Saturday, February 19, 2011

7 Tempat Wisata Alam Gunung Bromo yang Eksotis dan Wajib Dikunjungi


Tempat wisata alam Gunung Bromo yang eksotis dan wajib dikunjungi - Gunung Bromo memang jadi salah satu tempat wisata yang hits sejak zaman dinosaurus masih hengot di dunia ini (Eee... Iya kali ya?). Tulisan ini dibuat dalam rangka kasih kode biar niat liburan keluarga kecil benar-benar terlaksana #IyaKalauDiaBaca, hahaha. Kapan ya aku terakhir kali ke Bromo?

Berdasarkan memori yang mendekam di otakku, kayaknya baru 3 kali ke Bromo. Pertama pas tahun 2004, pulang-pergi, dalam rangka survei lokasi shooting buat UAS mata kuliah Perencanaan dan Produksi Audio Visual (PPAV). Iya, hasil akhir UASnya memang bikin film pendek yang masih berbentuk VCD, hehe. Kedua pas shooting-nya selama 3 hari. Masih inget juga, beberapa hari kemudian setelah kami pulang (enggak sampai seminggu, deh), Bromo-nya meletus, hiks. Yang ketiga bareng kameramen dan driver yang mampir ke Bromo pas kelar liputan di Malang di tahun 2008. Ya gitu deh, liputan luar kota wajib mencuri waktu buat liburan, ups (berhubung aku sudah resign, makanya berani ngaku di sini, hihihi)



Walaupun sudah 3 tahun tidak ke sana lagi, tampaknya Bromo juga masih jadi gunung, dan tempat wisata di sekitarnya juga enggak berubah kek power ranger, kan? So, buat yang niat meluncur ke Bromo, catat 7 titik wisata yang wajib dilihat langsung oleh mata kamu.

1. Kawah Bromo



Ya’iyalah, masak liburan ke gunung enggak mengintip kawahnya sebagai pusat wisata. Untuk menuju kawah bromo, bisa jalan kaki lewat pasir dan lanjut tangga, yaaa... sekitar 1 km kali? (soalnya enggak bawa meteran pas ke sana). Sehat, lho. Atau kalau enggak pengin betisnya mendadak bengkak gegara jalan kaki segitu panjangnya, bisa sewa kuda dengan harga terjangkau (pas tahun 2008 dulu sih 20rb, kurang tahu kalau sekarang #BukanCenayang).

2. Pasir 


Kalau Paman Gober punya kolam duit, di Bromo juga punya “kolam” pasir. Itu pun kalau kamu mau guling-guling di atas pasir Bromo. Menurutku, Bromo itu punya lautan pasir yang kecil-kecil, hehe, enggak ada juga ya pasir sebesar batu di Belitung. Nah, kalau berdiri di tengah pasir itu langsung kena terik panas matahari, tapi hawa dingin cukup menyelimuti badan kok. Jadi, campuran antara panas tapi sejuk, gitu. 

3.Watu Kuto



Ada juga yang namanya watu kuto. Itu tuh, batu yang mirip hewan semut, eh, singa yang tampak lagi duduk cantik. Katanya sih, batunya itu terbentuk sendiri. Yaaa... Bisa dibilang salah satu keajaiban alam kali (kataku sih).

4. Padang Savana


Walau di Bromo banyak banget pasirnya, ternyata masih ada juga rerumputannya, lho. Tuh buktinya ada fotonya. Namanya padang savana. Eit, kok kayak seting di kartun t*l*t*bb**s, ya ? Apalagi luas banget warna rumputnya, bisa buat lari dari ujung sana ke ujung sini, paling cuma dikira masa kecil kurang bahagia.

5.Gua



Waktu itu dikasih petunjuk sama Abang Guide Bromo. Diajak ke gua yang ternyata menuju ke gua-nya harus penuh pengorbanan tenaga, kayak waktu ngejar cinta kamu, taelah. Soalnya, aku harus melewati tanjakan yang berupa jalan setapak. Sempiiittt banget dan cukup terjal. Apalagi kiri kanan jalan setapaknya itu langsung jurang. Enggak percaya? Lihat tuh fotonya itu pemadangan di bawah yang aku ambil saat di bibir gua.

6. Penanjakan



Kalau ke Bromo, mending menginap deh, biar bisa menikmati momen matahari terbit. Waktu itu, aku harus bangun jam 3 pagi dan nungguin matahari terbit sebuah tempat yang bernama Penanjakan. Untuk menuju penanjakan harus naek jeep karena jalannya berkelak-kelok, dengan kanan kiri itu tebing atau jurang. Pantes aja, enggak bisa lanjutin boboknya di dalam jeep, soalnya jalannya meliuk-liku gitu, hehehe. Nanti pas lihat sunrise baru deh serasa “terbayar” walo harus bangun sebelum subuh. Kalau di foto itu jalan atau tangga menuju Penanjakan.

7.Gunung Semeru



Nah, di penanjakan itu bisa lihat gunung semeru, lho. Sayangnya, pas aku ke sana agak berkabut. Jadi semerunya cuma kelihatan bagian atasnya. Mungkin itu isyarat kalau suatu hari aku harus kembali ke sana lagi #KodeLagi, hehehe.

Nah, buat kamu yang punya rencana ke Bromo, pastikan baca tips di bawah ini:
1.Bawa baju tebal dan banyak. Biasanya berguna pas ke penanjakan yang dingiiinnn. Kalau aku dulu bisa tiga lapis. Tapi itu pun masih kedinginan, brrr...
2.Bawa duit. Yaiyalah. Mending sewa jeep seharian. Terus, minta anter ke seluruh pelosok Bromo. Asal jangan nyasar ke hati pak supir jeep, hihihi.
3.Bawa alarm. Buat yang boboknya kek kebo alias susah dibangunin. Kadang, alarm HP aja kurang nendang. Biar bisa bangun jam 3 pagi buta.
4.Bawa camilan pas menjelajah Bromo karena enggak semua titik wisata ada yang jual makanan or minuman. Asal jangan bawa jajanan sekarung. Berat!
5.Jangan lupa ajak aku sekeluarga, ya #NyariGratisan

Selamat berlibur di Bromo. Panggil namaku tiga kali saat sudah sampai di Bromo. Asal manggilnya jangan pake toa, berisik tau! Semoga bermanfaat informasi 7 tempat wisata alam Gunung Bromo yang eksotis dan wajib dikunjungi.

2 comments:

  1. MasyaALlah... makin pengen kesana nih..

    aku belum pernah mba.. *nangis di pojokan

    ReplyDelete
  2. Yuuk Gandjel Rel wisata ke Bromo, pasti seru tuuh *provokator :p

    ReplyDelete