Work Hard Play Hard bersama ASUS Vivobook Pro 14 OLED M3400

HEALING. Sekarang sering mendengarkan kata itu, kan? Meski sebenarnya kata “healing” lebih tepat untuk orang-orang yang sedang berjuang memulihkan jiwanya, tapi pada dasarnya setiap orang memang membutuhkan hiburan. Bahkan salah satu teori juga menegaskan pentingnya melakukan refreshing.

Menurut Teori Kebutuhan Virginia Henderson, seorang manusia hidup terdiri dari 14 komponen. Salah satunya adalah kebutuhan untuk refreshing.
sumber: https://www.gramedia.com/literasi/macam-teori-kebutuhan/


Tapi, tahukah kalau melakukan kegiatan refreshing itu tidak harus pergi jauh dan tidak harus mengeluarkan materi yang banyak?
Jawabannya adalah, cukup maksimalkan laptop. Dengan memiliki laptop, maka kita bisa menggunakan perangkat tersebut untuk bekerja produktif sekaligus menikmati hiburan dari mana saja dan kapan saja.

Kalau pakai ponsel gimana?
Bisa sih, hanya jika laptop umumnya memiliki layar yang jauh lebih besar sehingga lebih puas menikmati hiburan.

Semua orang sebenarnya membutuhkan laptop.


Enggak percaya?
Saya kasih beberapa contohnya ya:

#1 Anak muda membutuhkan laptop untuk belajar sekaligus hiburan


Bagi kalangan pelajar atau mahasiswa zaman now sudah membutuhkan laptop. Dari mulai mengerjakan tugas berupa tulisan, visual, hingga ada yang multimedia. Tidak jarang, pengumpulan tugas juga di cloud. Namun, mereka tetap bisa menggunakan laptop untuk menonton layanan streaming sebagai hiburan.

Laptop membantu pelajar dan mahasiswa mencari data untuk tugas, mengetik tugas, membuat tugas visual hingga multimedia.


#2 Orang-orang yang sedang mencari pekerjaan


Saya pernah berada di posisi sedang mencari pekerjaan. Saat itu harus berhenti bekerja kantoran karena pindah kota ikut suami. Yang saya lakukan pertama kali adalah membeli laptop untuk mencari pekerjaan dan agar produktif dari rumah. Saya mulai mengirimkan tulisan ke media cetak dan penerbit buku dengan bermodal laptop. Ketika jenuh, saya cukup membuka Facebook di laptop sebagai hiburan.

Setelah resign, yang pertama kali saya lakukan adalah membeli laptop agar produktif dari rumah.


#3 Pekerja kantoran


Rasanya semua setuju jika karyawan kantoran pasti mayoritas memiliki laptop untuk bekerja. Tapi, tetap bisa juga menggunakan laptop untuk hiburan. Ketika istirahat makan siang, cukup buka YouTube, misalnya, lalu mencari konten yang menghibur. Sederhana tapi bisa membuat semangat bekerja kembali lagi.



#4 Freelancer


Menjadi freelancer di zaman now itu sangat terbuka lebar. Banyak peluang pekerjaan bagi freelancer di beberapa situs penyedia informasi pekerjaan lepas. Bahkan tidak hanya bekerja sama dengan perusahaan nasional, tapi bisa berkenalan dengan perusahaan luar negeri. Jika jenuh, tidak perlu keluar rumah tapi bisa install game favorit dan selamat bermain.

Freelancer bisa mengakses situs dari laptop untuk berkenalan dengan perusahaan nasional hingga luar negeri.


#5 Pebisnis


Berbisnis zaman now sebenarnya tidak bisa lepas dari laptop. Mereka membutuhkan laptop untuk mengelola website dan blog, karena website dan blog lebih bisa terdeteksi Google dari pada media sosial, sehingga peluang bertemu dengan calon pembeli semakin besar. Ketika kesal karena bertemu dengan konsumen yang cerewet, maka liburan sejenak dengan menikmati serial favorit di layanan streaming.

Pebisnis bisa pakai laptop untuk mengelola website agar peluang bertemu dengan calon konsumen semakin besar.


#6 Ibu rumah tangga (IRT)


Iya dong, IRT zaman now itu membutuhkan laptop. Mereka bisa produktif dari rumah dengan membuat konten masak, tapi membutuhkan software editing yang lebih bagus dan lebih enak mengedit lewat laptop. Kalau lelah menjadi IRT sekaligus content creator, maka saatnya menikmati drama Korea favorit dari laptop sambil menyemil.



#7 Ketika sakit


Apalagi sekarang lagi musim batuk pilek ya. Ada pula yang batuk pilek berat sehingga tidak bisa bekerja untuk sementara. Tapi laptop tetap siap menemani. Cukup membuka laptop, bisa memilih menonton konten atau serial yang sesuai selera. Bahkan orang yang lagi sakit, tetap membutuhkan hiburan dan bisa mempercepat kesembuhan juga.

