Tips Parenting Anak: Ketika Anak Mau Rusuh Pas Webminar

Masih ingat dengan postinganku sebelumnya, kalau di tahun 2020 kemarin punya 1 pengalaman baru, yaitu sharing online di zoom atau google meet? Harus sudah baca dulu ya #maksa.

Ini nih link-nya ya: Contoh Copywriting itu Ngapain Aja

Ternyata, tantangannya adalah gimana bisa sharing tanpa ada kerusuhan dari Anak Lanang? Maklum, Anak Lanang bangun dan ibu nggak ada di rumah (padahal ibu ke warung dekat rumah beli telur), itu hebohnya kayak ditinggal pergi ke bulan, hehehe.

Akhirnya aku menemukan tipsnya:

Satu, kasih penjelasan kepada anak
Sebelum hari H, aku sudah kasih tahu kalau hari ini, jam sekian sampai jam sekian, anak sama bapak dulu ya, soalnya ibu mau ngomong di depan laptop, banyak teman-teman ibu yang mau dengerin.
Yang namanya Anak Lanang ya ngotot pengen ikut lah. Akhirnya buat perjanjian boleh asal nggak berisik. Apakah berhasil? Baca selanjutnya dulu.

Dua, minta dukungan dari suami
Kasih tahu pak bojo kalau hari apa, jam berapa sampai jam berapa aku harus ngisi sharing online. Minta tolong ajak anak bermain bersama. Kalau aku, siapkan beberapa “senjata” biar anak lupa sama ibunya sebentar. Tentu yang menentukan dan menyiapkan “senjata” itu harus ibu, hehehe. Apa saja “senjata”nya? Nanti di berikutnya.

Tiga, kasih “senjata” buku aktivitas
Ini tergantung kesukaan anak masing-masing ya. Kalau Anak Lanang memang suka mengisi buku aktivitas, dia bisa anteng di meja, ibunya pun bebas nge-drakor wkwkwkw. Jadi aku siapkan dulu, sembunyikan dulu, bilang bapake kalau anak mulai mau masuk kamar ya baru sodorkan bukunya.

Empat, kasih “senjata” stiker
Anak Lanang suka banget sama stiker. Waktu itu aku siapkan juga. bahkan sampai 2 atau 3 renteng stiker gitu ya. Jadi anak bisa tempelkan stiker, terus mau pindah tempat juga bisa, maka siapkan buku stikernya juga.

Lima, kasih jajan
Ini adalah “senjata” terakhir deh kayaknya. Siapkan jajanan favoritnya. Biasanya aku keluarkan di jam-jam terakhir sharing, soalnya memang kadang Anak Lanang itu caper. Misalnya pas sesi tanya jawab, aku jawabin pertanyaan peserta, eh, dia juga mau ikutan bantu jawab, modyar! Suaraku kan kalah cempreng sama suara Anak Lanang.

Enam, jika terpaksa maka dipangku
Ini yang pernah aku lakukan juga. Jadi kayaknya Anak Lanang pengen wajahnya nongol di kamera laptop, kayak wajahku juga. Tapi aku siapkan kertas dan bolpen, jadi dia bisa menulis sambil duduk didepanku. Nggak dipangku ya, soalnya Anak Lanang sudah berat, hahaha.


Tahu nggak, Anak Lanang tanya kapan Ibu ngomong sama teman-temannya di laptop lagi? Hahaha. Pertanyaan itu muncul sekitar pertengahan Desember, karena bulan Desember aku kosong sharing online, hihihi.

Yah, begitulah kehidupan Mom Copywritter ini. Sepaket sama Anak Lanang, seru, lelah, tapi tidak akan terlupakan. Nah, gimana dengan pengalamanmu?



Comments

  1. Lucu banget sih Mba, kerennya lagi nggak ada poin yang dikasih gadget ya Mba. Buku aktivitas dan jajan aja cukup. Kalau aku lagi ikutan webinar, anak udah caper dikit yowes lah ku kasih gadget biar dia anteng di sampingku. Hiks

    ReplyDelete
  2. Mantap nih tipsnya hrs dicb nih pas zoom Faber Castell nt hehe..anakku klu aku dandan dikit dia pasti tahu dikira aku mau pergi jauh, pdhl zoom d depan leppi

    ReplyDelete
  3. Kaish jajan dan aktivitas seru aku pun gitu tapi tetep jarus ada yg dampingin jadi ya biasanya tak titipin ibuku mbak kalo aku webinar ato ngajar. Sebisa mungkin ga gadget deh

    ReplyDelete
  4. Mengatur siasat agar nggak dirusuh anak sih memang penting. Jadi pingin nyatat semua tips ini. Biar jadi bekal saat nanti yuni menikah dan punya anak. Jadi nggak bingung lagi saat harus ikut webinar. Anak aman, webinar pun lancar. Hehehe

    ReplyDelete
  5. Anak lanangku udah sibuk ngeksis sendiri dengan kaumnya hehehee... Seru ya kisah dengan anak yang masih kicik, selalu ada hal-hal tak terduga yang harus kita hadapi dengan kepala dingin *diguyang es :))

    ReplyDelete
  6. Kalau pas ga harus oncam aku ga masalah anak main di deketku Mba..sama sih biasanya dikasih kesibukan apalah biar ga ikut pencet2 laptop, klo pas on cam, anak2 kuminta di luar ruang kerja dulu dan dikasih waktu

    ReplyDelete
  7. Kalau ada webinar, klo bisa ya janjian dulu ama ayahnya si bocah buat momong. Tp klo pas ga bs biasanya senjata terakhir klo ga mau main sendiri adalah nonton.

    ReplyDelete
  8. Arkaan... Pengen ikutan sharing juga kayaknya ya. Lucu ya jadi kangen pengen masuk web cam seperti sebelumnya. Keren Wuri ah, tetep bisa produktif meski sambil momong anak

    ReplyDelete
  9. Gemess banget ya mba Wuri kalau dirempongin anak lanang tapi kita hepi nggak bisa marah. amunisinya
    banyak banget hahahha

    ReplyDelete
  10. Hihi keren deh Arkan sudah bisa mengerti kalau mamaknya lagi on duty cuap-cuap isi webinar ya, punya kegiatan sendiri sambil menunggui Mamak selesai kerja...

    ReplyDelete
  11. Astaga, sama banget sama anak lanangku.
    Walau sudah kelas 5SD, tetep saja penasaran dan ikutan ngintip pas webinar atau kelas online sedang jalan ^^

    ReplyDelete
  12. Arkaan lucu ya, pengen eksis ddepan kamera jg 😂 aq jd kangen job ngezoom mba 😂 wkkkk

    ReplyDelete

Post a Comment