Manfaat Aplikasi HRD bagi Perusahaan

Halo, kali ini aku mau share informasi yang semoga bermanfaat buat kamu, ya. Pasalnya, seiring dengan perkembangan zaman telah bermunculan software atau aplikasi HRD yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan HRD di perusahaan dalam mengelola data administrasi. Salah satu aplikasi HRD tersebut adalah LinovHR. Perusahaan dapat menggunakan aplikasi untuk memudahkan pekerjaan HRD.

Banyak perusahaan yang saat ini telah memanfaatkan teknologi dengan menggunakan aplikasi HRD untuk pengelolaan data. Meski begitu, sebagian dari perusahaan-perusahaan tersebut masih kurang mengerti apa sebenarnya manfaat dari penggunaan aplikasi HRD. Hal ini membuat pihak perusahaan memandang kebutuhan akan aplikasi HRD sebagai kebutuhan yang bukan merupakan prioritas. Padahal, ada banyak manfaat dari aplikasi HRD yang bisa dirasakan ketika mengelola data perusahaan.

Satu. Efektivitas Waktu.
Menggunakan aplikasi HRD seperti LinovHR tentunya meningkatkan efektivitas waktu dalam bekerja. Dibandingkan dengan mencatat data karyawan secara manual, tentu beban pekerjaan pihak HRD akan menjadi lebih mudah ketika menggunakan aplikasi. Selain itu, pemanfaatan aplikasi juga bisa mempercepat kinerja HRD agar pekerjaan dalam pengelolaan data tidak menumpuk.

Karena menggunakan teknologi, sistem di dalam aplikasi dapat mengerjakan pengolahan data dengan lebih cepat. Dengan menghemat waktu, HRD dalam perusahaan dapat memanfaatkan waktu yang tersisa sebagai waktu tambahan untuk menyelesaikan pekerjaan yang lainnya.

Dua. Akses Informasi yang Fleksibel. 
Saat terjadi perubahan kebijakan atau perubahan data karyawan, pihak HRD tidak perlu repot-repot merombak ulang data-data yang sebelumnya telah dibuat. Dengan menggunakan aplikasi, tidak hanya HRD yang bisa mengakses data karyawan, melainkan para karyawan itu sendiri. Mereka dapat bersikap lebih aktif dengan mengambil inisiatif untuk memperbarui data pribadi mereka tanpa perlu berhadap dengan bagian HRD terlebih dahulu.

Setelah melakukan perbaruan data, aplikasi akan secara otomatis memperbarui data-data yang sebelumnya telah ada. Tentunya, pihak HRD sendiri juga akan mengetahui hal ini. Akses informasi yang fleksibel bagi seluruh karyawan akan membuat karyawan lebih mudah memercayai perusahaan tempat mereka bekerja.

Tiga. Mengeluarkan Biaya lebih Rendah. 
Perusahaan tentunya senang apabila modal yang harus dikeluarkan berkurang atau diminimalisir. Dengan menggunakan aplikasi HRD, biaya yang perlu dikeluarkan perusahaan dalam hal mengolah data juga akan berkurang.

Apabila dulu perusahaan harus merekrut banyak karyawan HRD karena banyaknya pekerjaan administrasi yang harus dilakukan, saat ini perusahaan bisa mengurangi jumlah karyawan HRD. Menggunakan aplikasi HRD dapat meringankan beban pekerjaan pihak HRD, sehingga tidak dibutuhkan jumlah karyawan yang terlalu banyak. Perusahaan pun jadi tidak perlu membayar gaji untuk jumlah karyawan yang lebih banyak.

Empat. Menghindari Kesalahan atau Error. 
Aplikasi HRD menggunakan sistem dengan memanfaatkan teknologi pintar. Tentunya, kemampuan sistem dalam mengolah data akan jauh lebih cepat dan akurat dibandingkan dengan kemampuan karyawan biasa. Oleh sebab itu, menggunakan aplikasi HRD dapat menghindari terjadinya kesalahan atau error dalam pencatatan administrasi.

Baca juga: 7 Kesalahan HRD yang Fatal dan Mematikan dalam Merekrut Karyawan

Selain itu, karena menggunakan teknologi, secara otomatis data yang tersimpan juga akan menjadi lebih rapi. Tidak hanya membawa keuntungan bagi perusahaan, tapi juga keuntungan bagi karyawan-karyawan lainnya.


Comments

  1. Aku kerja di perusahaan yang gak ada divisi HRD nya. Berasa kayak nggak ada deskripsi pekerjaan bagi masing-masing pekerjanya

    ReplyDelete
  2. Wah boleh juga coba aplikasi HRD nya

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak ya manfaat aplikasi HRD

    ReplyDelete
  4. Bener banget lebih efektif ya

    ReplyDelete
  5. Aplikasi ini khusus di komputer atau laptop gitu ya, Mbak? Atau malah sudah ada untuk smartphone?

    ReplyDelete

Post a Comment