Laptop bisa menjadi media menghibur orang-orang yang tengah sakit.


NAH, artinya laptop sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari yang tak bisa terpisahkan. Lalu pertanyaan serikutnya adalah, “Laptop apa yang bisa menjadi alat produktif sekaligus mendapatkan hiburan?

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa menjadi pilihat tepat, karena memiliki beberapa fitur yang menarik sekaligus bisa menjadi solusi bagi pengguna, sehingga bisa menggunakan laptop tanpa kendala.



Ini Dia 11 Solusi dari ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400):


#1 Bye bye LoLa (Loading Lama)


Vivobook Pro 14 OLED (M3400) hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing. Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming yang tanpa lag. Produktivitas harian dimanapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Kok bisa? karena di dalam ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) terdapat prosesor AMD Ryzen 5000 H-Series Mobile Processors. Itu prosesor yang sama dengan kelas laptop gaming sehingga bisa sangat powerful, kencang, anti lola atau loading lama. Jika menjalankan berbagai game berat saja tanpa kendala, maka satu browser sangat bisa membuka beberapa tab agar bekerja lebih efektif dan efisien. Mau streaming juga anti buffering, mau membuka file atau situs apa saja seperti menjentikkan jari, sangat cepat terbuka.

Perlu diketahui, kalau laptop yang satu ini memilih prosesor AMD Ryzen mobile H series. Tahu dong kalau prosesor H series ini berbeda dengan prosesor mobile U series. Kalau prosesor mobile U series itu prosesor ultra low voltage, sedangkan prosesor H series adalah prosesor high performance artinya memiliki daya yang lebih besar.

#2 Bye Bye Layar Standar


Secara umum, layar laptop memiliki rasion 16:9. Sementara layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini adalah 16:10 (atau 16 unit dan tinggi 10), sehingga lebih luas dari pada layar laptop pada umumnya. Artinya, semakin banyak konten yang terlihat di layar laptop. Selain itu, beresolusi 2.8K (2880x1800), semakin tinggi maka semakin bagus gambar yang ditampilkan.

Layar ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) adalah 16:10 sehingga luas dan semakin banyak konten yang terlihat di layar laptop.


#3 Bye Bye Kecewa Sama Hasil Foto atau Desain


Pernah mengedit foto atau membuat desain tapi ketika dicetak warnanya berbeda dengan yang di layar? Karena itulah ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki color gamut mencapai 100% pada color space DCI-P3, sehingga kaya warna dan warna yang dihasilkan serupa dengan yang di layar. Padahal, DCI-P3 ini biasanya color gamut yang digunakan oleh industri perfilman. Wuih, kualitas layar laptop setara dengan perfilman nih.

Ternyata, fitur banyak warna dan warnanya juga seperti warna asli tersebut sudah mendapatkan sertifikasi oleh VESA. Jadi, tingkat akurasi warna yang dihasilkan juga sangat tinggi dan sudah berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display. Seperti ini:



#4 Bye Bye Mata Perih


Mau di depan laptop lama-lama pun tidak perlu takut mata perih lagi. Soalnya, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) menggunakan layer berteknologi ASUS OLED, yang sudah memiliki sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland.

Jadi, bisa menjaga kesehatan mata, meningkatkan pengalaman visual, hingga lebih nyaman saat digunakan. Kita bekerja lebih lama tanpa membuat mata cepat lelah.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) sudah memiliki sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland, otomatis sebagai anti radiasi.


#5 Bye Bye Laptop Berat


Salah satu syarat ketika saya akan membeli laptop adalah, harus ringan. Soalnya, terkadang mengetik di luar rumah sekaligus refreshing, atau harus mudik tapi tidak bisa meninggalkan pekerjaan. Seperti laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini bentuknya ringkas dan ringan karena beratnya hanya 1,4 kg serta ketebalan bodi hanya 18,9 mm. Jadi, bisa banget mau produktif di mana saja dan kapan saja. Setipis ini lho:



#6 Bye Bye Menjadi Pemburu Stop Kontak


Siapa yang masih mencari meja dekat stop kontak atau colokan listrik? Sekarang, menyalakan laptop di mana saja tanpa harus membawa charger atau duduk dekat stop kontak. Jika pakai Vivobook Pro 14 OLED (M3400) karena menggunakan baterai Lithium-ion 3-cell berkapasitas 50WHrs.

Berdasarkan pengujian dengan PCMark 10 Modern Office, jika bekerja dengan aplikasi office, multimedia, dan web secara non stop, bisa menyala hingga 8 jam lebih. Rasanya waktu 8 jam per hari non stop cukup untuk bekerja seharian.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa menyala non stop sampai 8 jam.


