Wednesday, May 27, 2015

Peluang Belajar Menjadi Leader

Ada kesempatan belajar jadi leader a.k.a pemimpin? Yup! Tapi ini bukan sekedar leader biasa. So, kamu enggak bakal dilatih buat jadi pemimpin RT, atau pemimpin geng alay, or pemimpin rumah tangga, ups. Soalnya, kamu bakal dipersiapkan menjadi sosok leader perusahaan, bo! Nah, apa saja sih yang bisa kamu dapatkan lewat program cari jodoh eh, menjadi leader yang satu ini?

Saat ini, banyak bingits program yang memberi kesempatan buat belajar jadi leader. Tapi ada baiknya kamu pilih program yang bisa berdampak hingga jangka panjang (long-term investment), seperti program yang kasih pengalaman berharga langsung menjadi leader jadi bermanfaat di masa depan. Selain itu, pilih yang berbasis teknologi (technology best practice for learning and teaching), agar memudahkan proses belajar. Hari gini, gadget sudah jadi pacar-yang-selalu-digenggam kali. Jangan lupa, ambil program yang bisa mencetak lingkungan seorang leader (creating leadership ecosystem), tahu dong kalau lingkungan di sekitar kamu bisa kasih pengaruh pada karakter diri sendiri. Makanya, jangan mau deh nongkrongnya di taman kota, nanti jadi tumbuhan #NgacoDeh.

Tiga poin di atas itu ada di program XL Future Leaders, lho. Apalagi ada empat program buat belajar jadi pemimpin top. Ada Global Thinking Class yang berlangsung selama dua tahun, nanti kamu bakal mendapatkan tips dan praktek langsung berbagai soft-skills sekaligus merasakan menjadi leader. Untuk Global Thinking Class, khusus buat kalangan mahasiswa ya. Kalau mahasiswa-abadi-yang-enggak-lulus-lulus-itu termasuk enggak ya? #Piss. Ada pula e-curriculum buat umum plus belajar jadi leader secara online. Terus, ada scholarship camp yang lagi-lagi hanya buat mahasiswa *comot kartu mahasiswaku yang expired.

Enggak ketinggalan, ada BOD Challenge yang bikin kamu merasakan jadi Board of Director alias BOD selama satu minggu! Khusus BOD Challenge hanya untuk empat peserta terpilih, ya. Mantap! Kapan lagi kamu bisa duduk di bangku kerja empuk, naik mobil mewah, bobok di apartemen elit, hihihi. Eit, walau begitu kamu harus praktek langsung bikin keputusan besar dan jangan sampai malah bikin perusahaan jadi gulung tikar, hehe. Pengalaman langka, toh?

Yuk! Kita intip dulu testimoni Teddy, mahasiswa Undip sekaligus alumni XL Future Leaders, “Syarat untuk daftar beasiswa ini sangat ringan. IPK minimal 2,8 dan nulis esai 500 kata saja. Uniknya, enggak bakal dapat duit beasiswa, tapi pengalaman yang seruuu! Perubahan yang aku rasakan itu dulunya enggak bisa ngomong di depan banyak orang. Kalau sekarang sih siap! Mau di depan 500 orang? 1000 orang? Oke! Bahkan pernah presentasi di depan level GM!” Keran, ya! Sebenarnya aku pengin tanya sih, kalau di depan orang-tak-kasat-mata berani tak? Hihihi.

Tuh kan, saat ini sudah tersedia berbagai peluang buat dapetin softskills plus pengalaman kece bagi anak muda. Tinggal kamu ambil kesempatan emas itu atau cuma galau melulu, ups.



Seperti biasa, futu-futu dulu sebelum kabur (baca: pulang) dari acara Blogger Semarang Meet Up. Ada anggota komunitas blogger GandjelRel, Loenpia.net, dan Dot Semarang.

12 comments:

  1. wah acaranya seru, pasti banyak dapat informasi menarik :-)

    ReplyDelete
  2. akyu misik boleh ikut ndak kakaaaaa.... akyu kan masih imyuuuttt...

    ReplyDelete
  3. Whuahaha, iya ya napa siTeddy gak ditanyai soal bicara di depan makhluk tak kasat mata? Berani coba?

    ReplyDelete
  4. Mahasiswa abadi udah ga boleh ikut, yak? *lanjut ngelap kompor

    ReplyDelete
  5. Haha… samaan juga udh expired status mahasiswanya. Beberapa waktu lalu ngikutin blogger meet up XL FL juga yg di Bandung :)

    ReplyDelete
  6. @mba wati: hihihi atut, mbak :)

    ReplyDelete
  7. @mba ika: mahasiswa jurusan dapur ya saiki :)

    ReplyDelete
  8. @euisry: iya, katanya Semarang kota terakhir

    ReplyDelete
  9. @uniek: boleh, paling langsung didiskualifikasi :p

    ReplyDelete
  10. Gimana cara ikutannya, Mbak? Hehe.

    ReplyDelete
  11. @N Firmasyah: daftar di www.xlfutureleaders.com ya

    ReplyDelete