Tips Memandikan Bayi Berkulit Sensitif dengan Lactacyd Baby

Suatu hari, seorang ibu muda harus mengantarkan anak pertamanya ke dokter. Ia mengendarai motor sendiri, sembari menggendong bayi berusia hampir setahun dan putera sulungnya yang berusia 5 tahun. Jarak tempuhnya sekitar 10 km di siang yang terik. Eit, di sini aku nggak mau berkomentar soal keputusan ibu tersebut. Pasti itu dilakukan karena terpaksa. Tidak disangka, sepulang dari dokter, bayinya rewel. Setelah mencoba konsultasi ke dokter anak hingga dokter kulit, ada kemungkinan si bayi alergi terhadap panas yang menyengat. Maklum, cuaca sekarang kan panasnya maksimal atau hujan deras. Ekstrim, gitu.

Denger curhatan teman, si ibu muda tadi, aku jadi pengen nulis deh. Gimana sih menghadapi bayi yang kulitnya sendiri. Oh ya, ini juga ditambah berdasarkan beberapa pengalaman ibu-ibu yang lain juga. Mungkin, bisa bermanfaat bagi ibu yang galau liat kulit anaknya sensitif. Semangat, ya, Bu! 



Satu, kenali apa penyebabnya. 

Misalnya, di bagian pinggul Anak Lanangku pernah merah-merah dan dia suka garuk-garuk. Padahal, sebelumnya nggak pernah ruam popok. Waktu itu, dia pake diapers ukuran M (untuk BB 7-12). Terus, aku coba ganti popok ukuran L (untuk BB 9-13). Padahal, BB anakku baru menginjak 9 kg. Setelah ganti ukuran diapers, ternyata nggak garuk-garuk lagi.

Begitu juga contoh pengalaman ibu muda di atas, penyebabnya adalah cuaca ekstrim sehingga kulit bayinya perlu perawatan lebih, dan tidak bisa disamakan dengan perawatan kakaknya.

Dua, mengandung lactic acid dan lactoserum. 

Haduh, aku bukan orang kedokteran, tapi semenjak jadi ibu, paling tidak, tahu dikit soal istilah kesehatan. Setelah gooling, asam Laktat atau lactic acid emang kerap berfungsi untuk masalah kulit, karena bisa meningkatkan kelembapan pada kulit, jadi melembutkan tapi tetap tidak merusak lapisan atas sel kulit.

Tiga, pilih yang PHnya 3-4. 

Pada umumnya, PH sabun untuk bayi yang aman itu mencapai 3-4. jadi, pasti sangat cocok untuk kulit bayi. Misalnya nih, produk #LactacydBaby mengandung lactic acid dan lactoserum yang baik untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Pasalnya, bahannya berasal dari ekstrak susu sehingga sangat aman digunakan bayi walau setiap hari. Selain dari segi bahan, harus diperhatikan juga cara menggunakan Lactacyd Baby, ya. Soalnya berbeda dengan sabun bayi pada umumnya. Eit, tenang, tetap saja mudah kok saat digunakan.

Empat, perhatikan cara memakainya.

Kalau Lactacyd Baby ini, ada dua macam cara pemakaiannya. Bagi yang buat perawatan harian, cukup meneteskan 3-4 sendok ke dalam air di bak mandi, lalu airnya seperti diaduk biar rata, terus anak bisa mandi seru, deh. Sedangkan untuk pengobatan, sebaiknya tuangkan ke kapas, lalu tepuk-tepuk ke bagian yang ruam.

Lima, pilih yang mutifungsi agar memudahkan pada ibu.

Enaknya sih, Lactacyd Baby itu tidak hanya untuk sabun, tapi juga bisa digunakan untuk shampoo. Kalau aku sendiri, sejak Anak Lanang bayi, emang lebih suka yang 2 in 1 alias sampoo dan sabun. Praktis! Sekali tuang, bisa balur dari ujung rambut ke ujung kaki. Apalagi kalau travelling, cukup bawa satu botol buat sampoo dan sabun. Asal, kocok dahulu sebelum digunakan untuk kepala, ya. 

Enam, perhatikan cara menyimpan. 

Nah, ini hal ini juga harus diperhatikan para ibu. Taruh produknya pada suhu ruangan, jangan sampai terkena cahaya langsung, dan tempatnya tidak yang lembap.

Sebenarnya, nggak ribet ya merawat bayi yang punya kulit sensitif. Apalagi sekarang sudah ada Lactacyd Baby yang memudahkan para Ibu menikmati momen bounding ketika memandikan bayinya yang berkulit sensitif tanpa takut karena aman digunakan setiap hari. Jadi, bisa dibilang #BabySkinExpert lah, ya.

Sumber foto: https://web.facebook.com/LactacydBaby

Comments

  1. Thifa ma Hana sekarang juga pakai ini gatal2 nya mayan berkurang

    ReplyDelete
  2. Dulu anak saya waktu bayi biang keringat sampai parah mbak, udah gonta ganti dokter dan ngabisin uang nggak sembuh-sembuh. Akhirnya saya bawa ke dokter kulit (kata teman saya) nomor 1 di Semarang, alhamdulillah sembuh meskipun dompet kobol-kobol *Dokter kulit tuh mihil bingit kan yaa.. :)

    Sekarang sih gampang, tinggal pakai Lactacyd Baby maka biang keringat pada bayi bukan masalah lagi :)

    ReplyDelete
  3. Bagian pinggul kadang mmebentuk lipatan kalo dipakai duduk. Nggak nyaman pasti si Arkaan ya

    ReplyDelete

Post a Comment