Cara Memulai Bisnis Online dari Nol yang Mudah dengan Rumahweb

Jumlah bisnis online sekarang semakin meningkat. Namun, masih banyak juga yang ingin berbisnis online tapi tidak tahu harus melakukan apa, atau pernah berbisnis online tapi berhenti entah karena sepi pembeli hingga alasan waktu yang tidak ada. Menurut saya, ada 3 alasan terbesar yang membuat orang ragu mulai berbisnis online.


3 Alasan Terbesar Ragu Mulai Berbisnis Online:

1. Takut

Entah itu takut ditolak ketika nantinya menawarkan produk, atau takut nggak laku karena sudah membeli beberapa produk tapi tak kunjung ada pembeli sehingga stok menumpuk saja. Ini wajar sih karena ketika pertama kali melakukan sesuatu, untuk semua hal, pasti merasa takut. Tapi bedanya, berbisnis harus mau membuang rasa takut.

2. Bingung

Selain takut, biasanya yang membuat orang ragu memulai bisnis online adalah bingung atau nggak tahu harus ngapain? "Saya pengen jualan, tapi bingung harus jualan apa, terus jualannya gimana?" #curhat. Ini juga wajar, karena belum punya pengalaman kan? Tapi berbisnis harus mau mencari ilmu agar tidak bingung melakukan apa saja.

3. Followers sedikit

Ada orang yang ragu mulai berbisnis karena jumlah followers atau teman mereka di dunia online yang sedikit. Pada mengira kalau jualan online mau laris ya harus punya followers banyak. Padahal, jumlah teman online itu bisa banget bertambah kalau tahu caranya dan praktik. Sebenarnya, jumlah followers juga tidak selalu menentukan jumlah closing kok.


Lalu Bagaimana Solusinya?

1. Mengubah mindset

Yang pertama adalah mengubah mindset. Caranya, katakan berkali-kali: semua pebisnis pasti pernah ditolak. Ibaratnya seperti ini: mungkin sekarang Anda ditolak 100 kali, tapi bisa jadi bulan depan Anda mendapatkan order 1000 kali, atau jauh lebih banyak, karena Anda tidak berhenti mencoba meski ditolak lagi dan lagi di masa awal berbisnis.

2. Mencari ilmu

Ketika bingung memulai berbisnis online itu, maka harus mencari ilmu. Carilah ilmu seputar cara memulai bisnis online. Bisa lewat googling atau channel Youtube, hingga yang berbayar seperti kelas bisnis. Biasanya, mengawali bisnis online adalah mencari produk atau jasa yang dijual, lalu mulai promosi dengan gaya bercerita.

3. Memaksimalkan digital marketing

Banyak yang berbisnis online hanya mengandalkan media sosial atau marketplace. Padahal, masing-masing "media" di digital marketing itu punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Misalnya, media sosial memang bisa membuat followers ingat karena bisa diposting setiap hari dan muncul di timeline followers. Namun, media sosial sangat terbatas. Padahal calon customer mungkin ingin bertanya banyak hal, seperti mengenai bahannya, atau variannya, atau hal lainnya.

Itulah kenapa untuk memaksimalkan digital marketing sebaiknya juga punya website, atau blog, atau toko online sendiri. Tidak harus ketiganya, tapi usahakan punya salah satu saja. Sebenarnya yang paling pas di awal berbisnis adalah memiliki website.

Kenapa?
Karena di website, Anda bisa menampilkan semua informasi mengenai produk, sehingga semakin bisa meyakinkan calon customer dan mereka akhirnya memutuskan mau membeli.

Apalagi, karakter calon customer itu beragam. Ada yang lebih suka membaca dan tidak suka bertanya lewat chat. Karena, kalau calon customer chat dan bertanya, nantinya takut nomor WA-nya disimpan toko online, terus besoknya sering dapat BC. Selain itu, bisnis online yang punya website akan terlihat lebih profesional sehingga lebih cepat dipercayai oleh calon customer. Tahu sendiri kalau bisnis online itu sangat tergantung pada kepercayaan customer.



Tapiii, nggak bisa membuat website. Mau belajar sendiri dari nol kayaknya butuh waktu lebih lama lagi. Tenang! Sekarang sudah ada pelayanan pembuatan website. Bahkan ada banyak pilihannya. Nah, Anda harus hati-hati ketika memilih pelayanan pembuatan website.