#7 Bye Bye Pindah File Terus


Saya bisa setiap 2 minggu sekali mindahin file pekerjaan, foto, dan video ke external harddisk karena memori laptop yang tidak cukup. Tapi, berbeda dengan laptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400) karena bisa menyimpan hingga 16GB, serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas 512GB. Wow! Itu sangat lebih dari cukup menyimpan data, termasuk foto dan video yang menyita memori.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki 2 tempat penyimpanan data dengan ukuran besar.


#8 Bye Bye Laptop Panas


Biasanya nih, yang sering main game, atau menggunakan laptop tertentu tapi lama, maka laptop akan terasa panas. Berbeda dengan ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) yang memiliki sistem pendingin IceCool Plus terbaru. Lebih tepatnya ada dua kipas khusus berbahan Liquid Crystal Epoxy Polymer (SCP) sehingga menghasilkan 86 bilah di setiap kipasnya, atau bisa mengalirkan udara 16% lebih baik, agar dapat bekerja secara optimal.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki 2 kipas khusus sehingga tidak cepat panas.


#9 Bye Bye Emosi Sama Keyboard


Pernah merasa sudah mengetik dengan tepat tapi hasilnya ada 1 atau 2 huruf yang hilang? Hiks. Berbeda jika menggunakan laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) karena menggunakan keyboard ASUS ErgoSense. Soal jarak tombol, kedalaman tekan, serta stabilitasnya, sudah dirancang khusus dan presisi agar pengguna nyaman saat mengetik. Ditambah adanya touchpad dengan ukuran yang lebih luas, sehingga tenang bagi yang merasa jarinya sebesar jempol, hehehe.



#10 Bye Bye Zoom yang Berisik


Gemes rasanya lagi mengisi zoom, eh, suara berisik di sekitar terdengar oleh peserta zoom. Pasti mengganggu peserta zoom kurang memahami isi materi saya. Biasanya, pas ada tetangga yang merenovasi rumah sehingga terdengar di zoom.

Namun, tidak akan terjadi dengan laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini yang memiliki sistem audio khusus dengan teknologi AI Noise Cancelling. Teknologi yang bisa meredam suara bising di sekitar pengguna. Jadi, bisa conference call atau online meeting di berbagai kondisi.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki anti bising sehingga bisa zoom di mana saja dan kapan saja.


#11 Bye Bye Laptop Berkualitas dan Mahal


Nah, ini yang paling sering ditanyakan, ya? Harganya berapa?

Kalau melihat jika laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa memberi minimal 10 solusi yang biasa dirasakan pengguna laptop, maka harganya masih terjangkau. Satu-satunya laptop performa tipis dan ringan, sekitar Rp11 jutaan. Bisa dibilang, laptop best value OLED laptop di tahun 2022.

Berikut harga laptop Vivobook Pro 14 OLED (M3400):

Rp 11.299.000 (Ryzen 5/8GB RAM/512GB SSD)
Rp 11.799.000 (Ryzen 5/16GB RAM/512GB SSD)
Rp 12.799.000 (Ryzen 7/8GB RAM/512GB SSD)




AH, laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) layaknya sahabat yang setia menemani di kala senang hingga sedih. 
Ketika senang, maka langsung produktif dan lancar bekerja karena tidak ada kendala dari perangkat laptop.
Ketika sedih, lelah, atau sakit, maka laptop ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) tetap bisa menemani untuk mencari hiburan.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) layaknya sahabat siapa saja, untuk produktif sekaligus mendapatkan hiburan, di mana saja dan kapan saja.


So, let’s work hard play hard bersama ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400).



Sebagai informasi tambahan, berikut spesifikasi teknis ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400):

Main Spec. 

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) 

CPU 

AMD Ryzen™ 7 5800H Mobile Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, 

up to 4.4 GHz max boost) 

Operating System 

Windows 11 Home 

Memory 

16GB DDR4 

Storage 

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD 

Display 

14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 600nits, 

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black 

Graphics 

AMD Radeon™ Graphics 

Input/Output 

1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm 

Combo Audio Jack, Micro SD card reader 

Connectivity 

Wi-Fi 6 (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5 

Camera 

720p HD camera with privacy shutter 

Audio 

Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified audio 

Battery 

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion 

Dimension  

31.58 x 22.63 x 1.89 ~ 1.92 cm 

Weight 

1.4 Kg 

Colors 

Solar Silver

Price 

Rp12.799.000  

Warranty 

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty 







Sumber referensi, data, dan foto:
https://www.travelerien.com/2022/09/asus-vivobook-pro-14-blog-writing-competition.html
https://www.gramedia.com/literasi/macam-teori-kebutuhan
https://bit.ly/ArtikelRef
https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Vivobook/Vivobook-Pro-14-OLED-M3400
https://bit.ly/M3400RefPics

Comments

  1. Bener ya, harus seimbang antara bekerja dan hiburan, apalagi cuma pakai 1 laptop ini

    ReplyDelete

Post a Comment