Tips Menulis Artikel yang Banyak dalam 1 Hari

Bingung mau posting apaan ya? Kalau sudah gini sih waktunya keluarkan tips menulis saja ya, hehehe. Seperti judulnya, kalau kali ini aku mau kasih tips step by step bisa menulis lebih dari 1 artikel dalam 1 hari. Apa saja ya?

Baca juga: Tips Menulis Lainnya

Tips Menulis Artikel dalam jumlah yang Banyak dan hanya 1 Hari
 

1. Buat target menulis

Buat target menulis 1 hari yaitu: minimal 2 artikel (boleh lebih dari 2 kok). Tulis target tadi dan pajang di tempat Anda biasa menulis. Biar kamu termotivasi. Biar suami/anak tahu dan mau mengingatkan kamu soal target menulis biar konsisten

2. Bikin jadwal khusus menulis dan konsisten

Nggak usah nunggu jadwal kosong baru bisa menulis. Tapi, harus punya jam khusus menulis sendiri dan tentukan sekarang juga. Kamu sendiri yang tahu, jam berapa waktu pas buat menulis.

3. Gali ide

Kapan pun punya ide, langsung catat di HP. Lagi makan mendadak punya ide nulis kuliner khas lokal, catat di HP dulu. Bisa juga, googling soal topik terkini untuk cari ide.

4. Buat kerangka

Biar proses menulis mudah, buat kerangka atau “gambar kasaran” kamu akan menulis nanti. Harus dibiasakan, ya, jangan langsung nulis, biar lebih runtun nanti artikelnya.

5. Tulis bagaimanapun nanti hasilnya

Ketika sudah jam menulis, ya harus menulis. Tapi lagi nggak mood? Paksa nulis! Jadikan nulis sebagai aktivitas sehari-hari dengan konsisten menulis, ya.

6. Siapkan reward dan punishment

Biar makin semangat, siapkan reward dan punishment. Reward: kalo hari ini berhasil bikin 2 artikel, bakal boleh minum susu cokelat (misalnya). Punishment: kalo hari ini cuma nulis 1 artikel, besok harus minimal 3 artikel.

7. Tingkatkan target

Menulis itu keahlian. Kalau konsisten menulis, bakal jadi terbiasa nulis. Kalau awalnya, nulis 1 artikel itu bisa 2 jam (misalnya, dengan konsisten nulis, lama-lama bisa kok hanya 30 menit, atau bahkan kurang dari itu.


Jadi:

Target

Jadwal

dan

Konsisten

Okeh?


Semoga tips menulis di atas bermanfaat dan harus praktek yaaakkk...


 

Comments

Post a Comment