Wednesday, October 12, 2016

Kegiatan Menyenangkan di Pulau Bintan

Tahu Pulau Bintan, 'kan? Salah satu pulau yang berada di wilayah Kepulauan Riau ini sangat cantik. Dan tempat beristirahat paling tepat setelah berwisata di Pulau Bintan adalah Bintan Lagoon Resort. Ada juga beberapa resort dan penginapan di Pulau Bintan ini yang bisa di cek di situs Traveloka.com, tetapi yang memiliki fasilitas cukup lengkap dan akses jalan menuju ke beberapa obyek wisata adalah Bintan Lagoon Resort.


Bintan Lagoon Resort. Sumber : bintan-resorts.com


Lalu, sebenarnya apa saja yang asyik dilakukan di Pulau Bintan? Yuk! kita nikmati.
1. Tour Sehari di Mangrove Pulau Bintan.
Tour asyik ini berjudul Bintan Mangrove Discovery Day Tour. Seumpama menyibak rahasia yang terdapat di dalam hutan mangrove. Seperti diketahui pada umumnya, populasi spesies binatang-binatang penghuni hutan mangrove mulai di ambang punah. 

Bintan Mangrove Discovery Day Tour. Sumber : bintan-resorts.com

Kenapa di anbang kepunahan?
Pasalnya, naiknya tinggi permukaan laut akibat pemanasan global, penebangan hutan secara sengaja atau tidak sengaja karena keterbatasan pengetahuan, adalah contoh penyebab mulai punahnya habitat hutan mangrove.

Melalui tour ini, diharapkan dapat mengedukasi, baik orangtua maupun anak-anak, agar kelak mampu melestarikan ekosistem hutan mangrove. Karena lestarinya hutan mangrove itu sendiri, sangat penting bagi kelangsungan hidup pulau. Menjaga pulau agar tidak digerus erosi dari ombak laut, menjaga tersedianya air tawar yang berkualitas, dan menjaga populasi hewan hutan mangrove juga.

2. Pulau Penyengat
Pulau kecil yang berada di dekat Pulau Bintan ini merupakan situs bersejarah. Di pulau ini terdapat Masjid Raya Sultan Riau, masjid kuno yang dibangun dengan perekat berbahan putih telur. Masjid kuning ini dibangun pada masa Sultan Mahmud pada tahun 1803. Kemudia direnovasi dan memiliki tampilan seperti sekarang ini pada tahun 1832. Bangunan utama seluas 18 x 20 meter, memiliki Menara tempat mengumandangkan azan. Selain itu, juga terdapat mushaf Al Quran yang telah berusia puluhan tahun. Mushaf Al Quran ini adalah mushaf bertulisan tangan. 

Di pulau ini terdapat Istana Kantor, istana Yang Dipertuan Muda Riau VIII Raja Ali. Semula istana ini adalah istana tempat tinggal, akan tetapi dialih-fungsikan menjadi kantor, sehingga disebut sebagai Istana Kantor.

Pulau Peyengat juga memiliki situs sejarah lain berupa benteng dengan sebutan Banteng Kursi. Benteng Kursi adalah benteng pertahanan di Bukit Kursi. Oleh Unesco, Pulau Penyengat dinyatakan sebagai situs warisan sejarah dunia. Atau World Heritage Site.

3. Wisata Olah Raga Air di Pantai
Tanpa perlu keluar dari area Bintan Lagoon Resort pun kita dengan mudah menemukan wisata olah raga air. Aneka macam olah raga air yang bisa dilakukan di sini antara lain, kayaking, snorkeling, banana boat, flying fish, diving, berenang, dan memancing.
Pantai di Bintan Lagoon Resort. Sumber : bintan-resort.com

Pantai yang cantik, berpasir putih landai dengan hiasan beberapa batuan besar, menambah keindahan saat kita hanya jogging atau berjalan santai di tepi pantai. Karena pantainya tenang, bersih, dan jernih, pilihan diving atau snorkeling untuk melihat pemandangan bawah laut tentu sangat tepat.

Menikmati sinar matahari yang berlimpah dengan bersantai di tepian pantai juga bukan pilihan yang salah. Atau sore hari menjelang, sembari minum teh, ditemani aneka kue, sebagai pengantar indahnya sunset.

4. Gunung Bintan
Jangan salah, meski pulau kecil, Pulau Bintan memiliki lokasi wisata lain selain wisata pantai. Gunung Bintan. Gunung Bintan ini sebenarnya adalah bukit. Terletak kurang lebih ditengah Pulau Bintan, dengan ketinggian 400 meter dari permukaan laut. Tidak terlalu tinggi ya. Tak apalah. Trek yang cenderung landai, cocok untuk berolah raga. Capek pasti, tapi tak semeletihkan bila kita mendaki gunung asli. Di lokasi Gunung Bintan ini, dikelilingi hutan. Masih banyak hewan hutan seperti monyet yang berkeliaran dengan bergelantungan di pepohonannya.

Puncak Gunung Bintan ditandai dengan penanda bahwa pendaki telah sampai di titik tertinggi. Dari sini dapat dilihat Kantor Wali Kota Tanjung Pinang, dan juga pantai di Teluk Bintan. Sedangkan sekeliling lainnya, masih tertutup rimbunnya pepohonan.

Di Gunung Bintan juga terdapat Air Terjun Gunung Bintan. Dan jangan lupa, bila sedang musim dan anda adalah penggemar durian, cari dan belilah durian. Gunung Bintan adalah lokasi penghasil durian, sehingga harga durian di sini bila sedang musim sangatlah murah.

13 comments:

  1. Duh penasaran ga ada foto pulau penyengat. Disana masih ada penduduknya kan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di internet banyak foto2nya tapi siap2 bikin mupeng hehehe

      Delete
  2. kira2 kalau dari Solo ke Pulau bintan tuk liburan budget minimalnya berapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sy juga enggak bisa jawab. Gak tahu soalnya.

      Delete
  3. worth it untuk di kunjungi nih, tempatnya masih asri dan adem sepertinya :)

    ReplyDelete
  4. banyak juga ya wisataanya jadi pengen ke sana

    ReplyDelete
  5. Beberapa orang teman sudah mengunjungi pulau Bintan, dan saya selalu nyesek kalau lihat foto-foto mereka, pengen ikutan ciiiin.. tapi belum ada kesempatan hiks...

    Pemandangan dari gunung Bintan itu kece banget pastinya yaaa,,,

    ReplyDelete
  6. Makasih infonya mak😊 saya blm petnah jalan2 ke pulau bintan. Tapi pulau bintan ini menjadi salah satu rencana tujuan jalan2 saya sama krucils

    ReplyDelete
  7. Pulau Bintan apik yoo,piye GR piknik sini po, latian bikin artikel traveling hohohoho

    ReplyDelete
  8. bagaimana dengan tarif penginapan yang murah, adakah?
    kalau ada posting juga dong :)
    thank

    ReplyDelete
  9. Wah pulau Bintan, semoga bisa explore kesana nanti. Anyway salam kenal mbak, nama kita sama hihihi

    ReplyDelete