Sunday, June 4, 2017

7 Hal yang Dikangenin Pas Hamil

Menurutku, hamil adalah momen yang menakjubkan. Momen yang pernah kunanti dan pak bojo selama 4 tahun. Bukan, bukan karena aku pengen keliatan lebih gendut, hihihi #DuluMasukTimMakanBanyakTapiBodiCeking. Walo sekarang Anak Lanang masih berusia 22 bulan, tapi liat teman blogger yang hamil, jadi inget masa-masa seru itu. Apalagi, kemarin, Alley dan Mbak Rizka tanya, "Apa sih yang paling dikangenin?" Mendadak, kangen hamil, hehehe.


Hamil itu rasanya kayak jatuh cinta. Eh, bukan kayak, tapi emang jatuh cinta. Biasanya, ada yang jatuh cinta pada pandangan pertama pas liat wajahnya, ada yang karena sifatnya, ato mobilnya, eh. Uniknya, aku sudah jatuh cinta pada gumpalan darah. Iya, pas tau hamil itu usianya masih 5 minggu, bentuknya bulet gitu di layar USG. Nih, fotonya pas Anak Lanang baru ada 5 minggu di dalam perutku.


Ngomong-ngomong soal USG, ada satu hal yang berkesan banget pas hamil. Pas 27 Juni 2015, pas aku ultah, pas hari Sabtu dan lagi bulan puasa, pas jadwalnya kontrol. Di hari ultah itu, aku melihat Anak Lanang yang usianya sekitar 8 bulanan lewat layar USG, dengerin detak jantungnya, liat gerakannya yang meringkuk. Kado terindah, deh, walo hari itu aku gak dapet kado apa-apa dari pak bojo #MbokYaKasihKueTartGituh.

Terus, kangen masa-masa makan sehari 5 kali tapi nggak terlalu gendut. Pasti pada iri, kan? *plak! Pas TM ketiga, malah disuruh dokter banyakin makan protein, karena berat badan janin agak kurang. Tiap minggu, bisa makan 1-2 x sop buntut, slruuup. Kan, sop buntut mengandung daging salah satu protein? *abaikan jumlah lemaknya, hihihi.

Aku juga lagi kangen masa sering bobok pas hamil TM 1 dan TM 3, hehehe. Aku bisa, lho. Jam 9-10 pagi bobok, jam 13 ya boci bentar, eh, jam 16-an biasanya ngantuk ya bobok lagi, padahal jam 20-21 malam dah tidur malam, eee… kok kayak kebo? Duh.

Dan, salah satu yang dikangenin pas hamil itu … perut kedutan! Iya, sejak usia 16 minggu, aku mulai merasakan kedutan pertama kali. Katanya itu gerakan janin di dalam perut. Kedutan, biasanya di TM 2 soalnya janin belum terlalu sesak di perut. Kayaknya tuh janin di dalam perut lagi sibuk salto, ato ngeblog, ya? Hohoho.

Tentu saja, hamil itu bikin perut buncit mendadak mencong alias nggak simetris. Kadang, ada yang nonjol gitu. Antara kakinya, atau dengkulnya, atau tangannya, atau sikunya. Biasanya, malam hari malah makin aktif. Eee, baru janin kok udah begadang, ya? Nanti dimarahi bang haji, lho, ya. Hayooo. Ini perut buncitku waktu hamil Anak Lanang usia 9 bulan dan baru pulang dari sholat ied.


Selain itu, aku kangen masa-masa makanan serba steril. Mungkin karena hamil anak pertama, ya, semua asupan sangat diperhatikan. Sama sekali nggak makan bakar, instant, bahkan saus tomat pun aku rajin bikin sendiri. Tapi kalo sekarang, ah, rempong masak sambil ngejar Anak Lanang, hahaha. Sedangkan makanan pertama yang kurindukan setelah melahirkan adalah … sate ayam! “Sate Ayam! Come to, Mama!” hihihi.

Baca juga: Bumil, Jangan Kena Pre-Eklamsia

Tahu nggak, kalo semua pengalaman kamu selama hamil, bisa jadi bahan tulisan menulis naskah buku. Contohnya: 101 Hal yang Harus Dilakukan pas Hamil. Antara lain foto pas perut gendut, nyimpen print USG, bikin pengajian 4 bulan, dan seterusnya. Tuh kan, ide menulis sebenarnya ada di sekitar kamu, kok. Tinggal tulis ulang deh, terus kirim ato posting.

Oh ya, kalo kamu, apa yang paling dikangenin pas hamil?

28 comments:

  1. Seru ya mba sepertinya hahaha. Aku jadi kangen hamil eh pengen nikah dulu aja deh :D

    ReplyDelete
  2. Sensasi tendangan dari dalam perut itu rasanya maknyes hihi. Aku waktu hamil malah sering makan sate ayam, karena di Gunung Anyar ada yg jual sate tp dagingnya direbus dulu, bener2 mateng. Ngipasinya sambil diperhatiin banget2 sama bapak Kian. Sehat & aktif selalu ya, Arkaan :D

    ReplyDelete
  3. Kita sama mba, aku juga kalau lagi hamil gak bisa gendut, keturunan kali ya..Tapi yang pernting sehat debay nya

    ReplyDelete
  4. aku hamil kangen tidur pas hypnobirthing mba hahaha dulu pas hamil perutnya ga kentara aku makan banyak tp naik BB cuman 15 kg saja hamil 7 bulan aja masih dikira ga hamil :D

    ReplyDelete
  5. Gimana kalo tahun ini hamil lagi *ye..ye hamil lagi..yeye hamil lagi wkwkwk :p

    ReplyDelete
  6. Ha-ha-ha, kalo perut buncitnya aku nggak kangen Mbak. Lha perutku iniasih buncit. Wkwkwkwkw
    Tapi, bener sih, kangen tuh pas jabang bayi jendul ke kanan, jentit ke kiri. Hihihi.

    ReplyDelete
  7. Setuju sama komen mbak ika... cuzz kasih ade buat arkaan hehehe...

    ReplyDelete
  8. Aku pas hamil Affan yo ngebo bangeeeet.. Tidur melulu :D

    ReplyDelete
  9. blm pernah ngerasain. nikah dulu dong :D

    ReplyDelete
  10. Ayo ayo hamil meneh hihi. Aku juga kangen punya bayi lagi hihihi

    ReplyDelete
  11. Haha..baca tulisan mb wur sll bikin aku ketawa mb, terhibur aku :D cocok mb bikin cerita komedi *eh apaan si ini :D

    Aku jg kangen perut senut senut mb, si dedek lg senam x yaa ..:)

    ReplyDelete
  12. Saya duluuuu..begitu lihat istri dengan perut buncitnya rada² agak kasian,mau mesak aja dia saya suruh mending rebahan saja.Soalnya saya kasiaann banget lihat kehamilannya yang sepertinya melelahkan.

    ReplyDelete
  13. Aku baru 7 bulan nih, Mbak. Tendangannya memang ngangenin. Kalau ga aktif suka dicari-cari. Xixi

    Yang ga ngangenin, anyang-anyangen-nya. Aduh, pipis ga lancar tapi sering. Weleh weleh...

    ReplyDelete
  14. aku paling kangen merasakan gerakan janin di dalam perut. geli, ngilu dan bahagia banget. langka ini. apalagi kalo si janin sampai bikin perut condong me satu arah..hahaha..lucu.

    ReplyDelete