Dukungan PT Gaya Makmur Mobil (GMM) dengan Truk Euro 5 untuk Menjaga Lingkungan

Sering mendengar istilah kampanye go green, kan?
Sering pula mendengar jika salah satu sumber polusi lingkungan adalah dari gas yang dikeluarkan oleh kendaraan, kan?
Namun, semua orang juga tidak bisa lepas dari kendaraan, kan?
Maka, solusinya adalah memilih kendaraan yang paling minim efeknya kepada lingkungan. Salah satunya memilih kendaraan dengan euro 5.


Apa itu kendaraan dengan euro?

“Standar emisi Euro adalah standar yang digunakan negara Eropa untuk kualitas udara di negara Eropa.”
Sumber: https://www.gaikindo.or.id/sekilas-tentang-standar-emisi-euro-iv-di-industri-otomotif-indonesia/

Seiring berkembangnya waktu, kendaraan di Indonesia juga mengikuti standar emisi di negara Eropa. Kendaraan tersebut juga akan berusaha menjadi lebih baik, termasuk bisa mengurangi efek negatif untuk lingkungan.

Lalu, bagaimana dengan euro 5?

“Semakin tinggi standar Euro yang ditetapkan maka semakin kecil batas kandungan gas karbon dioksida, nitrogen oksida, karbon monoksida, volatil hidrokarbon, dan partikel lain yang berdampak negatif pada manusia dan lingkungan.”
Sumber: https://www.gaikindo.or.id/sekilas-tentang-standar-emisi-euro-iv-di-industri-otomotif-indonesia/

Saat ini, di Eropa sudah ada kendaraan sampai label euro 6. Artinya, semakin tinggi angkanya, maka semakin kecil dampaknya kepada lingkungan.

Bagaimana dengan di Indonesia?

Berdasarkan Peraturan Menteri lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV. Maka Indonesia memberlakuan kendaraan dengan standar emisi Euro 4.

Kemudian, mulai memberlakukan kendaraan dengan standar emisi Euro 5 dengan batas maksimal 2027 nanti. Artinya, saat ini beberapa kendaraan mulai beralih dari Euro 4 ke Euro 5. Salah satunya adalah kendaraan dari PT Gaya Makmur Mobil (GMM).



PT Gaya Makmur Mobil atau GMM adalah agen distributor tunggal FAW Truck Indonesia sejak tahun 2009. Sementara, FAW Truck adalah produsen trek dari Tiongkok, yang bernama First Automobile Work atau yang lebih populer dengan nama FAW. Beberapa mobil truck yang dijual adalah trek pengangkut sampah (Dump Truck), truk pengaduk (Mixer Truck), traktor yang bagian kepala (Tractor Head), dan truk kargo (Cargo Truck).

Dengan perjalanan waktu lebih dari 13 tahun ini, tentu GMM akan terus memberi yang terbaik, termasuk menggunakan trek yang sudah mengantongi standar emisi euro 5. Pasalnya, GMM tidak berkomitmen memberikan produk truk yang berkualitas untuk semua pelanggan, tapi juga untuk semua pihak termasuk, kendaraan yang rendah kandungan gasnya.

Kenapa harus GMM?


#1 Memiliki produk dump truck irit bahan bakar


Variannya adalah horse power, payload, yang spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan operasional customer. Trek pengangkut sampah ini sangat cocok untuk industri di bidang pertambangan, konstruksi, perkebunan, oil dan gas, hingga forestry. Konfigurasinya adalah 4×4, atau 6×4, dan 8×4.

Salah satu dump truck atau trek pengangkut sampah yang sudah menggunakan standar emisi euro 5 adalah, dump truck FD280DT (6x4). Keunggulannya adalah punya kabin yang luas sehingga lebih nyaman ketika berkendara, serta punya tenaga kuat sehingga tanpa rintangan selama trek beroperasi di berbagai medan. Meski begitu, memiliki torsi yang besar dengan RPM yang rendah yang membuat irit bahan bakar.

Dump truck FD280DT (6x4) memiliki torsi yang besar sehingga bisa irit bahan bakar.


#2 Ada pilihan tractor head yang berkualitas


Untuk tractor head dengan standar emisi euro 5, sudah ada 4 pilihan, yaitu FD290TH (6x4), FD550TH (6x4), DB290TH (4x2), dan FD460TH (6x4). Keunggulannya memiliki sistem penggerak roda belakang, dengan konfigurasi 4×2 dan 6×4 berfungsi sebagai penarik trailer. Baik itu jenis container trailers, tank trailers, heavy duty trailer, cargo trailer, low bed triler, tipper atau side dump trailers. Tractor head ini sangat cocok untuk industri transporter cargo, mining, oil and gas, heavy duty transport, dan lainnya.

Khusus di FD460TH (6x4), tractor head-nya sudah memiliki kapasitas bahan bakar yang ebsar, yaitu mencapai 400L (bahkan ada pilihan yang 600L). Selain itu, sudah memiliki power hingga 460HP.

Tractor head sudah memiliki sistem penggerak roda belakang.


