7 Fakta IRT sekaligus Penulis Indonesia


IRT alias ibu rumah tangga jaman now itu banyak juga, lho, yang menjadi penulis. Ada yang jadi blogger, penulis buku, copywriter kayak aku, uhuk, dan profesi penulis lainnya yang pastikan bukan kaleng-kaleng meski dikerjakan sambil momong bocah. Tapiii, tahu nggak di balik IRT yang jadi penulis itu seperti apa?

Baca juga: Tips Menulis
Satu, membaca 1 buku itu butuh waktu lama, Buk-ibuk!
Mau jadi penulis memang butuh bacaan, biar ilmu menulis up date, dan nggak cuma gosip artis aja yang apdet, eh. Biasanya aku baru baca 1 kalimat, lumayan sering direbut oleh Anak Lanang, huhuhu. Tapi ada sisi positifnya, budget beli buku berkurang karena setiap mau beli terus mikir: di rumah masih banyak yang belum dibaca.

Dua, godaan ketika anak bobok.
Pas anak bobok, ah, ibu bisa me time nih. Tapi, bagi penulis bisa menjadi momen bebas mengetik di depan komputer. Sayangnya, pas nemenin anak tidur itu biasanya ibu juga ikut tidur, wkwkwkw. Ya, kan? hayooo, ngaku!

Tiga, niat lembur mengetik tapi jadinya bermain bersama anak.
Ini juga. Jadi, niatnya mengetik di depan komputer, karena melihat anak sibuk sama mainannya sendiri. Tapiii, baru nyalain komputer ternyata Anak Lanang tiba-tiba merengek dan minta bermain bersama Ibu. Sebagai ibu yang mirip bidadari ini #JanganMuntahYa, ya milih bermain dengan anak dulu, lah #pencitraan.

Empat, asyik nulis 1 paragraf lalu anak minta p*p.
Pas anak lagi sibuk bermain sendiri, lalu aku bebas menulis, tapiii ... “Ibu, p*p,” kata Anak Lanang.
Yah, mau gimana lagi, soalnya masih belum bisa sendirian. Tarik napas panjang, hembuskan bonus aroma pete yang habis dimakan.

Lima, ngetik cantik di depan laptop dengan badan jadi landasan Anak Lanang bermain mobil-mobilan.
Ya gitu deh punya anak lanang, mainan mobil-mobilan bisa di mana saja. Di dalam kulkas, di bawah jemuran, sampai di badan ibu. Ya kadang agak geli gimana pas ngetik, hahaha. akhirnya tergoda selonjoran aja, deh.

Enam, nulis dengan backsound suara mainan anak.
Anak Lanang pernah punya mainan laptop, kadang pas aku ngetik, dia mainan itu. Tapi kan isinya musik-musik gitu dan suka disetel kencaaang.
Ibu: Kecilin, Nak
Anak Lanang: Ha?
Ibu: Kecilin, Nak
Anak Lanang: Ha?
Gitu aja terus, hiks.

Tujuh, pengennya belajar menulis pas kopdar, tapi jadinya momong bocah pindah tempat aja.
Acara kopdar itu semacam mood booster aku menulis dan sebagai ibu, karena bisa refreshing. Pengennya sih sambil belajar menulis lagi dan lagi. Tapi pas sampai lokasi, anak masih hobi lari sana-sini, jadinya ... kejaaaar!!!
Tapi sejak Anak Lanang usia 4 tahun ini sudah mulai, kadang ya, ngerti untuk duduk pas aku kopdar, hehehe. Masa kejar-kejaran itu mulai berkurang.

Ada yang mau menambahkan?


Comments

  1. Hihihi... gitulah mbak anak2. Kalau diem aja masuk angin dong. Aku pernah di fase itu 4 th yg lalu. Sekarang iya kadang2. Lebih aman kalo tengah mlm bangun. Ngetik semua kerjaan. Meski gakelar. Ayem aja. Dan ngedraft sebanyak2nya berpuluh2 gitu hihihi biar pas ada gangguan si kecil or kondangan or pkk dll aman jaya. Ada stok yg selalu siap...

    ReplyDelete
  2. Ya Allah kocak deh bacanya... Emang ya kerja di rumah itu godaangodaannya adaaa aja...termasuk ketika kita tergoda untuk main sama anak

    ReplyDelete
  3. Masalahmu sama kok dengan aku yang anaknya udah gede, tapi juga gak ada waktu untuk baca buku, hikss. PAdahal dulu waktu mereka masih balita, aku punya waktu baca buku. Biasanya saat mereka tidur, etapi sekarang aku yang banyak tidur, hihiii

    ReplyDelete
  4. Wah bener banget tuh Mbak. Saya sendiri juga merasakannya semua itu kok hehe

    ReplyDelete
  5. Memang benar nih Mbak. Semua hal harus dilakukan ya kalau ada si kecil ini hihi

    ReplyDelete
  6. Hahaha memang semuanya benar nih Mbak, tapi bagaimanapun itu juga harus tetap menulis ya hehe

    ReplyDelete
  7. Wah ternyata susah juga nih ya Mbak, kalau harus menulis dengan adanya si kecil seperti itu

    ReplyDelete
  8. Semangat nih Mbak meskipun ada si kecil juga harus tetap menulis dan berbagi ilmu

    ReplyDelete
  9. Kalau gedean dikit ntar anaknya, pas mereka sekolah, bukannya nulis tapi malah kepo-kepoin sosmed..

    ReplyDelete
  10. Dinikmatin saja buuu... ga lama lagi kau akan kangen dengan semua dinamika yang ditulis di sini. Believe me ;)

    ReplyDelete
  11. Tantangan IRT sekaligus penulis memang banyak ya.. Itu sebabnya aku salut banget pada IRT yg ttp produktif menulis, seperti dirimu!

    ReplyDelete
  12. Baca poin ke enam berasa mereka ulang kejadian yang kualami di rumah saat ngomong sama anakku lanang wkkwkwkw.. Terus auto nyanyi "kuingin marah, melampiaskan.."

    ReplyDelete
  13. Ahahahah. Baca tiap poinnya sambil ketawa dan seperti lagi ngadep cermin 😂😂 anak-anak tuh memang ya.... Gemesin sekaligus menguji keimanan eh kesabaran

    ReplyDelete
  14. Baru nyalain laptop mau nulis, malah keinget belum nyuci, ngepel, ganti sprei, dll haha. balada mak-mak nih

    ReplyDelete
  15. Tantangan kita ya mbak. Gimana kerjaan beres dengan banyak intermezo. Walau kerja di rumah tapi tetap menguras energi.. Semangat

    ReplyDelete
  16. Aku belum mengalami fasemu mba wkwkw
    Semoga biaa melewati semuanya hehehe
    Dinamika hidup yang kudu dijalani

    ReplyDelete

Post a Comment