja membuat plasteran lebih halus dan kedap agar sehingga bisa tidak mudah rusak.


#4 Kuat terhadap sufat sehingga bangunan tahan lama


Salah satu masalah terbesar membuat bangunan adalah, adanya serangan dari bahan kimia, sulfat. Pasalnya, sulfat membuat bangunan mengembang sehingga membuat dinding cepat patah dan rusak. Namun, Semen Baturaja menggunakan bahan berkualitas sehingga bisa tahan terhadap serangan sulfat.



#5 Membuat adukan lebih praktis


Untuk membuat “lem” pada bangunan, perlu mencampur semen dengan air. Maka, Semen Baturaja menggunakan bahan tertentu dan berkualitas sehingga proses adukan tersebut bisa lebih cepat. Artinya, memudahkan tukang yang mengerjakan bangunan, serta waktu pembangunan menjadi lebih pendek, kemudian biaya yang dikeluarkan jadi lebih murah pula.

Semen Baturaja memudahkan pekerja membuat adukan.


#6 Sudah ada sejak tahun 1974


Semen Baturaja sudah ada sejak 14 November 1974 lalu. Artinya, sudah menjadi produsen semen selama hampir 48 tahun. Sepanjang perjalanan waktu inilah membuat Semen Baturaja terus berusaha menghasilkan semen yang terus berkualitas dan semakin lebih baik lagi. Semen Baturaja berusaha mencari solusi terhadap masalah industri bangunan agar bisa membuat bangunan yang tahan lama atau tahan lamo.

#7 Harga yang terjangkau


Rumus untuk mengetahui apakah harganya terjangkau atau tidak, bukan dari angka harganya tapi dari membuat perhitungan.

Contohnya seperti ini:
Bangunan A => membutuhkan total semen (anggap saja agar mudah) sekitar 1 juta. Umumnya bangunan bisa bertahan 10 tahun.
Bangunan B => membutuhkan total semen (anggap saja agar mudah) sekitar 2 juta. Umumnya bangunan bisa bertahan 50 tahun.

Sekali dilihat, Semen B terlihat lebih mahal tapi sebenarnya lebih terjangkau, karena perhitungannya:
Bangunan A => Mengeluarkan 1 juta untuk bangunan bertahan 10 tahun.
Bangunan B => Mengeluarkan 2 juta (2 kali lipat dari pada Semen A), tapi bangunan bisa bertahan 50 tahun atau 5 kali lipat dari pada Semen A.

Jadi, sebenarnya lebih terjangkau Semen B karena mengeluarkan lebih di awal saja, tapi bisa digunakan untuk waktu yang lama.




Apalagi, banggunan adalah aset sehingga tentu ingin bertahan dalam waktu yang lama. Sayang sekali jika sudah membuat bangunan tapi tidak bisa kuat bertahun-tahun, sehingga harus mengeluarkan materi untuk memperbaiki lagi dan lagi.

Maka, semua diawali dengan memilih bahan bangunan berkualitas, seperti memilih semen yang tepat, yaitu Semen baturaja yang memiliki keunggulan tersendiri. Tidak hanya untuk pemilik bangunan, tapi juga buat para pekerja yang membuat bangunan menjadi lebih cepat dan praktis, serta tetap bisa bertahan lama.

Nah, semakin ingin memiliki bangunan yang kokoh dan tahan lamo, semakin membutuhkan Semen Baturajo.





Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Semen
https://semenbaturaja.co.id/
https://bangunsumatera.com/artikel/keunggulan-menggunakan-semen-baturaja

Comments

  1. Baru tahu kalau semen itu berbeda-beda ya

    ReplyDelete
  2. Soal rumah memang semen perlu dipertimbangkan karena ini yang berperan penting dalam kokohnya bangunan. Mantep ini semen baturaja walau belum pernah mendengarnya, tapi belakangan ini kayaknya semen ini menjadi pilihan banyak orang. Jadi penasaran, bisa digunakan kalau butuh buat renovasi rumah. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete

Post a Comment