Contoh Copywriter itu Ngapain Aja?

Sebenarnya nggak pernah terbayang jadi copywriter. Semua berawal dari suka nulis, terbit buku solo, dan belajar otodidak gimana promosi buku pakai medsos karena nyaris gratis, hehehe. Ternyata ada yang kepo blog dan medsosku lalu ditawarin jadi copywriter. Dan, itulah pertama kali aku mendengar kata COPYWRITER, hihihi. Tentu lewat masa percobaan dulu dan alhamdulillah masih dipercayai sampai sekarang. 

Baca juga: Cara Menjadi Copywriter

Iyes, sampai menjelang akhir tahun 2020 ini masih setiap hari ngetik copywriting di netbook, pakai daster #eh, dengan backsound suara ceriwis Anak Lanang, hahaha. Apalagi masuk masa pandemi jadinya banyak di rumah aja. Ternyata, kondisi seperti ini justru datang tawaran kasih pelatihan menulis, tentu secara online. Ini jadi pengalaman seruku, meski hanya mengisi 5 kelas online selama tahun ini. Ternyata asyik yak.

Ada yang lewat grup WA aja, jadinya jempol keriting karena kasih materi segambreng dan balas tanya jawab. Ada juga yang lewat zoom atau google meet, bedanya Anak Lanang ikut nimbrung biar terlihat di kamera netbook dan bibirku yang jontor ngejelasin, hahaha, tapi tetap hepi kok.

EH, malah ngelantur, padahal mau nulis tentang, sebenarnya copywriter itu ngapain aja sih?

Yang jelas dan yang utama adalah, bikin tulisan promosi “halus”

Atau istilahnya soft selling, jadi bikin tulisan promosi tapi nggak kelihatan iklan banget. Jadinya, yang baca suka isinya, dan tidak sadar kalau dikasih tahu seputar pentingnya pakai produk tersebut. Akhirnya, mereka beli deh.

Kalau aku sih, bikin copywriting buat blog dan media sosial kantor, juga bikin copywriting buat tim penjualan.

Masih belum terbayang copywriting itu gimana?

Saya kasih contohnya ya, bair kamu juga bisa membedakan.

 

Contoh #1 (hard selling):

Ready Boneka "Mengaji"

Ada mutoral, doa pendek, dll.

Rp 900K

 

Contoh #2 (soft selling):

Maaak, sudah tahu kalau IDAI, itu tuh, Ikatan Dokter Anak Indonesia, itu masih menyarankan anak-anak tetap di dalam rumah saja dulu selama pandemi?

Soalnya anak-anak tergolong yang rentan sekaligus bisa menjadi carrier. Tapiii, siapa yang susah minta anak di dalam rumah aja?

Ngacung yuuukk!

Nah, coba deh Emak bikin jadwal kegiatan bermain bersama anak. Misalnya, mewarnai bersama (kan ada juga mewarnai yang buat dewasa), dll.

Terus, ajak anak membantu tugas rumah tangga biar nggak bosan. Misalnya, mereka bagian potong sayuran, dll.

Dan, batasi pakai gadget. Tapi kalau anak saya alhamdulillah sudah stop gadget sejak kenal Boneka Hafidz ini. Anak bisa bermain dengan Boneka "Mengaji", Emak bebas me time nonton drakor, wkwkwkw.

 

TERASA bedanya?

Yang contoh 2 itu copywriting, karena kasih edukasi buat target pasar kalau biar anak aman di masa pandemi dan mau di rumah aja ya bisa pakai produk itu.

 

Yang kedua tugas copywriter adalah belajar

Iya dong, dulu aku sering bikin copywriting berupa tips aja, lalu setelah belajar ternyata bisa bikin copywriting yang lucu, yang inspiratif, dll. Terus, ternyata banyak sekali pilihan kata-kata agar nggak pakai kata “beli” biar benar-benar soft selling.

TENANG, semua butuh proses kok. Awalnya terasa ngiklan banget, awalnya kok nggak menarik, awalnya nggak yakin. Tapi teruslah menulis karena pasti makin ciamik, makin kece, makin bikin kepo sama jualannya.

NAH, Ada pertanyaan soal copywriting? nanti saya coba jawab di artikel selanjutnya #ModusCariIdePosting hihihi.


 

Comments

  1. Skill yang harus pintar membuka kalimat yang kemudian menggerakkan orang untuk mau melakukan action yaa Mba.. .dan kudu subtle serta soft kalau mau menjual sesuatu.