#3 Memiliki produk Cargo Truck dengan power dan torque mumpuni


Cargo truck termasuk tipe untuk angkutan logistik atau transporter cargo yang tetap mengutamakan kualitas, keselamatan, daya tahan dan kenyamanan mengemudi. Untuk cargo truck dengan standar emisi euro 5, sudah ada FD290CG (6x4) yang memiliki power hingga 290HP, artinya memiliki kecepatan yang tepat meski di medan yang berat, serta memiliki torque hingga 1600Nm yang artinya mesinnya memiliki daya dorong awal yang kuat. Konfigurasinya adalah 4×4, atau 6×2, maupun 6×4, dan ada pula yang 8×4.

Cargo truck dengan power 290HP yang artinya memiliki kecepatan meski di medan yang berat, serta torque 1600Nm sehingga memudahkan trek cepat bergerak ketika baru menyala.

#4 Ada mixer truck berbagai varian


Truk molen atau mixer truck didesain khusus bisa berjalan dengan baik, meski di daerah perkotaan hingga pedesaan, dari jalanan besar hingga jalan yang sempit. Konfigurasinya adalah 4x2 atau 6x4. Untuk konfigurasi 4x2, artinya ada 2 roda penggerak dan memiliki 4 roda. Begitu pula dengan yang 6x4, yang artinya memiliki 6 roda tapi yang menjadi roda penggerak adalah 4 roda.

Untuk konfigurasi 4x2, artinya ada 2 roda penggerak dan memiliki 4 roda.


Truk molen yang sudah memiliki standar emisi euro 5 adalah FD290MT (4x2). Keunggulannya adalah dapat menjangkau banyak tempat dan campuran beton dapat diubah dengan mudah. Selain itu, trek akan bisa melalui di berbagai medan jalan.

#5 Memiliki pelayanan purna jual sebagai value tersendiri


Jadi, meski proses jual beli usai, lalu seiring jalannya waktu ternyata ada masalah dengan trek, maka konsumen bisa mendapatkan service sesuai garansi yang berlaku. Konsumen bisa memenfaatnya after sales service ini. Meski kenyataannya, komplain minim terjadi karena GMM selalu menjaga kualitas kendaraan hingga bisa sampai ke tangan konsumen.

#6 Memiliki penjualan suku cadang


Sebuah kendaraan tentu tidak lepas dengan suku cadang. Semua kendaraan pasti memiliki usia tersendiri sehingga ada bagian-bagian yang tidak berfungsi maksimal seperti saat kendaraan masih baru. Untuk memudahkan konsumen mendapatkan suku cadang yang terbaik, GMM juga menjual suku cadang yang dibutuhkan. Ini adalah bentuk totalitas untuk kepuasan konsumen.

#7 Mengadakan pelatihan teknik dan mengemudi


GMM juga mengadakan pelatihan teknik dan mengemudi melalui jaringan di berbagai kota besar di seluruh Indonesia. Hal ini juga memudahkan pihak konsumen yang tidak hanya membutuhkan kendaraan, tapi juga membutuhkan tim teknisi atau tim pengemudi yang handal. Tentu teknisi dan supir yang melalui pelatihan akan lebih paham bagaimana harus menggunakan atau mengatasi masalah pada kendaraan.

#8 Trek untuk berbagai bidang


Trek GMM bisa digunakan untuk berbagai bidang industri.
Antara lain:

Industri yang bergerak logistik => terlebih menjamurkan toko online maka industri logistik kian berkembang

Industri konstruksi => kebutuhan rumah dan fasilitas lain meningkat sehingga industri kontruksi pun meningkat

Industri pertambangan => produk pertambangan akan selalu dibutuhkan masyarakat sehingga akan berkembang

Industri kehutanan => produk dari hutan akan selalu dibutuhkan

Industri perkebunan => produk dari kebun menjadi kebutuhan penting



GAMBAR 3

PT Gaya Makmur Mobil atau GMM akan selalu mendukung pertumbuhan sektor industri Indonesia, melalui produk yang terbaik (trek hingga suku cadangnya, pelayanan terlengkap, purna jual, pelatihan teknisi dan supir), dan kendaraan terbaru seperti meluncurkan kendaraan euro 5 agar lebih ramah terhadap lingkungan.

Kendaraan GMM dengan standar emisi euro 5 bisa menjadi solusi agar industri terus berkembang dengan tetap berusaha menjaga lingkungan.





Sumber referensi:

https://gmmobil.com/
https://www.gaikindo.or.id/sekilas-tentang-standar-emisi-euro-iv-di-industri-otomotif-indonesia/
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201112151936-384-569042/batas-emisi-mobil-euro-5-berlaku-2027-di-indonesia


Comments

  1. Bener banget, kendaraan penyumbang polusi terbesar karena hampir semua orang menggunakannya setiap hari. Wah baru tahu truk euro, menarik ini bisa jadi salah satu solusi untuk mengurangi gas di udara. Mantep! Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. senangnya kalau polusi kendaraan bisa semakin ditekan ya, jadi industri berkembang dan lingkungan berusaha dijaga

    ReplyDelete

Post a Comment