indahnya INDONESIAku (bagian tengah) : double "O"

Seri dua dari "indahnya-INDONESIAku" adalah double "O", yang terdiri dari Orang dan Oleh-oleh. Orang-orang Indonesia terkenal ramah, seperti saya, hehe. Apalagi yang pernah ikut pramuka, orang Indonesia enggak hanya ramah, tapi suka menolong dan gemar menabung. Posting kali ini menampilkan beberapa aktifitas orang di tanah Indonesia yang masih ada saat ini (pokoknya semua foto ini berlangsung pada tahun 2009).

 

 

PETANI. "Ayo kawan kita bersama/Menanam jagung di kebun kita/Ambil cangkulmu ambil pangkurmu/Kita bekerja tak jemu-jemu..."
Bagi anak-anak Indonesia, rasanya tidak asing lagi dengan lagu itu (kecuali masa kecilnya tidak di Indonesia). Namun, tidak banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi petani (termasuk saya). Indonesia sebagai salah satu negara agraris dengan sumber daya alam yang berlimpah.



 

PENJUAL MAKANAN KHAS. Di Indonesia, bisa melihat ibu-ibu penjual makanan yang semenjak pagi hari. Seperti penjual Nasi Ponggol ini, dari salah satu daerah di Jawa Tengah. Pukul 5 pagi, sang ibu penjual sudah gelar barang dagangan di pinggil jalanan kecil. Kudapan berisi nasi, oseng tempe, bihun goreng dan tumis kangkung. Kalau mau tambahan bakwan makin mantap. Rasanya juga weeeenaakkkk banget. Malah lebih enak lagi, makannya persis disamping kali or sawah. Monggo liat tuh fotonya... tempat nasinya saja dari bakul, asli dari bahan bambu. Terus, penyajiannya juga pake kertas dan daun yang menciptakan sensasi tersendiri.

 



 

KARNAVAL. Setiap tempat pasti memiliki keunikan karnaval tersendiri. Perbedaan mulai dari kostum, peserta, juga lagu. Perayaan karnaval di Indonesia berlangsung pada event tertentu pula, seperti maulid, tahun baru Islam, hari kartini, hari pahlawan, dll. Tapi, biasanya yang ikutan tuh anak-anak deh. Saya masih kerap kali terasa seru setiap bertemu dengan aneka karnaval. Sepertinya, hampir setiap orang Indonesia, yang dulunya menghabiskan masa kecil di sekolah Indonesia, pasti pernah iktu karnaval kan???



 

CEMILAN KHAS. Indonesia juga punya banyak sekali cemilan tradisional khas di Indonesia. Sayangnya hanya 2 cemilan yang terekspos dalam foto ini. Yang di dalam blek pink itu Kembang Goyang, memang mirip dari cina. Rasanya gurih, tapi juga manis, pokoknya susah diceritakan kecuali nyoba sendiri. Fisiknya miring bunga (bahasa jawanya bunga adalah uh kembang), maka tak heran namanya juga kembang goyang. Kalo di dalam blek merah tuh namanya Opak. Opak memang sejenis kerupuk dari singkong. Untuk opak kuning yang berasal dari singkong kuning atau singkong mentega. Rasanya juga gurih dan enak. Patut untuk dicoba.



 

PASAR. Mulai pasar harian yang berisi bahan makanan, ada juga pasar souvenir, bahkan bagi orang Medan, menyebutkan pasar dengan sebutan "Pajak", seperti yang tampil di foto ini.



MINUMAN KHAS. Pasti banyak yang tau dengan Teh Poci. Keunikan sebenarnya dari teko-nya, kecil dan terbuat dari tanah liat. Rasanya sih.... enak aja, apalagi pas minum pas hujan deras, waktu itu, mantap!!! Soal harga... enggak tau (soalnya teman kenal dengan penjual, jadi gratis). Sementara itu, pemanisnya pake gula batu, sayang enggak saya foto, lupa, buru-buru pengin minum.

Ini hanyalah sedikit dari puluhan ribu juta karakter orang Indonesia dan oleh-oleh khas Indonesia. Sayangnya, yang hanya itu yang sempat terekam dalam kamera sederhanaku itu. Masih ada lanjutan indahnya Indonesiaku dengan sisi yang berbeda.

*berdasarkan pengetahuan wuri selama perjalanan dan sedikit ilmu pasti dari internet. ini hanya foto2 sebagian kecil dari album foto digital yang penuh di CD. kalo semua foto mah kagak cukup.

Bagian pertama.

Bagian ketiga.

Comments