Tips Senam Zumba Sambil Gendong Bayi

Senam zumba kok sambil gendong bayi? Duh, jangan-jangan pada pikir kalo zumba itu joget lumba-lumba, ya? Big No! Menurut mbah gugel, zumba itu senam yang ada salsa-nya, mirip tari perut (mirip lho ya), pokoke kek penari Bollywood gitu lah. Tenang, emak yang pengen joget zumba juga nggak wajib cari pohon dulu kok, hehehe. Buktinya, kemarin aku zumba dance di dalam ruang, tanpa pake sebatang pohon ala Pilem India, Shahrukh Khan juga nggak ada, eh.


Jadi, hari Minggu (19 Febuari 2017) lalu, aku datang ke acara Mom and Baby Dance Party. Yang ngadain itu komunitas Baby Wearing Club (ceki IG mereka di @letsgendong ya). Terus, langsung praktek ngedance zumba sambil nggembol bayi. Seru dan hosh hosh alias keringetan gobyos semua. Iyalah, capenya dobel, ya karena joget, juga gegara gendong bayi *lirik perut-bekas-melar-pas-hamil-hamil yang tak kunjung datar, plak! Emangnya sekali zumba bisa bikin bodi langsung kek Ariana Grande? #NgarepTerlaluTinggi.

Nah, buat emak yang siap zumba dance ama bayik, ceki-ceki dulu tips di bawah ini. Jangan sampai ya, bukannya tubuh bugar yang didapat, malah encok pegel linu gegara zumba sambil gendong bapaknya-si-bayi, ups.

1. Zumba dance with baby ini bisa dilakukan bersama bayi yang lehernya sudah tegak. Biasanya sih paling aman ya sekitar 4 bulan. Nah, buat emak yang punya bayi newborn, sabar ya. Terus, buat emak yang punya anak sudah 5 tahun, ya nggak bisa dong, anaknya dah bisa zumba sendiri kali, nggak perlu digendong, asal sering nonton film India, hihihi.

2. Cek gendongan dengan tepat. Sebelum zumba, harus cek kalau posisi menggendong sudah pas. Disarankan menggunakan gendongan depan, kencangkan ikatan, kaki bayi berbentuk kayak huruf M, dahinya mudah dicium atau mudah terjangkau oleh bibir emak. Intinya, kalo tangan kita lepas, si bayi dalam gendongan nggak jatuh dan tetap didekapan emak secara erat. Jadi, jangan sampain kayak penjual jamu yang gendong dagangannya di belakang, ya.

3. Ikuti gerakan instruktur zumba, hehehe. Gaya zumba dance bareng bayi ini tidak pernah menggunakan gerakan yang bertumpu pada bahu. Soalnya bahu sudah memanggul beban bodi bayi dan beban lemak, hiks. Nih, salah satu gerakannya:



4. Meningkatkan bonding emak dan anak. Zumba dance with baby ini bisa meningkatkan bonding antara emak dan anak. Sesekali, ada gerakan dance sambil pegang salah satu tangan anak. Kadang juga, instruktur minta cium kening anak di sela-sela joget. Intinya jangan keasyikan joget sendiri sampe lupa kalo lagi gendong bayi, hihihi.

5. Ikuti gerakan instruktur zumba lagi, hehehe. Gaya senamnya berbeda dengan zumba pada umumnya. Cenderung sederhana, nggak pake melayang, kayang, ato jingkrak-jingkrak nggak jelas. Kasihan nanti bayinya shock liat emaknya kayak rocker di atas panggung, hihihi. Nih, intip videonya lagi.

6. Ikuti 3 tahap senam biasanya. Walo zumba sambil gendong bayi, tetap ada pemanasan, gerakan inti, sampe pendinginan. Wah, nggak bisa zumba dance sambil nungguin ikan matang di dapur dong? Boleh sih, tapi gerakan ringan aja. Soalnya, ada baiknya, ikuti tiga tahap senam juga biar nggak cidera.

Zumba dance sambil gendong bayi ini cocok buat emak rempong yang anaknya ngintil terus *nunjuk hidung diri sendiri. Apalagi kata instruktur tadi, mau buka kelas zumba sambil gendong bayi di Semarang. Mungkin di daerah Jatingaleh. Horay!

Gimana? berani bakar lemak, eh, zumba dance sambil gendong bayi?

Comments

  1. Wah zumba ma baby sehat dan bisa langsing kayanya ya ☺

    ReplyDelete
  2. Diriku ketagihan mbak...pengin ikutan lagi. Eh tapi....ga punya gendongan secetar yang kemarin hiks...

    ReplyDelete
  3. Tunjuk diri sendiri jugaaa.. Inget banget pas mau olahraga trus ga dibolehin krn bawa bayi, tkt ganggu ktnya 😢. Zumba with baby cocok nih buat aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalo zumba with baby beda ada zumba biasanya soalnya

      Delete
  4. Kayanya seru sekali! Sayangnya anak2 ku udah pada gede, mereka yg harus gendong aku sekarang hahaha. Nice post!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Zumba biasa, bareng anak tanpa digendong aja

      Delete
  5. Wah pengen ikutan.. Semoga pas Afan lehernya udah tegak, ada acara serupa, hehe. Aku dari Afan blm lahir udah nyelengin beli carrier yg bs gendong baby dgn gaya M.. Sayangnya skrg Afan blm nyaman digendong pake itu, meski pake insert :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku baru berani pake gendong M itu pas arkaan 8 bulan hehehe

      Delete
  6. Ketagihan aku mbak.. Kalo zumba di rumah kan bisa Sekalian menyalurkan hoby joget sambil ngilangin stress liat tumpukan setrikaan yang tak kunjung kelar hahaha...

    ReplyDelete
  7. Makin rajin gendong nih kalo ber-zumba-ria, hihii

    ReplyDelete
  8. Belum pernah zumba sama sekali hehe. Lihatnya asyik, tapi di Kediri belum ada sih :D

    ReplyDelete
  9. Yg djatingaleh sdah buka blum kak? Pengen ikut

    ReplyDelete

Post a Comment