    ReplyDelete
  2. Bahkan dulu kukira copywriting itu orang yang nyontek tulisan orang. Hahaha.. ternyata berkaitan sama soft selling, oon banget deh.

    ReplyDelete
  3. Colek2 kalau ada kelas copywriting lagi yaa..aku pengen belajar juga,biar bisa ikutan pinter seperti Ibuknya Arkaan ini..hehe..

    ReplyDelete
  4. nggak mudah membuat tulisan copywritter memang. butuh latihan terus menerus. Tapi kita nggak boleh patah semangat dong. Belajar dari ahlinya kayak kakak pasti oke...

    ReplyDelete
  5. Copy writing itu butuh skill menulis dan diksi yang tepat ya mbaa. buat aku yg kemampuan nulisnya gini2 aja tuh susah loh, hihi. Harus belajar banyak dari mb Wuri nih

    ReplyDelete
  6. Aku kenal kata copywriting dari bukunya mbak Dee yang Perahu Kertas,, Kugi si tokoh utama bekerja sebagai copywriter. Sampe buku selesai, aku masih nggak paham apa itu copywriting. Eh ternyata,, udah sering aku lakukan tapi kurang paham.
    Ditambah lagi penjelasan mbak Wuri yang gampang dicerna, makin paham.

    ReplyDelete
  7. Mbak aku pengen belajar copy writing nih jadinya. Ntar kalo ada kelas lagi ku daftar ya. Lumayan nambah2 ilmu kepemilikan lagi

    ReplyDelete
  8. Jd tahu byk nih ttg copy writing.. ternyata copy writing itu luas ya n butuh keterampilan menulis khusus Ndak mb?atau semua penulis pasti bisa?

    ReplyDelete
  9. Masih perlu banyak belajar nih tentang copy writing terutma masalah soft selling soalnya kebanyakan nulis hard selling jadi bawaannya gas poll wkkwkw makasih ilmunya kakak

    ReplyDelete
  10. Selalu suka cara jualan cantik di Soft Selling.
    Manalagi kalo ceritanya dikemas enak, mengalir, plus ada sisi-sisi komedianya.
    Kadang malah jadi suka nggak ngeh, kalo sebenarnya lagi jualan produk tertentu ^^

    ReplyDelete
  11. Takjub aku pas dirimu berbagi ilmu di kelas copywriting Ruang Aksara say banyak yang dipelajari ternyata..Insya Allah Februari kita bikin kelas lagi yuuk via Zoom hihihi

    ReplyDelete
  12. Aku suka belajar copywriting. Mak Wuri panutanque 😍😍


    Dulu... Banget aku tahu copywriting gara2 baca novel. Eh, pas di kampus ada matkul creative writing dan pas ada dosen tamu di kelas itu (dosennya dari Ilkom) dan beliau cerita banyak tentang profesi satu ini. Aku mupeng... Haha

    ReplyDelete
  13. Intinya berarti harus halus ya bahasanya meskipun maksudnya jualan, entah barang ataupun jasa. Kalau kayak di blog gitu tuh termasuk copywriting nggak sih?

    ReplyDelete
  14. Duh, kangen ada kelas copywriting lagi deh mba. Dlu dah belajar dr mb wuri pdhl, tp krena g dpraktekin jd lupa

    ReplyDelete
  15. agak susah ya mbak belajar copy writing. aku pengen lebih belajar lagi biar makin ngerti

    ReplyDelete
  16. Ada teknik enggak, Mbak, biar bahasa copywriting kita sesuai target market? Aku gagap nih, dasarnya emak-emak, copywritingnya ya nuturi emak-emak, giliran target marketnya remaja, ambyarrrr.

    ReplyDelete
  17. Beda bangeeettt ya mba, kalau yang hard selling itu ya cuma baca terus udah lupa gitu, ga ada sensasinya. Tapi kalau soft selling itu bikin kepo, jadi penasaran, terus lebih mudah memberikan daya tarik gitu

    ReplyDelete
  18. PR besar banget buat aku mba Wuri, dulu pas balik dari Hk mengeluti dunia tulis terus dilirik buat jadi content writer di website dari situlah juga banyak mengenal copywriting. Tapi belum pinter banget. Aku suka cotonh ke2, luwesnya.

    ReplyDelete

Post a Comment