7 Gaya Menulis. Kamu Nomor Berapa?


Jangan bayangkan menulis pakai gaya katak, gaya kupu-kupu, atau gaya bebas kayak renang, ya. Jadi, menurutku penulis itu juga punya berbagam macam gaya, meski tidak semuanya harus ditiru, ya? hehehe. Soalnya, gaya tersebut bisa membuatmu produktif menulis, atau justru sebaliknya, ini ba-ha-ya!

Sebelumnya, cek beberapa tips menulis alaku DISINI, ya.

Yang pertama, wajib menyediakan camilan
Konon, camilan itu bisa menjadi mood booster untuk menulis. Ibaratnya, lagi menulis novel denagn setting di negara gingseng, sambil makan theokbokki (jajanan Korea), biar bisa makin lancar nulisnya, hihihi. Tapi, biasanya malah jadi kenyang terus ngantuk dan nggak lanjut nulis. Ya, kan? *jiwit kalau bohong.

Yang kedua, tidur dulu biar dapat wangsit
Ada juga yang mengaku tidur dulu biar pas bangun segar dan punya ide baru untuk menulis. Memang sih itu benar. Tapi kalau baru bangun pagi, terus nggak mood nulis, masak jam 7 pagi sudah tidur lagi? Ya enggak, kan? Jadi, tidurnya tetap di jam tidur aja.

Yang ketiga, refreshing dengan chatting
Biasanya, baru nulis 1 kalimat, terus bingung mau ngelanjutin apa, jadinya buka WA ah. Siapa tahu mata lagi jenuh lihat ms.word nih. Tapi, kenyataannya malah keasyikan membaca chatting sampai nggak terasa sudah berjam-jam! Waduh! Ibarat emak-emak yang baru nulis 1 kalimat, terus ditinggal gosip di grup WA, eh, sudah siang dan waktunya jemput anak sekolah. Batal deh nulisnya, hiks.

Yang keempat, sibuk menatap layak putih
Ada juga yang 2 jam di depan layak komputer, tapi jari nggak gerak sama sekali, alias cuma melototin layar putih di ms.word tuh, hihihi. Kayaknya itu lagi melamun seseorang, ya? hayooo, ngaku.

Yang kelima, malah FB-an
Ada juga yang terlihat sibuk di depan layar komputer, jarinya juga asyik ketak-ketik, tuh. Apakah lagi menulis? Tidak semudah itu, Marimar! Ternyata sibuk nyetatus dan balas-balas komentar. Oalah, FB-an toh. Kalau FB-an terus, ya kapan PR naskah kelar? *ngaca dulu ah, hihihi.

Yang keenam, pasang target
Ini sih yang paling bener, kayaknya, hohoho, yaitu pasang target. Sehari harus bisa menulis berapa banyak? Meski cuma setengah halaman, yang penting konsisten menulis setiap hari, nanti lama-lama makin lincah tuh jari. Dari yang awalnya nulis setengah halaman, lama-lama bisa 10 halaman dalam waktu yang sama. Bener! Ini bukan sulap, nggak pakai dukun, tapi “hadiah” dari konsistensi. Cieee, tumben kayak orang bener aja nih.

Yang ketujuh, hhhmmm apa ya?
Coba kamu tambahkan di kolom komentar aja, ya *plak! Habisnya biar kece gitu pakai angka 7, kayak 7 nada, 7 hari, 7 milyar, eh #moto ijo.

Oh ya, aku juga posting video 5 Gaya Menulis di channel youtube (wuri nugraeni) punyaku, ya. Kayak gini:


Comments

  1. Hihihi.. Pinginnya bisa kayak nomer 6. Biar kayak orang bener aja deh kita hehehe..

    ReplyDelete
  2. Kalo aku saat apapun harus bisa mbak. Cuma jenuhnya itu lho... camilan jelas nggak. Tuh bikin kotor hihi... ini sangat bikin nulis gajadi2. Yg berat pas jenuh ini. Aku bisa war wer kmana2... entah sampai kmana gitu kalo urusan nulis dah kelar

    ReplyDelete
  3. Yang ke-7, menyusun outline karena sudah bengong 20 jam di bagian menyusun paragraf pertama.

    Hahahaha..

    Yang ke-8, kalau cara ke-7 masih gagal, nulis fiksi. Demi diksi tersalurkan dan akhirnya membantu bisa dapatkan paragraf pembuka.

    ReplyDelete
  4. Hehehe sudah coba semua gaya deh kayaknya. Kadang kadang kalau pas baca tulisan tulisan lama, eh kok bisa ya dulu nulis kayak gini

    ReplyDelete
  5. Kayaknya semua pernah dilakukan kadang malah kombinasi dari beberapa nomer hahaa.. Setiap penulis punya style sendiri yang penting 500 karakter terpenuhi. 😊😀

    ReplyDelete
  6. Kalo aku nulis jangan dikasih camilan mbak yg ada camilan abis tulisan ga ada kemajuan hahha. Cukup ditemani air putih ato kopi aja deh

    ReplyDelete
  7. Aku gaya apa yaaa?? Gaya kepepet kayaknya..klo dah kepepet waktunya kok ya lancar nulisnya..haha..

    ReplyDelete
  8. Nomor 7, bikin tulisan lain yang nggak sesuai niat awal hahaha ... Nomor 8, nulis mepet DL 😆

    ReplyDelete
  9. Nomer 7 itu, ngemal dulu cuci mata siapa tahu nanti dapat ide antimainstream. Tapi aku seringnya nomer 2 itu, tidur dulu ntar kan bangun tidur pikiran fresh bisa nulis

    ReplyDelete
  10. kalau aku tipe no 8 mba.. yaitu tipe mepet pet pet sama dl. xixixiix kalau blm dl tuh ide suka kemana mana n susah banget munculinnya

    ReplyDelete
  11. Nomer 7 : Nonton film dulu biar seger (lalu keasyikan dan lupa melanjutkan tulisan)

    Nomor 8 : Sibuk motret barang untuk pelengkap artikel. Berhubung ga kelar-kelar fotonya, ya ga jadi nulis.

    ReplyDelete
  12. Sering nomor 2, apalagi no 5, nggak jarang no 4. Piye tho, nulis pora Ki sakjane 😂

    ReplyDelete

Post a Comment