Perhatikan 5 Hal Ketika Memilih Layanan Pembuatan Website:

1. Pembuatan cepat

Ini penting banget karena waktu terus berjalan sehingga Anda bisa cepat mengelola bisnis online. Umumnya, setelah pembayaran terverifikasi bisa langsung aktif, tanpa menunggu lagi. Namun, jika memakai ekstensi tertentu, seperti (dot) co, (dot) id, (dot) or, (dot) id, atau ekstensi lain yang memiliki persyaratan tertentu, itu umumnya membutuhkan waktu lebih, tapi tetap tidak lama.

2. Menjaga privasi

Ini juga enggak kalah pentingnya, karena ada data-data Anda yang akan disimpan di tempat pembuat website. Misalnya, database customer adalah harta karun bagi pebisnis, hingga untuk toko online harus memastikan kalau sistem transaksi keuangan juga aman dan detail. Pilih layanan pembuatan website yang bisa memberikan jaminan keamanan semuanya.

3. Memiliki hosting di Indonesia

Kenapa justru memilih tempat hosting di Indonesia? Jika customer Anda mayoritas berada di Indonesia, sebaiknya memilih layanan hosting di dalam negeri juga, karena kecepatan customer mengakses website Anda juga akan lebih optimal, dari pada jika Anda memilih tempat hosting di luar negeri.

4. Sudah memiliki sertifikasi

Anda bisa memilih layanan pembuatan website yang sudah memiliki Parallels Certified Service Provider. Artinya, tempat tersebut sudah sesuai standar persyaratan teknis dan administratif untuk memberikan layanan virtualisasi berbasis teknologi Parallels Virtuozzo. Sertifikasi ini membuat tenang karena sudah diakui internasional karena reputasi, kemampuan, dan kehandalan infrastrukturnya.

5. Bisa konsultasi

Tentu Anda ingin semua urusan pembuatan website itu beres. Jika ada hal yang ingin ditanyakan juga mudah berkonsultasi. Anda bisa melihat apakah tempat hosting tersebut memiliki layanan konsultasi atau chat dengan admin mereka atau tidak. Jika ada, maka pilihlah.




Setelah saya melakukan riset, 

Ternyata 5 poin di atas, semuanya ada di Rumahweb. Apalagi menyediakan yang lengkap, seperti domain, unlimited hosting, hingga cloud hosting (untuk yang memiliki data besar). Terus, siap memudahkan Anda memiliki website, toko online, hingga email bisnis dengan:

πŸ’“Cepat

πŸ’“Ada penjelasan menjaga privasi

πŸ’“Berada di Indonesia

πŸ’“Sudah memiliki sertifikasi

πŸ’“Memiliki tim CS yang siap menerima konsultasi


Belum lagi, ada beberapa kelebihan lain, seperti:

πŸ’“Sudah terakreditasi ICANN => ICANN adalah Internet Corporation for Assigned Names and Numbers. Jika sudah terakreditasi maka sudah memiliki kemampuan teknis yang mumpuni, kemampuan finansial yang kuat, dan kemampuan manajerial yang tertata rapi.

πŸ’“Google cloud partner => memiliki layanan komputasi cloud yang dimiliki oleh Google sehingga lebih aman.

πŸ’“Panel Noc partner => teknologi yang membuat orang awam akan mudah menggunakannya.

πŸ’“Alibaba cloud partner => sehingga terjaga keamanan data.

πŸ’“Litespeed hosting partner => web server yang cepat.



“Tapiii, mahal nggak tuh?”

Mari membuat perhitungan:

Membeli domain (atau alamat website) => biasanya memilih yang (dot) com itu sekitar 135 ribu/tahun.

Membeli hosting (atau tempat menyimpan semua data) => ada beberapa pilihan seperti entry, small, medium, large dengan biaya beragam. Umumnya pakai yang medium sekitar 30 ribu/bulan.

Domain = 135 ribu/tahun dibagi 12 bulan = 12 ribu/bulan
Hosting = 30 ribu/bulan
Total = 42 ribu/bulan



Sekitar 42 ribu/bulan rasanya sangat terjangkau kan?


Terlebih banyak sekali manfaat mengelola digital marketing. 

Yang tidak hanya memiliki akun media sosial, tapi juga website, atau memakai blog, hingga memiliki toko online. Apalagi customer masa kini lebih suka mencari informasi melalui mesin pencari google dahulu, sedangkan google lebih cepat mengenali website, dari pada media sosial.

Artinya, memiliki website bisnis adalah keharusan, karena juga bisa mendatangkan customer dengan sendirinya. Apalagi semakin mudah memiliki website bisnis karena sudah ada Rumahweb.


Comments

Post a Comment